31.2 C
Jakarta
Mei 28, 2020.
Equipment Mining Mining EQ Top News

Mengenal EVERDIGM, Top Hammer Drilling Rig

Top hammer drilling rig EVERDIGM merupakan mesin bor untuk aktivitas penambangan ukuran kecil dan menengah dengan diameter lubang (hole diameter) 2 – 5,5 inchi.

Pekerjaan pengeboran (drilling) merupakan suatu komponen kunci dalam industri pertambangan dan para operator selalu mencari cara-cara untuk mengembangkan alat-alat pengeboran yang lebih efisien dan hemat biaya untuk mencapai kedalaman yang lebih dalam. PT Berca Mandiri Perkasa memperkenalkan teknologi mesin bor top hammer yang menghasilkan tingkat penetrasi yang lebih tinggi dan pemakaian bahan bakar yang lebih rendah.

Fesan Jakub, Product Manager untuk Drilling Equipment PT Berca Mandiri Perkasa, mengungkapkan bahwa pasar alat tambang, khususnya mesin bor (drilling rig), baik di tambang batu (quarry), batu kapur (limestone), andesit, batubara maupun mineral kembali menggeliat secara bertahap dalam 5 tahun terakhir ini, meskipun dibayangi oleh ketidakstabilan dan perlambatan harga komoditas tambang di pasar domestik dan internasional.

Top hammer drilling rig EVERDIGM merupakan mesin bor untuk aktivitas penambangan ukuran kecil dan menengah dengan diameter lubang (hole diameter) 2 – 5,5 inchi. “Alat ini efektif, efisien dan aman dengan teknologi pengeboran terbaru Everdigm,” ujarnya berpromosi.

Hydraulic System

EVERDIGM bukan pemain baru di industri pengeboran Indonesia. Produk-produk EVERDIGM sudah hadir di tanah air sejak tahun 2011 dengan beberapa varian model untuk Top Hammer Drilling Rig dengan Hydraulic System. Salah satu kelebihan produk EVERDIGM adalah memaksimalkan mechanical system dan meminimalisir electronic system

Selain itu, mesin bor EVERDIGM ditenagai oleh engine Cummins Tier 2 dan menggunakan lebih banyak komponen hydraulic system dibandingkan electronic system. Hal ini memudahkan perawatan hydraulic system dan biayanya lebih murah serta bisa dilakukan secara manual. Menurut Fesan, perawatan dapat dikerjakan baik oleh customer sendiri maupun oleh pihak PT Berca Mandiri Perkasa selaku dealer resmi EVERDIGM di Indonesia.    

Fitur-fitur lain yang dibenamkan pada produk-produk Top Hammer EVERDIGM adalah penggunaan extension boom, yang memungkinkan pergerakan boom sangat fleksibel, bisa boom swing, memanjang dan mengambil posisi miring. “Dengan extension boom tersebut, unit EVERDIGM bisa memaksimalkan 4 – 6 pekerjaan dalam posisi yang sama, sehingga tidak perlu menggerakkan undercarriage untuk berpindah posisi, tapi cukup dengan memainkan boom swing saja,” Fesan menjelaskan.

Sebagai pendukung kinerja unit-unitnya, pabrik EVERDIGM juga menyediakan drilling tools sebagai attachment, yaitu drill rod, button bit, sleeve dan shank adapter. Raw material untuk drilling tools tersebut berasal dari beberapa supplier yang sudah terkenal seperti Kennametal, Sandvik,  Mitsubishi, SeaH dan sebagainya.

Keunggulan mesin bor EVERDIGM yang lainnya adalah penggunaan Drifter atau Rock Drill dengan merk EVERDIGM. Drifter tersebut diproduksi sendiri secara in-house oleh pabrik EVERDIGM, dengan mengadopsi teknologi Montabert Drifter. Hal tersebut dapat menjamin ketersediaan suku cadang unit secara penuh oleh pihak pabrikan.

Produk-produk Top Hammer Drilling Rig EVERDIGM diproduksi langsung pada pabriknya di daerah Jincheon, Korea Selatan sejak tahun 1994 dengan nama awal Hanwoo Heavy Equipment Co. Kemudian pada tahun 2015 perusahaan itu bergabung dengan HYUNDAI Group, dan berganti nama menjadi EVERDIGM.

Tawarkan one stop service solution

Meski sempat tidak aktif selama beberapa tahun, kehadiran kembali EVERDIGM di pasar mesin bor tambang Indonesia dengan dukungan penuh dari PT Berca Mandiri Perkasa menawarkan banyak nilai lebih bagi para customer. Sebab EVERDIGM menawarkan mesin bor berbasis teknologi yang menjamin akurasi kelurusan lubang bor, kedalaman dan posisi lubang sebelum diisi bahan peledak. Hal ini dapat memaksimalkan kemampuan excavator dan truk pengangkut sehingga produktivitas per jam akan meningkat, termasuk mengurangi kelebihan pengisian bahan peledak, mengingat bahan peledak merupakan komponen biaya yang paling besar.

Sebagai sister company dari PT Altrak 1978, Berca Mandiri Perkasa menjamin ketersediaan layanan purna jual yang mumpuni dengan jaringan yang tersebar di seluruh Indonesia, termasuk di lokasi-lokasi tambang besar. “Meskipun terhitung pemain baru, populasi unit EVERDIGM di Indonesia sudah mencapai puluhan unit. Model yang ditawarkan tersedia dengan kecepatan penetrasi (penetration rate) hingga mencapai 1,5 meter kedalaman per menit,” ungkap Fesan sambil menambahkan bahwa selain performanya yang dapat diandalkan di berbagai kondisi pengeboran, produk-produk EVERDIGM juga mempunyai resale value yang tinggi.

Menurutnya, terjadi peningkatan prospek pembelian mesin bor baru para customer belakangan ini. “Pada semester kedua tahun 2019, kami mendapat order dari beberapa perusahaan tambang batu granit di Kepulauan Riau dengan diameter lubang 4 – 5 inchi,” kata Fesan saat mempresentasikan mesin tersebut di lingkungan HANWHA MINING dan DHARMA HENWA beberapa waktu lalu.

“Dengan dukungan penuh one stop service solution dari PT Berca Mandiri Perkasa dengan network yang tersebar di seluruh Indonesia, produk-produk EVERDIGM ini dapat memberikan jaminan produktivitas dan purna jual kepada para customer,” Fesan menyimpulkan. EI

2,712 kali dilihat, 122 kali dilihat hari ini

Related posts