27.2 C
Jakarta
6 Mar, 2021.

Spider Excavator Terbesar Dunia Dilengkapi dengan Engcon Tiltrotator

Dengan engine yang memiliki tenaga mentah 255 hp dan bobot 17 ton, Euromach R145 dapat menyebut dirinya sebagai spider excavator terbesar di dunia.

Spider excavator Euromach R145 yang dipasang Tiltrotator Engcon (Foto: Engcon)

Euromach yang dikenal sebagai produsen spider excavator melengkapi salah satu model produknya, R145, dengan Tiltrotator Engcon. Dengan peralatan itu, alat ini mampu melakukan semua fungsi yang diinginkan dari satu dan posisi yang sama di medan curam, sehingga membantu meningkatkan efisiensi. Euromach R145 saat ini diklaim sebagai spider excavator terbesar di dunia.

“Sangat menyenangkan bahwa kami memasang Tiltrotator pada spider excavator terbesar dunia,” kata Peter Högberg dari divisi penjualan Engcon International, dikutip dari rilis Engcon (22/12).

Perusahaan Italia, Euromach, memproduksi mesin-mesin spider excavatoor dalam ukuran mulai dari 1,5 ton hingga 17 ton. Alat-alat ini dibuat khusus untuk dapat memanjat dan bekerja di medan curam yang tidak dapat dijangkau oleh roda konvensional dan crawler excavator. Kolaborasi dengan Euromach dilakukan melalui dealer Engcon Italia, Spektra. Peter Högberg mengklaim Tiltrotator EC219 sebagai pasangan yang sangat sempurna untuk R145.

Euromach R145, yang juga disebut Big Foot, memiliki empat “kaki” hidrolik dan beroda yang dapat ditarik dan diperpanjang secara independen satu sama lain baik lebar maupun panjang. Lebar kerjanya dari 2430 hingga 4740 mm dan panjangnya dapat bervariasi dari 5900 hingga 6700 mm. Hal ini membuat Big Foot menjadi pemanjat yang gesit dan meskipun berat, dapat digunakan dengan cara-cara yang hanya dapat ditandingi oleh beberapa kendaraan lain.

Saat mesin ini tidak berdiri diam di atas roda-rodanya, cakar-cakar ekstranya dapat dibuka dan dengan bantuan fungsi ini, Big Foot dapat “mencakar” medan yang melandai atau lereng sebagai pijakan untuk menapak. Saat mesin berada di suatu tempat  yang membuatnya sulit untuk mengubah posisi, misalnya di dalam jurang, maka di sini tiltrotator akan berguna. Karena tiltrotator berfungsi sebagai pergelangan tangan mesin, Big Foot dapat dengan mudah berputar ke posisi yang diinginkan.

“Euromach meyakini bahwa dengan tiltrotator, pengemudi (operator) dapat melakukan semua fungsi yang diinginkan dari satu dan posisi yang sama, yang membuat spider excavator terbesar di dunia itu semakin fleksibel dan efisien,” kata Peter Högberg. (Sumber: Engcon)

Related posts