25.9 C
Jakarta
Apr 2, 2020.
Equipment Top News Truck

Alat Berat Bertenaga Listrik dari Liebherr Mining

Liebherr Mining memperkenalkan peralatan berat bertenaga listrik pada pameran bauma 2019 di Munich, R 9200E dan T 236, yang diklaim sangat produktif dan mengurangi dampak lingkungan dalam setiap operasi penambangan.

Excavator tambang Liebherr R9200 di tambang batu pasir Lausitzer Grauwacke, Eurovia, Jerman (Dok. Liebherr Group)

Sebagai yang pertama di dunia, Liebherr menawarkan kepada para pengunjung bauma 2019 pengalaman unik: menyalakan excavator tambang 200 ton langsung dengan menekan sebuah tombol raksasa.  Untuk mencapai ini, tim teknis Liebherr harus mengatasi suatu tantangan besar: memasang kabel listrik ke excavator yang dapat mendukung 6.000 volt yang diperlukan untuk menghidupkan mesin, sambil memastikan tingkat keselamatan optimal bagi ribuan penonton yang menghadiri tiga demo produk setiap hari sepanjang acara pameran dagang berskala internasional itu.

R 9200E – excavator 210 ton yang 100 % bertenaga listrik

R 9200E telah dirancang untuk sepenuhnya mendukung persyaratan-persyaratan industri pertambangan. Dengan tenaga mesin rata-rata 850kW (1.139HP), excavator R 9200E, 210 ton, yang bertenaga listrik ini menyeimbangkan performa dengan kesadaran lingkungan. Orang-orang maupun lingkungan tidak terpapar oleh gas buang diesel dan kebisingan karena operasi mesin pengeduk berpostur besar ini.

Siklus hidup engine lebih lama dan biaya perawatan hingga 25% lebih rendah dibandingkan dengan excavator diesel. Untuk mengurangi arus masuk awal, semua excavator elektrik Liebherr Mining dilengkapi dengan perangkat starter autotransformer untuk menghindari terputusnya jaringan listrik tambang saat menyalakan excavator ini.

Karena pelanggan-pelanggan tambang bekerja di seluruh dunia dalam kondisi medan yang paling menantang, mesin dengan penggerak elektrik  ini juga memiliki keuntungan bagi mereka. Excavator listrik tidak mengalami banyak kehilangan power dibandingkan diesel engine ketika berada di tempat-tempat tinggi dari pemukaan laut dan jauh lebih mudah untuk dinyalakan saat musim dingin.

Liebherr menawarkan suatu opsi gulungan kabel untuk semua excavator berpenggerak listrik. Konsep ini menawarkan kepada alat ini mobilitas yang lebih baik dan tidak memerlukan banyak tenaga manusia di lokasi (untuk memindahkan kabel). Gulungan kabel ini benar-benar otonom dan memiliki kapasitas 245 hingga 300 m, tergantung pada jenis excavator.

Dengan semua keunggulan ini, tidak heran bahwa beberapa HEX listrik, dalam konfigurasi shovel maupun backhoe, telah mencapai 70.000 jam operasi tanpa ada operasi pemeliharaan besar pada motor listriknya.

R 9200E di Eurovia

Tambang Lausitzer Grauwacke terletak di Lieske di Timur Laut Jerman, sekitar 70 km di utara Dresden. Sejak tahun  2010, usaha tambang itu menjadi bagian dari grup EUROVIA. Greywacke (batu pasir berbutir kasar gelap yang mengandung lebih dari 15 persen tanah liat) yang diekstraksi adalah batu pasir keras, sangat tahan terhadap embun beku yang dihancurkan dan sebagian besar digunakan dalam campuran mineral, untuk konstruksi-konstruksi jalan raya, kereta api dan pelabuhan. Tambang khusus ini adalah salah satu dari beberapa pemasok bersertifikat untuk pemberat (ballast) rel kereta berkecepatan tinggi.

Eurovia dan Lausitzer Grauwacke berusaha keras  melakukan perbaikan secara terus-menerus untuk membangun masa depan yang berkelanjutan dengan melakukan langkah-langkah menuju penambangan yang lebih hijau. Pilihan yang mudah untuk itu adalah menggantikan excavator diesel yang ada dengan Liebherr R 9200E elektrik – yang sekarang merupakan excavator terbesar dalam armada Eurovia (350 lokasi).

Dilengkapi dengan heavy duty face shovel berkapasitas 12,5 m³ (16,4 yd³) dan GET Liebherr yang sudah dipatenkan untuk memuat material dengan kepadatan  1,65t/m³ (2,8 lb / yd³), R 9200E secara efisien memuat  dump truck 65 ton dalam tiga kali pengisian dan mencapai waktu siklus yang luar biasa – yang tercepat diukur kurang dari 20 detik. *

43 total views, 1 views today

Related posts