28.4 C
Jakarta
23 Jun, 2021.

Kontainer Super Rack, Solusi Efisien Kirim Alat Berat

Kontainer Super Rack merupakan solusi transportasi satu-satunya di dunia yang ketinggiannya dapat disesuaikan.

Super Rack Co. mengembangkan kontainer Super Rack, yakni solusi pengangkutan alat berat menggunakan kontainer yang tinggi tumpukannya dapat disesuaikan. Selain memproduksi, pabrikan asal Korea ini juga menyewakan dan menawarkan layanan pengiriman barang menggunakan kontainer Super Rack.

Meski bentuknya mirip dengan kontainer rak datar yang dirancang untuk memuat kargo dengan spesifikasi berlebih (over-specification/OOG), fitur-fitur uniknya memungkinkan tingginya bisa bertambah hingga 4,1 meter. Karena ketinggiannya dapat diperpanjang lebih dari 1,5 meter dari kontainer biasa, kontainer ini dapat dengan aman memuat kargo berukuran besar seperti excavator.

Selain itu, kontainer ini dapat ditumpuk di atas kontainer Super Rack, sehingga memudahkan penataan ruang muat kapal kontainer.

Biasanya, kargo dengan tinggi melebihi 8ft 6in di kapal kontainer harus disimpan di tempat penyimpanan khusus dan ditangani dengan peralatan khusus untuk menghindari kerusakan antara spreader dan bagian atas kargo saat diangkat. Karena batasan penyimpanan dan kesulitan-kesulitan dalam penanganannya, maka biaya penanganan kargo yang terlalu tinggi lebih mahal daripada peti kemas standar normal. Namun, dengan kontainer rak datar Super Rack yang dapat disesuaikan ketinggiannya dari Super Rack, masalah seperti itu dapat dengan mudah diselesaikan dan bisa menghemat biaya karena Super Rack tidak memerlukan tenaga kerja tambahan atau alat angkat. Belum lagi, tidak dibatasi untuk menyimpan di slot mana pun di dalam kapal kontainer.

Jum-Gyu Kim, presiden Super Rack Co. mengatakan perusahaannya sedang mengembangkan bisnisnya dari memproduksi dan menjual kontainer Super Rack hingga menyewakan dan menawarkan layanan pengiriman barang menggunakan kontainer Super Rack.

Diversifikasi bisnis

Super Rack Co. tergabung dalam afiliasi Sinokor Merchant Marine Co. pada Oktober tahun lalu, yang menandai titik balik baru. Super Rack bergabung dengan perusahaan induknya untuk menyewa kontainer dan mengangkut kargo-kargo secara langsung.

Super Rack Co.  bertujuan untuk mengemas alat berat besar seperti mesin konstruksi, alat pemadat jalan dan mesin tambang.

Super Rack dan Sinokor Merchant Marine Co. telah sepakat  membentuk usaha patungan untuk membuat terobosan. Sinokor menilai ini adalah peluang bagus karena baru saja memperluas layanannya di Asia dengan mengakuisisi Heung-A Shipping (Container Liner). Manajemen Sinokor Merchant Marine Co. menerima ide dan konsep Presiden Kim dengan baik. Mereka berencana menjalin kerja sama untuk mengangkut mesin-mesin konstruksi dan kargo-kargo berukuran besar lainnya dengan menggunakan kontainer-kontainer dan kapal-kapal mereka.

Presiden Kim mengungkapkan rencananya untuk menghubungi para pengirim yang biasa mengangkut alat berat melalui Hanjin Shipping dan Hyundai Merchant Marine, seperti Hitachi Komatsu dari Jepang. Secara khusus, rencananya adalah menawarkan layanan pengangkutan dan pengiriman barang dari mesin konstruksi super besar menggunakan kontainer-kontainer dan kapal-kapal Sinokor mereka.

Jumlah kontainer Super Rack, yang saat ini sekitar 120 unit, juga akan bertambah menjadi 500 unit. Setelah memesan 100 unit baru pada akhir tahun ini, Super Rack berencana untuk membangun 300 unit tambahan tahun depan.

Super Rack sedang mengembangkan metode-metode pengangkutan mesin-mesin konstruksi besar menggunakan kontainer-kontainer Super Rack. Rencana mereka adalah membongkar excavator-excavator 200t, 300t bahkan 500t  dan memuatnya ke dalam kontainer. Super Rack ingin dianggap sebagai cara alternatif pengiriman mesin-mesin konstruksi.

Super Rack memulai bisnisnya setelah mengadakan demonstrasi untuk para pengirim barang yang berlokasi di Incheon dan Busan, Korea Selatan. Perusahaan ini sudah melakukan demo pengiriman barang kepada sekitar 50 pengirim alat berat, termasuk Doosan Infracore, Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering, Hanwha Power System, ABC Global, dan lainnya. Yang diperlihatkan adalah proses memuat excavator ke dalam kontainer Super Rack dan menumpuk kontainer-kontainer reguler di atasnya.

Setelah serangkaian kegiatan demo itu, sebagian besar pabrikan tertarik untuk mengangkut mesin-mesin konstruksi mereka dengan cara yang telah ditunjukkan oleh Super Rack. Jika pandemi global Covid-19 mereda, Super Rack berencana untuk melakukan demonstrasi di negara-negara yang menjadi basis produksi alat berat seperti China, Jepang, Inggris dan Amerika Serikat.

Meskipun cara baru pengiriman mesin-mesin konstruksi Super Rack mendapatkan perhatian para pengirim di kawasan Asia Pasifik, mereka menjalin kerja sama dengan produsen-produsen mesin-mesin konstruksi besar dan dealer-dealer peralatan konstruksi bekas. Karena mereka menawarkan layanan pengiriman barang ke seluruh dunia, Super Rack mencari kemungkinan peluang-peluang bisnis di wilayah lain juga. (Sumber: Super Rack)

Related posts

005799
Users Today : 2003
Views Today : 10065
Total views : 157505
Who's Online : 136
Your IP Address : 3.235.223.5
Server Time : 2021-06-23