26.4 C
Jakarta
Okt 20, 2020.
Top News Truck

KYB, Mixer Truck Yang Dilengkapi Fitur Pintar

PT Masabaru Guna Persada memperkenalkan Smart Mixer merek KYB, untuk memenuhi kebutuhan mixer truck yang efisien dan tahan lama, yang sudah dilengkapi dengan fitur-fitur pintar C Shape Blades dan LS Control.

Mixer Truck KYB yang ditampilkan pada salah satu pameran di Jakarta jelang akhir 2018

KYB, salah satu produsen mixer truck terkenal di Jepang, bekerja sama dengan PT Masabaru Guna Persada, merilis Smart Mixer merek KYB .

Mixer truck TYB ini menawarkan desain yang unik dan tahan lama serta dibekali dengan teknologi C Shape Blades – sebuah teknologi yang memungkinkan mixer bisa mencampur adonan secara maksimal sehingga campurannya menjadi betul-betul homogeny, sebagaimana diungkapkan Tomohiko Satuo, Assistant Manager Sales Departement Special Purpose Vehicles Div baru-baru ini.

C Shape Blades merupakan teknologi yang sudah dipatenkan oleh KYB di Jepang. C Shape Blades ini yang membedakan kami dengan kompetitor. KYB mendesain blade-nya ini seperti huruf C, sehingga dinamakan C Shape. Kompetitor lain tidak ada. Jadi, yang kami bisa oper ke pasar Indonesia, ya C Shape Bladenya ini,” Satou menjelaskan.

Apa fungsi C Shape Blade ini? Menurut Satuo, C Shape Blade berfungsi untuk membuat campuran, adonan pasir dan semen menjadi rata, homogen dan menjadi lebih matang. “Untuk menghasilkan adonan yang homogen dan merata, C Shape Blades bekerja dengan pelan. Karena berputar pelan saat mengaduk, maka putaran RPM-nya menjadi paling rendah dibandingkan dengan yang lain. Efek lanjutannya, konsumsi bahan bakar juga menjadi lebih rendah dibandingkan dengan kompetitor lain. Konsumsi bahan bakar rendah karena energi yang dikeluarkan penggerak pompa rendah,” urainya seraya menambahkan hasil adonannya jauh lebih matang dan homogen.

Tomohiko Satuo bersama tim dari PT Masabaru Guna Persada

Untuk mengontrol perputaran drum (drum rotation), KYB menggunakan LS System yang biasa dikenal dengan sebutan LS Control. Dengan menggunakan LS Control, drum rotation tidak mengikuti engine speed (kecepatan mobil). Jadi, meskipun engine speed makin cepat, tetapi kecepatan perputaran drum tetap stabil. “Kalau mixer truck yang lain tanpa pengontrol drum rotation,” tukas Satuo. Dia menambahkan, produk KYB ini menggunakan common rail engine.

Keuntungan lain dari penggunaan teknologi putaran rendah ini, kendaraan jauh lebih stabil dan tidak mudah terguling. Ketika kendaraan melaju dengan kecepatan tinggi, putaran drum mixer tetap stabil, karena LS Control kecepatan ada pada hydraulic pump-nya.

Pembuatan mixer truck KYB mengikuti standar Jepang. Satuo mencontohkan kapasitas maksimal untuk semua drum mixer di Jepang adalah  5,5 m3. Selain itu, dari sisi durability dia menjamin tidak perlu diragukan lagi, karena mengikuti standar tinggi. Drum shell (kerangka drum) dan blade terbuat dari baja high tensile dengan daya tahan dan karakteristik performa yang sangat baik. “Umumnya, bahannya jauh lebih tahan, ringan, tetapi kekuatannya maksimum. Bahkan plat mixer KYB jauh lebih tipis dibandingkan dengan yang lain-lain,” ujarnya.

Bobot truck mixer KYB jauh lebih ringan dibandingkan dengan produk-produk serupa dari  merek lain. Selain itu, alat ini sudah dilengkapi dengan seal pipe yang berfungsi untuk menjaga adonan tidak tumpah di jalanan saat mendistribusikan adonan ke jobsite. “Karena ada seal pipe, adonan tidak akan tumpah dan isinya tetap maksimum, tidak berkurang,” jelasnya.

PT Masabaru Guna Persada merupakan perusahaan yang menggeluti bisnis ban, yang memiliki banyak jaringan. “KYB percaya dengan jaringan yang dimiliki Masabaru. Perusahaan ini akan memanfaatkannya seluruh jaringannya di bisnis ban untuk memasarkan mixer dan truk KYB ini,” tutup Satou.

387 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Related posts