28.4 C
Jakarta
23 Jun, 2021.

Excavator & Wheel Loader Volvo ciptakan efisiensi tinggi pada tambang marmer di Vietnam

Konglomerat tambang India, R K Marble, menggunakan mesin-mesin excavator dan wheel loader Volvo Construction Equipment untuk memindahkan  bongkahan-bongkahan marmer di lokasi tambang.

Volvo Crawler excavator EC480DL (Foto: VCE)

Sebuah armada yang terdiri dari crawler excavator EC480DL dan wheel loader seri L220 membantu konglomerat India, R K Marble, menghemat biaya dan meningkatkan produktivitas pada tambang marmer di Provinsi Yen Bai, Vietnam. Armadanya, yang terdiri dari 8 excavator dan 4 wheel loader, bekerja pada dua lokasi di negara itu, menghadapi kondisi-kondisi lokal yang menantang untuk menghasilkan marmer terbaik dunia untuk dipasarkan kepada para pembeli internasional.

“Kami sebelumnya menggunakan excavator dan wheel loader dari merek lain, tetapi kami beralih ke Volvo untuk meningkatkan kinerja dan menghemat konsumsi bahan bakar serta memanfaatkan dukungan luar biasa dari dealer lokal, T&C Machinery and Parts,” kata Kamal Sogani, direktur pelaksana RK Marble, dikutip dari rilis yang diterima Equipment Indonesia beberapa waktu lalu.

“Kami sangat senang dengan keputusan kami dan kami akan terus berinvestasi mesin-mesin Volvo CE seiring dengan ekspansi bisnis kami.”

Armada perusahaan ini meliputi tiga generasi seri L220: wheel loader L220F, L220H, dan 2 L220G – masing-masing satu unit. Mesin-mesin ini bekerja bahu-membahu dengan excavator EC480DL. R K Marble sudah memanfaatkan armada Volvo CE sejak tahun 2017.

Mesin-mesin Volvo CE tersebut menghabiskan hingga 8 jam sehari untuk memindahkan dan menata bongkahan-bongkahan besar marmer putih tanpa cacat Kelas A, memindahkannya ke lokasi tambang batu seluas 100 hektar. Masing-masing bongkahan memiliki berat antara 10 dan 30 ton, dan dalam sebulan fasilitas tersebut akan memproses hingga 4000 ton batu.

Dengan alat-alat berat yang bekerja berjam-jam di lokasi tambang itu, penghematan bahan bakar menjadi faktor penting dalam keputusan pembelian R K Marble. Menurut Sogani, mesin-mesin itu jauh lebih efisien dibandingkan merek pesaing. “Di luar biaya pembelian awal yang kompetitif dari excavator-excavator Volvo, mesin-mesin ini telah menghasilkan penghematan sepanjang masa pakainya dengan efisiensi bahan bakar yang sangat baik,” katanya.

“Volvo mengatakan bahwa efisiensi bahan bakar pada excavator-excavator ini berkisar antara 8 persen dan 11 persen, dan sejauh ini perkiraan itu terbukti benar.”

Excavator-excavator EC480DL termasuk yang paling serbaguna di jajarannya dan dilengkapi engine Volvo D13, sistem hidraulik yang disempurnakan, dan komponen-komponen yang sangat cocok untuk efisiensi bahan bakar yang sangat baik. Alat ini memiliki kedalaman penggalian maksimal 9,17 m dan kapasitas bucket hingga 3,8 m3. Lengan (arm) dan heavy duty boom yang sudah diperkuat terbuat dari baja berkekuatan tinggi untuk menambah keandalan dalam aplikasi-aplikasi yang menantang.

Performa heavy-duty

Volvo wheel loader seri L220

Aktivitas-aktivitas penambangan batu (quarry) bisa menjadi pekerjaan yang menantang bagi banyak alat berat. Apalagi dengan medan yang tidak rata dan kemiringan yang curam. Namun, Sogani mengatakan mesin-mesin Volvo CE ini tetap produktif meskipun dalam kondisi yang berat.

“Spesifikasi-spesifikasi yang kuat dari wheel loader L220H membuatnya dapat menavigasi dengan cepat di medan yang menantang dan berbukit serta memindahkan batangan-batangan marmer yang paling berat,” katanya. “Dengan fasilitas kami yang memproduksi marmer dalam jumlah besar, kami senang mesin-mesin ini mampu melaksanakan tugas tersebut dan meningkatkan produktivitas.”

Wheel loader L220H merupakan yang terbaru dari seri L220 dan lebih efisien, produktif, dan berteknologi maju daripada pendahulunya. Alat ini memiliki kapasitas bucket hingga 16m3 dengan bobot operasi hingga 33.100 kg dan beban rata-rata 20.190 kg. Dengan transmisi dan konverter baru, serta rasio gigi yang direvisi plus engine D13J yang bertenaga, para pemilik dapat mengharapkan tenaga dan kinerja untuk memenuhi kebutuhan lokasi kerja apa pun.

Didirikan pada tahun 1989, RK Marble berkantor pusat di Rajasthan, India dan memiliki banyak tambang di India dan Vietnam, mengekspor batu alam secara internasional.

“Salah satu alasan utama kami memilih Volvo adalah dukungan pelanggan yang sangat baik di Vietnam,” kata Sogani. “Pengalaman kami dengan dealer Volvo, T&C, sangat bagus – layanan purna jualnya yang terbaik di industri ini. Kami merasa nyaman mengetahui bahwa mereka mendukung kami ketika kami memiliki masalah,” pungkasnya. 

Related posts

005801
Users Today : 2005
Views Today : 10165
Total views : 157605
Who's Online : 140
Your IP Address : 3.235.223.5
Server Time : 2021-06-23