30.7 C
Jakarta
Feb 18, 2020.
Image default

Memperkenalkan KOBELCO Hydraulic Crawler Crane CKL1000i

Crawler Crane Kobelco CKL1000i DOk. Kobelco)

Komitmen Presiden Joko Widodo untuk melanjutkan pembangunan infrastruktur, terutama di sektor transportasi dan energi, mendorong para investor, baik domestik maupun asing, untuk mendanai berbagai proyek proyek di Indonesia, termasuk melakukan investasi peralatan. Salah satu jenis barang modal yang pasarnya makin menjanjikan di era pembangunan infrastruktur dewasa ini adalah alat angkat jenis crawler crane.

Crawler crane adalah jenis crane yang undercarriage-nya bertumpu di atas crawler atau track. Mobilitasnya mengandalkan trek-trek itu. Alat ini bergerak dengan cara merayap, yang dilakukan secara  perlahan. Meski pergerakannya lamban dan tidak selincah alat-alat angkat yang menggunakan ban, seperti mobile crane, crawler crane sangat stabil. Itu sebabnya crawler crane sangat cocok digunakan untuk mengangkat beban jenis heavy duty.

Merespon kebutuhan pasar Indonesia, produsen crawler crane terkemuka dunia, Kobelco Construction Machinery Co.Ltd,. sejak Desember 2019 memperkenalkan model terbaru, yaitu Crawler Crane Kobelco CKL1000i. Sesuai dengan tata namanya, mudah diketahui bahwa Crawler Crane Kobelco ini memiliki kapasitas angkat maksimal sebesar 100 ton, ketika unit beroperasi dengan panjang boom 12,2m dengan radius 3m. Namun, ini merupakan kapasitas maksimum dan aplikasi ini sangat jarang digunakan.

Dengan panjang boom maksimal 61m dan radius 48m, CKL1000i mampu mengangkat beban seberat 1,7 ton. Namun, apabila crawler crane ini menggunakan konfigurasi  fixed jib, maka kombinasi maksimalnya menjadi 51.8m + 18,3m (fixed jib), dengan kemampuan mengangkat beban 10,9 ton dengan radius maksimal 18,0m. Dengan konfigurasi crane boom yang menggunakan fixed jib, Crawler Crane ini mampu mengangkat beban seberat 59,3 ton pada radius 4,7m.

Crawler Crane CKL1000i ditenagai oleh Hino Diesel Engine P11C-UN, Turbo Charger, dan menghasilkan tenaga sebesar 270KW pada RPM 2000. Engine tersebut sesuai standar dengan NRMM (Eropa) Stage IIIA dan US EPA Tier III.

Pada hydraulic system Crawler Crane ini terdapat tiga variable displacement pompa piston yang digerakkan oleh penggerak pompa heavy duty.

Pada bagian atas mesin (upper structure), letak semua komponennya berdekatan sehingga memudahkan akses untuk melakukan perawatan (serviceability). Suara engine-nya sangat halus, memenuhi standar EC Directive 2000/14/EC.

Struktur pada bagian bawah mesin (lower structure) sangat istimewa karena dapat diperlebar pada saat operasi agar lebih stabil dan dapat dipersempit untuk memudahkan pada saat pengangkutannya.

Pada sistem steering mechanism terdapat hydraulic propel system yang memungkinkan mesin ini dapat dioperasikan secara counter rotation. Yan tidak kalah menariknya, unit-unit track roller alat ini tidak butuh perawatan karena yang digunakan adalah sealed track.

Hal lain yang menggembirakan adalah harga Crawler Crane CKL1000i yang sangat istimewa, bersaing. Karena CKL1000i merupakan produk baru, maka masih ada harga promosi.

Related posts