Alat Berat
Access Equipment Business Construction EQ Top News

Apa yang harus dipertimbangkan ketika masuk ke pasar rental peralatan kerja udara?

Berikut ini beberapa faktor penting yang perlu Anda pertimbangkan saat hendak menjalankan bisnis rental peralatan kerja udara.

Apakah Anda seorang pebisnis rental pemula (start-up) ataukah sudah mapan, jika Anda tertarik untuk menggeluti pasar rental peralatan kerja udara (aerial work platform)  – yang meliputi mesin-mesin boom lift, scissor lift, dan telehandler – ada lebih banyak hal yang perlu dipertimbangkan daripada hanya sekedar peralatan apa yang harus dipesan. Kendaraan-kendaraan yang digunakan untuk pengiriman unit dan pelatihan, misalnya, merupakan dua faktor penting yang perlu dipertimbangkan saat membeli platform kerja udara untuk armada rental Anda.

Kendaraan pengiriman

Saat memilih peralatan udara untuk armada rental Anda, pertanyaan pertama yang harus diajukan adalah: Apakah peralatan tersebut dapat diambil sendiri oleh pelanggan, ataukah kita perlu investasi kendaraan khusus untuk menangani pengiriman unit-unit rental yang ada?

Peralatan kerja udara yang kecil, seperti mesin-mesin material lift, electric slab scissor, one-person personnel lift dan  towable boom, dibuat denganpostur yang kompak dan cukup ringan untuk diangkut dengan truk-truk pick-up standar. Model-model ini dapat dengan mudah diambil oleh pelanggan-pelanggan Anda di awal masa sewa dan mengembalikannya setelah masa sewa berakhir.

Namun, saat Anda terus meningkatkan ukuran-ukuran model peralatan yang hendak disewakan, Anda perlu mengembangkan opsi kendaraan pengiriman Anda. Karena ukuran dan beratnya, unit-unit peralatan udara yang lebih besar perlu diangkut dengan peralatan khusus dan tidak bisa lagi diangkut dengan truk pick-up standar.  Pada titik ini, perusahaan Anda perlu memutuskan apakah Anda perlu investasi truk pick-up dan trailer atau kendaraan pengiriman yang lebih khusus, seperti box truck atau semi flatbed trailer.

Kalau Anda sedang mempertimbangkan jenis-jenis kendaraan pengiriman yang perlu diinvestasi, berikutini  beberapa pertanyaan yang perlu Anda tanyakan:

  • Berapa ukuran kendaraan pengiriman yang saya butuhkan?
  • Berapa banyak kendaraan yang saya butuhkan?
  • Siapa yang akan mengemudikan kendaraan pengiriman itu?
  • Apakah pengemudi memerlukan SIM atau ijin khusus untuk mengemudikan kendaraan itu?
  • Apakah kendaraan memerlukan izin atau lisensi khusus untuk berada di jalan?
  • Berapa asuransi untuk kendaraan pengiriman, juga untuk pengemudinya?
  • Pada hari-hari dan jam-jam berapa layanan pengiriman ditawarkan?
  • Siapa yang akan melayani kendaraan pengiriman itu?
  • Jenis bahan bakar apa yang dibutuhkan?
  • Apakah saya perlu membebankan tarif sewa yang lebih tinggi untuk meg-cover biaya bahan bakar, asuransi, penggantian oli, ban dan sebagainya pada kendaraan pengiriman itu, atau haruskah saya menambahkan biaya pengiriman pada kontrak sewa?

Sebaiknya Anda memulai dengan peralatan yang lebih kecil yang tidak hanya akan meminimalkan investasi modal yang Anda butuhkan untuk membuat armada udara Anda tetapi juga dengan kendaraan pengiriman Anda. Hal ini akan membantu Anda memulai di pasar sewa peralatan kerja udara dan memberi Anda kesempatan untuk tumbuh dan memperluas bisnis Anda dari waktu ke waktu.

Pelatihan

Siapa yang lebih baik memberi Anda pelatihan tentang peralatan kerja udara baru Anda selain orang-orang yang benar-benar merecanakan, membangun, dan memproduksi alat-alat angkat itu?

Baik secara langsung maupun online, penting untuk memanfaatkan program-program pelatihan pabrikan untuk melatih tim Anda mengoperasikan, menjual, atau memelihara armada rental peralatan udara Anda secara maksimal.

Genie, misalnya, menawarkan pelatihan keselamatan untuk para operator maupun para instruktur, pelatihan produk yang mendalam bagi para tenaga penjualan, dan pelatihan layanan untuk personel teknis – semuanya dirancang oleh orang-orang yang paling mengetahui peralatan itu.

Dan, jangan asal comot siapa yang akan dilatih. Latih semua orang di staf Anda, mulai dari staf penjualan luar dan dalam hingga staf counter dan back office, teknisi servis, dan tim suku cadang Anda. Semakin banyak staf Anda mengetahui tentang peralatan yang mereka sewa, mitra-mitra rental akan semakin senang menjadi customer perusahaan Anda. (Pelajari lebih lanjut di https://www.genielift.com/en-sg/aerialpros)

Berita Terkait