26.1 C
Jakarta
Nov 21, 2019.
Image default

15 Tahun Daya Kobelco: Kami Harus Belajar Dari Krisis

Memasuki usia 15 tahun, PT Daya Kobelco CMI ingin bekerja lebih smart dan makin efisien. Mengapa?

Seiji Orimoto
Seiji Orimoto, President Director PT Daya Kobelco CMI

Orimoto mengakui belajar banyak hal dari pengalaman krisis sekarang ini. “Pasar yang bertumpu pada sumber daya alam cenderung sangat fluktuatif. Itu sebabnya kami sangat hati-hati menggarap pasar ini. Ke depan kami harus mencari pasar yang permintaannya lebih stabil,” ungkapnya. Ia mencontohkan bidang infrastruktur yang kebutuhannya relatif stabil dan dapat diprediksi.

Selain itu, kata dia, Daya Kobelco harus lebih smart bagaimana melihat pasar ke depan. “Ketika pasar turun terus selama empat tahun dan orang-orang mengatakan bahwa pasar alat berat akan segera pulilh setelah Pemilu, tetapi nyatanya tidak, ini menuntut kami untuk lebih pintar mempelajari pasar. Jadi, kami sendiri harus know how dengan melakukan survei pasar.”

Budiono menambahkan, Daya Kobelco harus melihat secara cermat segmen pasar apa yang masih bisa digarap pada masa mendatang, yang bisa menjamin kontinuitas bisnis barang-barang modal ini. “Kami juga harus memperkuat man power agar tim kami bisa mengetahui market demand. Pasar apa sih yang Daya Kobelco bisa garap dengan baik, aman dan menguntungkan.”

Kobelco 3 - web
Kobelco Excavator SK75, salah satu produk yang menjadi benchmark Daya Kobelco saat ini.

Dari segi produk, Budiono melanjutkan, Daya Kobelco akan terus memperkuat penggarapan pasar Excavator dan Crane serta produk-produk ikutannya. “Keduanya adalah produk-produk utama Daya Kobelco dan kami akan memperkuat pasarnya dan man power yang akan menghendel pasar-pasar itu,” ungkapnya.

Orimoto merasa bersyukur karena kebanyakan pelanggan Daya Kobelco tergolong loyal customer. “Ini karena produk-produk dan servis-servis yang diberikan Daya Kobelco berkualitas. Kami, mulai dari tim penjualan, service dan juga manajemen Daya Kaobelco, selalu berusaha berada lebih dekat dengan para customer sehingga bisa menangkap secara tepat apa kebutuhan-kebutuhan dan persoalan-persoalan yang mereka hadapi. Dengan pendekatan seperti itu, maka semua informasi bisa sampai lebih cepat dan cepat pula teratasi,” urainya sembari tersenyum.

Ia mengatakan, terbukti hingga kini bahwa durability produk-produk Kobelco sangat bagus. Produk-produk ini juga sangat efisien, baik dari segi konsumsi bahan bakar maupun biaya operasi dan investasinya. Artinya, dibandingkan dengan biaya produk per jam, lebih banyak untungnya. Ini salah satu alasan mengapa Kobelco tetap menjadi pilihan.

“Ke depan kami harus belajar banyak dari pengalaman-pengalaman yang sudah-sudah, mempercepat laju langkah-langkah kami, melakukan perbaikan-perbaikan, bekerja lebih smart dan lebih efisien. Bagi kami, yang paling utama adalah melihat customer, apa kebutuhan mereka dan selalu berusaha berada lebih dekat dengan mereka,” Orimoto menyatakan harapannya di usia 15 tahun Daya Kobelco CMI.

Related posts

iMTduo 2018, Panggung Utama Industri Permesinan Taiwan

William Syukur

Kasana Pasarkan Doosan Excavator & DISD Wheel Loader

admin

ASEAN G2B Infrastructure Investment Forum