30.4 C
Jakarta
Oct 18, 2019.
Image default

Excavator SK520XDLC, Jagoan Terbaru Kobelco Untuk Pertambangan

PT. Daya Kobelco meluncurkan excavator tambang terbaru, SK520 XDLC, kelas 50 ton yang menyasar pasar pertambangan, yang diklaim memiliki fuel efficiency, durability dan reliability lebih tinggi dari model terdahulu.

PT. Daya Kobelco Construction Machinery Indonesia  (Daya Kobelco) memperkenalkan model excavator generasi 10, SK520 XDLC. Excavator kelas 50 ton ini menyasar pasar pertambangan, baik batu bara, tambang mineral maupun quarry. Kehadiran alat pengeduk yang berpostur kokoh ini sejalan dengan konsep pengembangan mesin-mesin konstruksi Kobelco yang ramah lingkungan, mampu bekerja keras dalam waktu lama di lokasi manapun di planet ini. Excavator dengan postur yang tangguh ini didesain baru dengan penguatan-penguatan komprehensif pada bagian-bagian tertentu, dan dilengkapi dengan attachment kuat untuk mengeduk material di segala medan.

SK520 XDLC dibekali dengan teknologi hydraulics terkini yang menghasilkan tenaga yang kuat dan juga konsumsi bahan bakar yang lebih rendah. Sebagai model generasi 10 dari seri SK, excavator ini memenuhi tuntutan dari lokasi-lokasi tambang yang paling menantang dengan performa yang benar-benar menakjubkan.

Dirancang khusus untuk aplikasi heavy duty, Kobelco membekali SK520 XDLC dengan attachment yang lebih kuat. Alat penggali ini menggunakan boom yang dikembangkan baru dengan plat baja yang lebih tebal. Hal itu terlihat pada XD boom dan ME boom yang semuanya baru. Penutup-penutup rangka bagian bawah juga terbuat dari plat-plat baja tebal untuk menjamin  durability yang lebih tinggi dibandingkan model-model standar.

Boom dan arm yang berperan penting dalam melakukan manuver pengedukan diperkuat secara signifikan. Plat baja untuk arm top dan arm foot semakin dipertebal untuk menghasilkan kekuatan yang lebih besar pada kondisi-kondisi kerja yang paling menantang. Excavator ini menggunakan heavy duty bucket  berkapasitas 2,1 m3. Komponen ini juga diperkuat yang memungkinkannya memiliki daya tahan tinggi dalam aplikasi yang paling keras sekalipun. Untuk mencegah kerusakaan arm dari benturan material-material keras, bucket dilapisi dengan solid rock guard yang didesain khusus dengan posisi memanjang dan benar-benar solid.

Beralih ke undercarriage, bagian-bagian crawler excavator ini dibuat untuk memiliki daya tahan tinggi. Rangkanya diperkuat, demikian juga track. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah deformasi (kerusakan bentuk) yang disebabkan oleh benturan benda-benda keras. Bantalan-bantalan track menggunakan plat baja yang lebih tebal (heavy duty shoes) untuk mengatasi medan yang kasar dan berbatu.

Peruntukan excavator ini untuk beroperasi di lingkungan-lingkungan kerja yang sulit tidak hanya terlihat pada desain bagian luarnya, tetapi juga pada komponen-komponen bagian dalamnya. Sebut saja, misalnya, hydraulic drive untuk engine cooling fan; independent oil  dan cooler fan. Hydraulic drive mengoptimalkan kecepatan rotasi cooling fan untuk meningkatkan efisiensi pemakaian bahan bakar dan mengurangi suara brisik. Juga, independen oil cooler fan dapat menyesuaikan dengan lebih baik pendinginan (cooling) dengan suhu hydraulic oil, untuk mengontrol temperatur oli yang lebih optimal.

Sistem filtrasi SK520 XDLC menjamin performa mesin yang stabil. Sebagaimana diketahui, bahan bakar dan hydraulic oil yang bersih dan bebas kontaminasi penting untuk menjamin kinerja engine yang stabil. Sistem filtrasi yang bagus akan mengurangi resiko kerusakan mekanis dan memperpanjang daya tahan serta usia pakai alat.

Excavator ini menggunakan filter-filter bahan bakar, cairan hidrolik dan lapisan khusus untuk menyaring udara berkadar logam yang semuanya baru. Pemakaian pre-filter dengan pemisah air yang built-in memaksimalkan performa penyaringan. Sementara hydraulic fluid filter yang diklaim sebagai yang terbaik di industri ini dapat memilah hingga partikel-partikel paling kecil sekalipun. Penggunaan penutup yang baru mencegah kontaminasi pada saat mengganti filter-filter itu.

Fitur menarik lainnya adalah pemasangan Clog Detector pada saringan cairan hidrolik. Sensor ini berguna untuk mengetahui adanya penyumbatan pada filter hidrolik, sehingga langsung dilakukan penanganan. Hal ini tentu membantu menghindari kerusakan yang tidak diinginkan pada komponen-komponen lainnya akibat kontaminasi pada sistem hidrolik.

Penggunaan filter-filter tipe terbaru, termasuk dalam sistem penyaringan udara pre air cleaner, mampu memisahkan kontaminan dengan efektivitas hingga lebih dari 99%. Ditambahkan lagi dengan pemakaian top spin pre air cleaner yang bisa memperpanjang umur pakai filter udara dan turbo charger. @

 

 

Related posts

Forklift Hangcha

Deutz & Sany kerjasama produksi engine untuk China

William Syukur

Trakindo Tawarkan Solusi untuk Efisiensi dan Produktivitas