30.7 C
Jakarta
Feb 18, 2020.
Image default

Trakindo Raih Sertifikat Sistem Manajemen Anti Penyuapan

PT Trakindo Utama (Trakindo) menjadi salah satu perusahaan swasta pertama di Indonesia yang berhasil meraih standar internasional ISO 37001:2016 dari British Standards Institution (BSI) atas komitmennya dalam mengimplementasikan Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP)/Anti-Bribery Management System (ABMS). Trakindo dinilai telah menerapkan aturan-aturan dan melakukan tindakan proporsional dalam mencegah, mendeteksi, dan menanggapi kejadian terkait penyuapan. Pencapaian ini juga menjadi langkah nyata perwujudan nilai inti perusahaan, yaitu Integritas.

“Bagi kami, integritas adalah hal yang utama, nilai ini memiliki peran yang sangat penting bagi kelangsungan bisnis perusahaan. Trakindo senantiasa menerapkan standar etika dan moral tertinggi dengan selalu mengedepankan azas kejujuran dalam berkegiatan. Diterimanya sertifikat ini tentu dapat membuka beragam peluang baru yang membantu kita dalam mengembangkan bisnis, sekaligus juga menjaga reputasi perusahaan. Terlebih, Trakindo adalah salah satu perusahaan swasta pertama di Indonesia yang mendapatkan sertifikat ini,” ujar Bari Hamami, President Director Trakindo, Senin (10/2).

Proses implementasi Sistem Manajemen Anti Penyuapan di Trakindo dilakukan pada berbagai departemen di perusahaan dengan melalui rangkaian tahapan seperti peninjauan dokumen kebijakan dan prosedur operasi standar (SOP), diskusi gap analysis, pelatihan mengenai kesadaran dan risiko, hingga proses audit dari pihak internal dan eksternal. Lebih lanjut, Trakindo juga telah menerbitkan Kebijakan Anti Penyuapan, Pedoman/Manual Sistem Manajemen Anti Penyuapan, dan membentuk Fungsi Kepatuhan Anti Penyuapan (FKAP).

Langkah implementasi Sistem Manajemen Anti Penyuapan diambil Trakindo sebagai persiapan dalam menghadapi risiko bisnis di masa mendatang. Pencapaian sertifikat ISO 37001:2016 ini juga menjadi bentuk semangat Trakindo untuk melayani pelanggan dengan lebih baik, dengan terus mengedepankan nilai-nilai inti perusahaan, yaitu Integrity, Continuous Development, Excellence, Proactive, Accountability, dan Teamwork.

Pencapaian Sistem Manajemen Anti Penyuapan ISO 37001:2016 menambah daftar sertifikasi internasional yang didapatkan Trakindo. Sebelumnya, Trakindo juga telah meraih Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015, Sistem Manajemen Lingkungan ISO 14001:2015, juga Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja OHSAS 18001:2007.

Related posts