Equipment APP.
Business Press Release Technology Top News

Para Pemimpin Industri Singapura berkolaborasi kembangkan rantai nilai CCUS & hidrogen karbon lebih rendah yang terintegrasi

Chevron Singapore Pte Ltd, Keppel, Pan-United Corporation, Surbana Jurong, Air Liquide Singapore, Osaka Gas Singapore, dan Pavilion Energy telah menandatangani MOU untuk berkolaborasi dalam mewujudkan operasi-operasi yang rendah karbon guna mendukung aspirasi Singapura mencapai target emisi nol bersih pada 2050.

Seremoni penandatanganan MOU. Foto: Low Carbon Technology Industry Consortium (LCT-IC)
Seremoni penandatanganan MOU. Foto: Low Carbon Technology Industry Consortium (LCT-IC)

Secara kolektif dikenal sebagai Low Carbon Technology Industry Consortium (Konsorsium Industri Teknologi Rendah Karbon – LCT-IC), para pihak akan mengeksplorasi melalui kemajuan teknologi untuk mempercepat pengembangan  Carbon Capture, Utilisation & Sequestration (CCUS) yang hemat biaya serta produksi, transportasi, distribusi dan pemanfaatan hidrogen rendah karbon dan turunannya dalam skala besar. Hal ini dimaksudkan untuk mengkomersialkan peluang-peluang  teknologi rendah karbon baru di Singapura.

Upaya ini, dikutip Jumat (12/1/2024), merpakan perluasan dari MOU sebelumnya yang ditandatangani pada Juli 2020, yang bertujuan untuk mempercepat pengembangan sistem CCUS yang terintegrasi dan hemat energi yang mengarah pada solusi-solusi skala industri dan ekonomi rendah karbon untuk Singapura.

MOU tersebut kini menerima Air Liquide Singapore, Osaka Gas Singapore, dan Pavilion Energy sebagai anggota-anggota baru LCT-IC.

Berdasarkan MOU itu, para anggota LCT-IC akan berupaya untuk bermitra, saling bertukar gagasan, berbagi wawasan teknis dan mengembangkan penelitian, pengembangan, dan demonstrasi rendah karbon yang dipandu oleh kerangka kerja berikut:

  • Penelitian dalam teknologi rendah karbon: Mengembangkan proyek-proyek penelitian dan pengembangan solusi-solusi teknologi energi rendah karbon bersama dengan berbagai Institutes of Higher Learning (IHLs) dan Research Institutes (RIs). Kolaborator-kolaborator-industri lainnya juga dapat dilibatkan jika diperlukan.
  • Perwujudan Teknologi: Platform-platform peningkatan teknologi mitra untuk menerjemahkan dan memajukan penelitian skala laboratorium dan teknologi-teknologi dengan Technology Readiness Levels (TRL) yang lebih rendah ke tempat uji teknologi untuk peningkatan.
  • Solusi-solusi yang terukur: Membangun solusi-solusi industri yang terukur untuk merealisasikan rantai nilai karbon yang lebih rendah, meliputi proyek-proyek percontohan pra-komersialisasi yang pertama di jenisnya.
Baca Juga :  Kerja sama Parteq Innovations dan Atlas Copco

Sebagai sebuah konsorsium, para anggota secara rutin berinteraksi dengan perusahaan-perusahaan rintisan (startup) teknologi, akademisi, dan lembaga-lembaga penelitian untuk terus mengikuti perkembangan teknologi rendah karbon di Singapura, yang berpotensi untuk berkembang menjadi solusi-solusi yang layak secara komersial.

Konsorsium ini dan para anggotanya telah berpartisipasi dalam hibah penelitian yang relevan sebelumnya dari lembaga-lembaga pemerintah. Konsorsium ini juga diundang untuk berkontribusi dalam pengembangan standar-standar industri baru terkait transisi energi, misalnya, CCUS.

Beberapa bidang penting dari kemitraan itu sejak yang lebih awal meliputi: 

  • Kolaborasi dengan National University of Singapore (NUS) untuk mengusulkan solusi-solusi inovatif dalam memerangi kenaikan permukaan air laut sebagai bagian dari program hibah Marine Climate Change Science (MCCS).
  • Partisipasi dalam Low Carbon Energy Research (LCER) Grant Call – Chevron dan Surbana Jurong bermitra dengan NUS dan Nanyang Technological University (NTU) dalam pengembangan dan validasi membran serat berongga baru untuk penangkapan karbon dioksida (CO2), sebuah proyek yang mendapatkan penghargaan di bawah LCER Grant Call.

Digerakkan oleh kemajuan dan diskusi-diskusi yang bermanfaat, ketujuh pihak dalam konsorsium itu berkeinginan untuk mengembangkan upaya-upaya ini dan memperluas kemitraan dan ruang lingkup MOU untuk mencakup, tetapi tidak terbatas pada, CCUS dan hidrogen rendah karbon & turunannya dalam rantai nilai dari awal hingga akhir.

Di bidang Penangkapan dan Pemanfaatan Karbon, para pihak saat ini sedang menjajaki peluang seputar mineralisasi CO2 untuk digunakan dalam sektor bangunan dan konstruksi.

 CO2 yang diserap dalam beton berpotensi menurunkan kandungan karbon pada bangunan dan struktur-struktur lain di mana beton dapat dimanfaatkan. Para anggota konsorsium ini diharapkan terlibat di berbagai titik dalam rantai nilai ini untuk bersama-sama mempelajari ketersediaan bahan baku, potensi permintaan pasar di Singapura dan persyaratan kualifikasi produk baru. Analisis tekno-ekonomi dan penilaian siklus hidup produk dapat dilakukan setelahnya.

Baca Juga :  DI BALIK POPULARITAS SANY

Frederick Chew, CEO A*STAR, yang menjadi tamu kehormatan pada upacara penandatanganan MOU, mengatakan: “Upaya-upaya konsorsium industri tersebut untuk mengembangkan dan menerapkan teknologi rendah karbon secara komersial akan berkontribusi terhadap pencapaian target net zero Singapura. Hal ini sangat menggembirakan untuk melihat cakupan kolaborasi ini diperluas, karena inovasi melalui penelitian dan pengembangan akan sangat penting dalam mengatasi permasalahan-permasalah umum dan hambatan-hambatan dalam penerapannya.”

“Kemitraan-kemitraan sangat penting untuk memajukan transisi energi. MOU ini melibatkan para mitra dari beragam industri namun memiliki tujuan bersama untuk mempromosikan ekosistem dinamis yang memungkinkan kemajuan teknologi untuk berkembang dan menciptakan rantai nilai rendah karbon yang terukur dan terjangkau yang akan diadopsi oleh industri. LCT- Saya dan para mitra industri IC sangat gembira dengan apa yang dapat dihasilkan oleh fase kolaborasi berikutnya seiring kita bertransisi menuju masa depan energi yang lebih rendah karbon,” kata Law Tat Win, Country Chairman Chevron Singapura, mewakili LCT-IC. #

Berita Terkait

Our website uses cookies to improve your experience. Don't worry you are in safe browsing with us. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy