25.9 C
Jakarta
Apr 2, 2020.
Equipment Truck

Mengintip Truk Konsep Mandiri Scania

Scania baru-baru ini meluncurkan sebuah konsep baru untuk kendaraan-kendaraan berat yang berjalan sendiri (self-driving); truk tanpa kabel AXL.

Beberapa ahli Scania di berbagai bidang bekerja sama untuk mengembangkan truk konsep, yang menganut sistem modular dalam desainnya. Seiring dengan tren berbagai industri yang berupaya menyederhanakan pekerjaan pengangkutan dan membuatnya lebih berkelanjutan, kehadiran alat-alat angkut yang dapat berjalan sendiri semakin dipertimbangkan. Contoh-contoh penggunaannya adalah di pertambangan dan lokasi-lokasi konstruksi tertutup yang besar karena biasanya lokasi-lokasi kerjanya terkontrol dengan baik.

Demo langsung pertama Scania AXL berlangsung pada saat Innovation Day Traton Group, 2 Oktober 2019, yang dilakukan di pusat demonstrasi Scania di Swedia.

“Dengan truk konsep Scania AXL, kami mengambil suatu langkah signifikan menuju sistem transportasi cerdas pada masa depan, di mana kendaraan yang dapat menyetir sendiri akan memainkan peran yang alami,” kata Presiden dan CEO Scania Henrik Henriksson.

“Kami terus membangun dan menguji coba konsep ini untuk menunjukkan apa yang dapat kami lakukan dengan teknologi yang tersedia saat ini.” Untuk kendaraan-kendaraan otonom, dalam banyak hal perangkat lunak lebih penting daripada perangkat keras.

Scania AXL dikendalikan dan dipantau oleh lingkungan kontrol yang cerdas. Sebagai contoh, di tambang operasi-operasi otonom difasilitasi oleh sistem logistik yang memberi tahu kendaraan bagaimana seharusnya bekerja.

“Kami sudah memiliki truk-truk yang bergerak sendiri dalam operasi-operasi pelanggan. Namun sejauh ini, alat-alat ini tetap memberi ruang kepada pengemudi untuk melakukan intervensi di mana diperlukan demi keselamatan. Scania AXL tidak memiliki kabin dan itu mengubah permainan secara signifikan,” kata Claes Erixon, kepala riset dan pengembangan di Scania.

“Perkembangan dalam kendaraan-kendaraan self-driving telah membuat langkah besar dalam beberapa tahun terakhir. Kami masih belum memiliki semua jawaban, tetapi melalui kendaraan konsep seperti Scania AXL kami membuka jalan baru dan terus belajar dengan kecepatan tinggi.”

Engine yang menggerakkan kendaraan konsep ini adalah contoh bagaimana teknologi tradisional dan yang baru dibaurkan. Engine-nya ditenagai oleh biofuel yang terbarukan.

Fitur-fitur dan desain di balik Scania AXL cocok dengan lingkungan yang lebih sulit di tambang dan lokasi konstruksi besar. Modul baru bagian depan yang cerdas menggantikan kabin tradisional, tetapi tanpa kabin sekalipun konsepnya mudah dikenali sebagai Scania. (Sumber: Scania)

1,652 total views, 3 views today

Related posts