30.4 C
Jakarta
Oct 18, 2019.
Image default

Memanfaatkan Media Online, IPW Ingin Tingkatkan Penjualan Produk-produk Aftermarket

Penjualan secara online memungkinkan para customer di ujung dunia mana pun dapat membeli produk-produk yang kami jual lewat aplikasi online – Agus Faizin, General Manager Customer Support Team PT Intraco Penta Wahana 

IPW memasarkan produk-produk aftermarket untuk semua brand.

Mengelola bisnis aftermarket tidak semudah membalikkan telapak tangan,  karena kondisi bisnis yang semakin kompetitif di tengah kemajuan teknologi informasi yang membuat dunia semakin terbuka dewasa ini. Menyadari tantangan itu, PT Intraco Penta Wahana (IPW) melakukan terobosan dalam memasarkan alat, termasuk produk-produk aftermarket, dengan memanfaatkan e-commerce melalui aplikasi Blibli-com.

“Penjualan secara online memungkinkan para customer di ujung dunia mana pun dapat membeli produk-produk yang kami jual lewat aplikasi online,” kata Agus Faizin, General Manager Customer Support Team PT Intraco Penta Wahana baru-baru ini di Jakarta.

Dia mengakui sempat meragukan efektivitas penggunaan media online untuk belanja produk-produk dan suku cadang alat berat mengingat mayoritas pelanggan IPW bergerak di sektor tambang dan plantation. “Tidak mudah mengubah pola belanja dari paper, sign basah menjadi online,” tukasnya seraya berharap seiring  perjalanan waktu akan terjadi perubahan kultur belanja di kalangan masyarakat alat berat Indonesia.

Menurut Agus, sebetulnya tidak sulit menggerakkan para pelanggan untuk beralih ke belanja online. “Kalau hal itu membuat cost mereka menjadi turun atau semakin memudahkan mereka untuk mendapatkan barang-barang yang dibutuhkan, saya yakin mereka akan mengubah pola belanjanya,” ucapnya meyakinkan. Dia menambahkan, otomatisasi dari sisi ordering, belanja secara online menawarkan banyak manfaat bagi pelanggan.

Selain itu, bagi IPW sendiri, belanja secara online memudahkan customer monitoring. “Kami justru lebih mudah mengetahui apakah customer mengunjungi toko online kami atau tidak. Kalau berkunjung, apakah dia melakukan transaksi atau tidak. Dengan sistem online, kami bisa memantau semuanya. Sebaliknya, kalau pola belanja konvensional, kami tidak bisa tahu jika pelanggan belanja di tempat lain.”

Agus menginformasikan juga bahwa IPW sangat fleksible dalam mengelola bisnis online produk-produk aftermarket. Dia mencontohkan, jika pelanggan salah membeli barang yang tersedia pada stock item IPW, paketnya dapat diretur untuk dijual ke tempat lain. “Kami fleksibel saja. Apalagi customer adalah partner jangka panjang dan bukan cuma sekedar jual beli short term. Selama tujuannya untuk parnertship, IPW pasti selalu support,” kata dia.

Salah satu pekerjaan IPW saat ini adalah terus mengedukasi para customer tentang belanja online. Berbagai kampanye dilakukan via twitter dan iklan. Selain itu, tim pemasaran juga mendatangi langsung para pelanggan untuk menerangkan bahwa produk-produk IPW sudah tersedia secara online. Selamat berbelanja!

Related posts

MST Backhoe Loader, Produk Baru Dengan Banyak Keunggulan

Pemerintah Tegaskan Tidak Ada Relaksasi Ekspor Mineral

Volvo Articulated Hauler 1968 Menangkan Kontes Kerja Paling lama