30.7 C
Jakarta
Feb 18, 2020.
Image default

Goal Win Ingin Tawarkan Solusi Alat Berat Komplit

PT Goal Win Machinery Indonesia, dengan dukungan perusahaan induknya, Grogol Group, ingin menawarkan solusi alat berat yang komplit kepada para customer. Brand-brand apa saja yang ditawarkan?

Berbicara dengan logat Jawa Timuran yang sangat medok plus gerakan yang cepat, Jeffrilin Kangin sibuk melayani para tamunya pada acara Mining & Construction Indonesia 2019 di Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta, 18 – 21 September silam. Telepon selulernya yang sering berdering sudah cukup menjelaskan Director PT Goal Win Machinery Indonesia ini adalah sosok muda yang aktif dan sibuk. Dia menerima Equipment Indonesia di tengah-tengah kesibukannya melayani para customer selama pameran tersebut.

PT Goal Win Machinery Indonesia merupakan salah satu supplier alat berat pendatang baru di pasar Indonesia. Namun, induknya, Grogol Group (PT Grogol Sarana Transjaya), sudah lama bergelut dengan bisnis rental alat berat. Grogol Group yang didirikan pada tahun 1968 bermarkas di Surabaya. Perusahaan ini dikenal sebagai salah satu pionir dalam industri jasa transportasi. Lini bisnisnya sangat beragam seperti jasa transportasi, jasa bongkar muat di pelabuhan dan terminal peti kemas, jasa angkat berat dan kargo, logistik hingga rental alat berat. Grogol Group sudah dipercayai oleh perusahaan-perusahaan nasional maupun skala internasional selama lebih dari 40 tahun karena performanya yang profesional dan armada-armadanya yang komplit.

Di bisnis rental alat berat, khususnya crane, Grogol Group memiliki pengalaman sekitar 30 tahun. Alat angkat ini sangat dibutuhkan di industri minyak dan gas, pertambangan dan konstruksi. Tetapi, mencermati banyak perkembangan baru di pasar saat ini, khususnya di sektor pembangunan infrastruktur,  perusahaan ini melihat kebutuhan alat yang makin besar untuk pembangunan jalan raya, dan proyek-proyek infrastruktur lainnya seperti power plant, forestry dan sebagainya.

“Kami melakukan evaluasi terhadap beberapa pasar, terutama pasar-pasar yang dulunya kami tidak terlalu aware, seperti forestry. Kami ingin lebih fleksibel dengan melakukan manuver ke beberapa industri untuk melengkapi cakupan bisnis dari Grogol Group. Itu sebabnya, kami memutuskan untuk melakukan diversifikasi usaha dengan mendirikan PT Goal Win Machinery Indonesia,” kata Jeffry.

Saat ini Goal Win mengageni tiga kategori mesin, yaitu excavator, crane dan wheel loader. Perusahaan yang bermarkas di kawasan Jakarta Utara ini sudah menjalin kerja sama dengan dua brand, yaitu Sunword untuk excavator dari yang mini, sedang hingga besar; dan XCMG untuk crane. Untuk wheel loader, Jeffry mengakui sedang dalam proses penjajakan. Khusus untuk excavator Sunward, Goal Win merupakan dealer tunggal di Indonesia.

Menurut Jeffry, pasar excavator di Indonesia sangat menjanjikan, dan ini menjadi alasan mengapa Goal Win memasarkan beragam model excavator Sunward. Dia mencontohkan di Jawa Timur, permintaan excavator cukup tinggi untuk mengerjakan berbagai proyek infrastruktur. “Kami punya perusahaan rental yang menyediakan berbagai peralatan untuk beragam kebutuhan pelanggan, termasuk excavator,” ungkapnya.

Perusahaan rental milik Grogol Group sudah menyewakan mesin-mesin Sunward ini pada armada rentalnya dan kemampuannya sudah teruji. Menurut Jeffry, excavator-excavator Sunward sangat handal dan cocok digunakan pada usaha konstruksi dan tambang batu (quarry) yang memang permintaannya tinggi di Jawa Timur. Bahkan, menurutnya, produk-produk Sunward harus bersaing head to head dengan mesin-mesin Jepang di segmen pasar yang sama dan terbukti bisa bertahan. 

Ia mengakui produk-produk excavator Sunward memang tidak terlalu besar di pasar China, namun di pasar Eropa cukup popular, apalagi yang jenis mini excavator. Ia menuturkan, awalnya produk-produk Sunward dikenal di segmen drilling dan piling, serta dikenal unggul dari sisi teknik. Beberapa tahun terakhir pabrikan ini fokus mengembangkan excavator untuk pasar Eropa dengan menonjolkan keunggulan dari sisi teknik.

“Dari sisi spesifikasi kami yakin bisa bersaing head to head dengan produk-produk Jepang karena fitur-fitur dan struktur desainnya bagus. Apalagi Sunward punya latarbelakang yang mumpuni dari segi teknik,” ujarnya meyakinkan.

Sebagai pemain baru di bidang dealership alat berat, Goal Win masih fokus menggarap pasar Jawa dan Sumatera. Namun, mulai akhir tahun 2019, perusahaan ini akan menggarap pasar Kalimantan dan Sulawesi dengan membidik tambang batu bara dan mineral. “Kami tidak bisa hanya fokus di sektor konstruksi mengingat kebutuhan peralatannya tidak sebanyak di sektor tambang. Mulai akhir tahun ini kami akan makin fokus di tambang,” ungkapnya.

Selain membidik sektor tambang, Goal Win juga sudah mulai mengincar pasar perkebunan dan forestry, khususnya untuk mesin-mesini mini excavator Sunward. Jefrry mengakui masih awam di dua sektor ini, namun melihat tingginya minat customer dan pelanggan-pelanggan potensial terhadap produk-produk yang ditawarkan, dia optimistis pasarnya akan tumbuh ke depan.

Salah satu faktor yang membuat Jeffry sangat optimis dengan prospek pasar dari produk-produk Sunward ini adalah dukungan layanan purna jual dari pihak pabrikan. Dia mengatakan, principal memiliki stok suku cadang dan major components yang sesewaktu dapat disuplai. Sementara fast moving parts sudah disediakan bersamaan dengan pembelian unit-unit baru.  Untuk mengantisipasi keterbatasan ketersediaan suku cadang, Goal Win menyiasatinya dengan mengambil komponen-komponen dan/atau parts dari unit-unit orisinil yang belum terpakai.

“Kami kalau invest unit selalu dalam jumlah cukup banyak. Ketika customer mengalami masalah dengan suku cadang, untuk sementara kami akan mengambil parts dari unit-unit lain yang belum terpakai. Jadi, suku cadangnya orisinil dari pabrik,” ia menjelaskan solusinya.

“Kalau menunggu respon dari principal mungkin butuh waktu relatif lebih lama. Untuk penggantian sementara, kami terpaksa melakukan kanibal dulu dari unit-unit yang tersedia,” tambahnya seraya menambahkan bahwa perusahannya belajar dari pengalaman di bisnis rental bagaimana merespon dengan cepat kebutuhan suku cadang dari para pelanggan.

Ketika ditanya tentang target bisnisnya dalam lima tahun ke depan, Jeffry mengatakan Goal Win ingin menjadi salah satu dealer yang dikenal di Indonesia yang bersama bidang-bidang usaha lainnya dalam Grogol Group menawarkan one stop shopping bagi para pelanggan. “Selain pengadaan dan rental alat berat, Grogol Group memiliki beragam usaha lain di bidang jasa yang jika disinkronisasikan dapat menawarkan solusi yang menyeluruh kepada para pelanggan. Customer mau butuh apa saja, kami bisa menyediakannya,” pungkasnya.

Related posts