26.2 C
Jakarta
23 Jun, 2021.

10 Bulldozer Terbesar Dunia

Lectura Press mencatat 10 bulldozer yang diklaim sebagai yang terbesar dan terkuat yang pernah dibuat dalam industri alat berat. Apa yang membuat mesin-mesin gusur ini berbeda?

Bekerja di lokasi-lokasi tambang dan quarry besar membutuhkan penggunaan mesin-mesin yang ukurannya besar pula, serta berkinerja tinggi dan andal. Unit-unit ini akan digunakan untuk bekerja keras. Salah satu jenis alat berat yang banyak dibutuhkan dalam pekerjaan seperti itu adalah bulldozer (dozer). Sejarah industri alat berat dunia mencatat mesin-mesin bulldozer terbesar di dunia.

Alat-alat raksasa ini secara teknis diperlengkapi untuk menghadapi kondisi kerja yang paling keras dan banyak operasi sulit: menggusur tanah, pasir, batu atau puing dalam jumlah besar; menggali dan meratakan material. Dan untuk spesifikasi crawler dozer, makin besar memang makin bagus. Mesin-mesin crawler dozer besar jauh lebih efisien daripada alat-alat lainnya. Mereka mendorong lebih banyak material per jam dan pada dasarnya memiliki semua yang diperlukan untuk memindahkan atau menghancurkan apa pun yang menghalanginya: ukuran yang besar, engine blade super kuat yang dapat dimiringkan, diangkat, dibelok dan didorong maju atau mundur untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan yang sulit.

Tapi yang membuat mesin-mesin gusur ini lebih istimewa adalah trio blade-ripper-track yang menakjubkan yang menghasilkan keajaiban saat digunakan. Saat blade memindahkan material dari satu tempat ke tempat lain, ripper menggaruk dan/atau menggemburkan material (tanah), membuatnya lebih mudah untuk dikerjakan, dan track menghasilkan penahan tanah dan distribusi beban yang sangat baik, mencegah dozer macet atau tergelincir di medan yang sulit.

Lectura Press (5/4/2021) membuat review beberapa bulldozer yang diklaim sebagai dozer terbesar dan terkuat yang pernah dibuat dalam industri alat berat. Berikut ini 10 bulldozer terbesar dunia, berdasarkan bobot dan tenaga engine-nya.

  1. John Deere 1050K

Bulldozer John Deere 1050 K menempati posisi terakhir pada 10 buldoser terbesar Lectura Press 2021 di peringkat dunia, tetapi mesin gusur ini cukup mantap dan kokoh untuk menangani lingkungan kerja yang paling kasar dan paling keras.

Dengan bantuan double-bogie undercarriage yang menggantung yang dapat menyerap getaran-getaran yang disebabkan oleh kondisi-kondisi operasi yang kasar, dozer terbesar John Deere ini bergerak lebih mulus dengan bobot operasi 43,2 ton, lebih tahan lama, dan menyelesaikan lebih banyak pekerjaan daripada model-model sebelumnya.

Salah satu pencapaian terbesar para insinyur John Deere pada dozer besar ini adalah kemampuan mereka untuk mengurangi getaran di dalam kabin hingga 75 persen, yang membantu para operator bekerja dengan nyaman sambil bergerak lebih cepat dan meningkatkan produksi. Tapi itu belum semuanya. Transmisi hidrostatis jalur ganda 1050K memungkinkan crawler dozer besar bertenaga 350 HP ini mendorong beban melalui belokan-belokan tanpa kehilangan material.

Fitur hebat lainnya dari dozer besar ini adalah mechanical-angle blade yang didesain ulang, dengan kapasitas 9,5 m³,  yang terinspirasi oleh pipeliner, yang dibuat oleh John Deere supaya tahan dalam aplikasi-aplikasi yang paling menantang  pada jalur pipa.

9. Dressta TD-40

Dengan bobot operasi 67,7 ton performa murni dan tenaga bersih 515 HP, dozer TD-40 bukan hanya salah satu dozer terbesar di dunia yang berhasil masuk ke peringkat Top 10 Lectura, tetapi juga crawler dozer terberat dan terkuat yang pernah dibuat oleh Dressta.

Crawler dozer yang besar ini memiliki fitur drawbar pull yang superior dan performa luar biasa yang membuatnya tahan terhadap pekerjaan-pekerjaan yang paling menantang dan abrasif, sehingga lokasi-lokasi kerja konstruksi, batu bara, dan pertambangan yang ekstrem menjadi tempat yang membuat alat berat yang hebat ini merasa seperti di rumah sendiri.

Tapi apa yang membuat bulldozer raksasa ini begitu awet? Banyak hal. Sebut saja optimalisasi distribusi bobot, konstruksi modular, penggunaan rangka utama satu bagian, penggerak Kemudi dua kecepatan, dan sistem pemasangan track 3 titik.

Performa optimal Dressta TD-40 juga dicapai berkat desain Semi-U blade standar yang menggabungkan kemampuan penetrasi blade lurus dengan kapasitas besar, multi-shank ripper berbentuk jajaran genjang yang dapat disetel yang menawarkan penetrasi yang sangat baik ke dalam material yang sangat keras, dan trek-trek kuat yang berkualitas tinggi untuk kondisi-kondisi kerja yang sulit.

  1. Caterpillar D10T2

Jika Top 10 Lectura Press ini dibuat pada tahun 1970, Caterpillar D10T2, buldoser terbesar ke-8 di dunia dalam pemeringkatan ini, akan berada di daftar teratas. Mesin bagus yang membawa kekuatan dari masa lalu dan kekuatan untuk masa depan ini menyimpan banyak nostalgia di baliknya.

Bulldozer ini lahir dari ambisi para insinyur Caterpillar untuk menghasilkan mesin yang lebih besar dan lebih kuat daripada yang sedang dibuat oleh para pesaingnya saat itu, dan juga dari model sebelumnya, Caterpillar D9. Dan upaya mereka membuahkan hasil. Ketika diperkenalkan oleh Allis Chalmers, di Conexpo, di Chicago, pada tahun 1969, sebagai HD-41 (391 kW/524 HP), sekarang D10T2 merupakan crawler dozer terbesar di dunia dan traktor pertama yang menggunakan sprocket penggerak yang ditinggikan.

Sejak pertama kali diluncurkan dan hingga sekarang, Caterpillar D10T2 telah mengalami banyak perubahan teknis, tetapi tidak pernah mengecewakan: bulldozer ini merupakan mesin yang sangat produktif dan serbaguna, direkayasa untuk pekerjaan-pekerjaan yang menantang, fleksibel (untuk digunakan di lokasi konstruksi berat) dan kuat (untuk digunakan di lokasi tambang), seperti yang diharapkan semua orang.

Dozer seberat 70,17 ton ini sangat cocok untuk kondisi kerja yang berat. Konstruksi yang kuat, engine 766 HP, dan blade berkapasitas 18,5 m3 menjaga material yang bergerak dengan keandalan yang sangat spesifik untuk dozer-dozer Cat.

  1. Chetra T40

Nomor 7 dalam Top 10 mesin-mesin bulldozer terbesar Lectura Press adalah CHETRA T40. Mesin gusur asal Rusia ini merupakan seri paling kuat yang dibuat untuk industri pertambangan emas dan batu bara oleh pabrikan Concern Tractor Plants, yang dikenal sebagai spesialis mesin heavy duty.

Dozer yang kuat ini menonjol dari seluruh jajaran dozer tipe crawler tidak hanya karena bobotnya yang berat (70,28 ton), tetapi juga oleh undercarriage tipe bogie, yang dikembangkan secara khusus untuk memastikan traksi terbaik saat menghadapi lingkungan kerja yang sangat kasar.

Dipadukan dengan engine bertenaga 660 HP dan blade yang sangat besar berkapasitas 21 m3, fitur teknis CHETRA T40 memberikan efisiensi maksimal, sekaligus menjaga keamanan dan kenyamanan operator saat mengoperasikan dozer besar ini.

Sebagaimana semua bulldozer CHETRA lainnya, T40 adalah perpaduan antara keandalan tradisional Rusia dalam bahan-bahan rangka dan undercarriage serta efisiensi tinggi komponen-komponen hidraulik dari para pemasok Amerika dan Eropa.

Dan, karena transmisi hidromekanis atau hidrostatis dozer ini tidak lagi memerlukan kekuatan fisik dari operator, saat ini, CHETRA T40 dapat dengan mudah dikontrol dengan ujung jari, yang membuat bulldozer super ini semakin disukai oleh para operator.

  1. Liebherr PR 776 Litronic

Tenaga yang tangguh dan teknologi yang inovatif adalah keunggulan produk-produk crawler tractor Liebherr, dan tidak terkecuali dozer PR 776 Litronic. Sebenarnya, performa yang luar biasa dalam operasi menggusur dan menggemburkan material (tanah) membuat alat ini dikenal sebagai salah satu dozer paling kuat di dunia, dan nomor 6 dalam Top 10 Lectura Press ini.

Entah digunakan dalam pekerjaan memecahkan yang heavy duty, mendorong atau meratakan, PR 776 adalah dozer sangat kuat yang cocok untuk aplikasi apa pun.

Bobot kerja 73,18 ton, engine yang bertenaga, tenaga penetrasi blade yang tinggi, dan perlengkapan-perlengkapan meratakan yang yang luar biasa membuat dozer besar ini menghasilkan produktivitas yang optimal, terutama selama operasi pekerjaan berat.

Engine diesel yang menggerakkan dozer Liebherr PR 776 Litronic dirancang untuk operasi-operasi tambang dan ekstraksi yang sulit dan menyediakan energi yang cukup untuk menghadapi situasi apa pun.

Blade bulldozer raksasa ini dipasang sangat dekat dengan rangka utama. Attachment ini mencapai tenaga penetrasi maksimal dan memastikan pengisian cepat material hingga 18,50 m³. Selain itu, bentuk blade yang dioptimalkan untuk aplikasinya memungkin semua material yang didorong dituang tuntas serta level pengisian yang tinggi saat menggusur massa batuan yang berat.

  1. Fiat Allis HD-41 (FD50)

Versi pertama dari model dozer Caterpillar D10T2 sekarang, bulldozer terbesar ke-5 di dunia dalam pemeringkatan kali ini, membuat kesan yang sangat kuat di pasar pada acara Chicago Road Show pada tahun 1969, saat alat ini dirilis, digambarkan sebagai dozer terbesar yang pernah dibuat pada saat itu.

Kemampuannya membongkar (material) yang luar biasa persis seperti yang ditunggu-tunggu oleh para kontraktor di bidang pemindahan tanah dalam jumlah besar, tambang permukaan, dan tambang batu (quarry).

Dengan bobot 80 ton dan ditenagai oleh Cummins VT-1710-C four-cycle turbocharged engine dengan 524 HP, Fiat-Allis, yang diproduksi pada tahun 1970 ini, menawarkan jenis-jenis blade semi-U, full U, dan bantalan dorong yang dikendalikan secara hidrolik.

Dozer ini dilengkapi konverter torsi dan transmisi power-shift dengan tiga kecepatan maju dan tiga mundur. Jenis-jenis attachment yang dimilikinya meliputi bulldozer blade dengan lebar hingga 20 kaki dalam opsi semi-U dan full-U dan blok dorong yang empuk untuk scraper (pengerik).

Antara tahun 1970-1974, berhasil dibuat sebanyak 1.900 unit Fiat-Allis HD-41. Setelah joint venture dengan Fiat SpA, mesin tersebut ditingkatkan menjadi Fiat-Allis 41B yang diluncurkan pada tahun 1982, dan kemudian menjadi FD50, yang dilengkapi dengan engine Cummins VT28-C.

Sayangnya, karena alasan pasar, Fiat-Allis menghentikan produksinya pada tahun 1989, tetapi Fiat-Allis HD-41 terus memukau publik, sebagai bulldozer terbesar di dunia, untuk waktu yang sangat lama.

  1. Komatsu D475A-8

Ini adalah deskripsi tepat yang diberikan oleh Komatsu pada crawler bulldozer besar yang bagus ini, salah satu yang paling terkenal di dunia. Yang menempati nomor 4 di Top 10 Lectura Press ini adalah D475A-8, model dozer terbesar kedua dari produsen Jepang ini, yang menjadikan Komatsu salah satu produsen bulldozer besar terpenting secara global.

D475A-8 diluncurkan pada tahun 2020 sebagai penerus model dash 5. Dengan bobot operasi lebih dari 112 ton dan tenaga engine 777kW/1040 HP,  yang menghasilkan produktivitas yang sangat baik, Komatsu D475A-8 mungkin tidak sekuat saudaranya yang lebih besar Komatsu D575A-3, tetapi yang pasti cukup bertenaga untuk diakui sebagai salah satu bulldozer produksi terbesar dunia di pasar.

Panjang total 11,3 m dan kapasitas blade 34,4 m³ juga membantu dozer Komatsu yang besar ini menawarkan kinerja teknis yang luar biasa dalam pekerjaan-pekerjaan tambang, pekerjaan-pekerjaan sipil heavy duty dan skala besar.

Dan ketenangan yang superior, berkat kipas pendingin radiator yang digerakkan secara hidraulik yang dipasang untuk memastikan rpm optimal, sekaligus mengurangi kebisingan secara drastis.

Selain itu, sistem penguncian konverter torsi otomatis dan transmisi yang dikontrol secara elektronik yang dirancang untuk menawarkan efisiensi yang lebih besar selama melakukan penggusuran yang lama menjadikan Komatsu D475A-8 sebagai crawler dozer yang unggul baik saat membongkar (merobek) maupun menggusur. Unit pertama alat ini sekarang beroperasi di tambang minyak besar dekat Narva, Estonia.

  1. Caterpillar D11T CD

Nomor tiga pada peringkat Lectura Press ini bukan hanya salah satu bulldozer terbesar di dunia, tetapi juga dozer Caterpillar terbesar yang pernah dibuat. Apa yang membuat CAT 11 TCD begitu hebat adalah faktor daya tahan bawaan yang membantu alat ini lulus uji aplikasi yang paling menantang dan uji waktu.

Menurut pabrikan asal Amerika ini, crawler dozer besar CAT 11 TCD bergerak lebih banyak dengan biaya lebih sedikit, dan memiliki semua yang diperlukan untuk melakukan itu: bobot operasi 112,72 ton, engine bertenaga 695kW/913 HP dan blade yang kuat yang terbuat dari baja high tensile, yang dilengkapi dengan penampang berbentuk kotak yang tahan puntir dan retak, yang dapat menangani material hingga 43,6 m³.

Berbicara soal kekuatan, salah satu fitur luar biasa dari dozer terbesar Cat ini adalah rangka utama, yang dibuat khusus untuk menyerap beban kejut berdampak tinggi dan tenaga untuk berputar selama aplikasi-aplikasi penggarukan dan penggusuran yang berat. Jadi, untuk melihat mesin ini dibangun ulang beberapa kali menggunakan rangka yang sama, hanya dengan pengelasan kecil, hal tersebut bukanlah hal yang aneh.

Fitur teknis lain yang menjadikan CAT 11 TCD sebagai dozer super adalah pembagi torsi antara engine dan transmisi yang mengurangi kemungkinan kerusakan pada power train dengan meredam beban benturan dan getaran.

  1. Komatsu D575A-3 SD (SUPER DOZER)

Dozer terbesar kedua di dunia disebut SUPER DOZER karena alasan yang sangat bagus: berat operasi 152,6 t dan, di atas itu, alat ini ditenagai oleh engine yang menghasilkan tidak kurang dari 858 kW/1150 HP pada 1.800 rpm. Begitu kuat, sehingga para insinyur Komatsu memutuskan untuk memasangnya pada rangka utama dengan bantalan-bantalan karet, untuk meminimalkan kebisingan dan getaran.

Ukuran mengesankan dari bulldozer raksasa ini terkadang sungguh-sungguh menantang: supaya dapat diangkut dalam jarak yang signifikan, mesin ini perlu dibongkar dan diangkut dengan menggunakan hingga 8 trailer!

Super Dozer seperti Komatsu D575A-3 dilengkapi dengan Super blade dengan kapasitas tidak kurang dari 69 m3 dan desain inovatif yang membuatnya 15% lebih produktif dalam pekerjaan meratakan (menggusur). Ini berarti bahwa bulldozer terkuat kedua di dunia ini dapat mendorong material dengan volume yang lebih besar pada ketahanan tanah yang sama dan memiliki keseimbangan optimal untuk pekerjaan penggusuran.

Engine Komatsu yang hemat bahan bakar, bersama dengan bobot mesin yang berat, menjadikan Komatsu D575A-3 Super Dozer sebagai alat berat yang unggul dalam pekerjaan meratakan, dan alasan utama mengapa dozer ini banyak digunakan di lokasi penambangan dan konstruksi yang paling menantang di seluruh dunia.

Dozer terbesar dan paling produktif yang pernah dibuat oleh Komatsu, pertama kali diperkenalkan dalam bentuk prototipe pada acara Conexpo 1981, dan dirilis sebagai model produksi Dash 2 pada tahun 1991. Alat gusur secara resmi diluncurkan pada tahun 2002.

  1. ACCO Super Bulldozer – Dozer terhebat dengan cerita paling luar biasa
ACCO Super Dozer dimuat untuk diangkut dari gudang ACCO di Portogruaro menuju tempat penyimpanannya pada 15 Mei 2012. (Foto: Mauro Dal Santo/Marco Castellan photo)

Bulldozer terbesar di dunia, menurut Top 10 Lectura Press ini, memiliki kisah yang sesuai dengan dimensinya yang mengesankan, yaitu berat 183 ton dan panjang 12 m. Aneh tapi benar, alat gusur yang dikagumi di seluruh dunia ini bahkan sampai sekarang, 40 tahun setelah dibangun, tidak pernah memindahkan satu meter kubik material pun dalam hidupnya.

ACCO Super Bulldozer dibuat di Portogruaro, Italia utara, oleh perusahaan Umberto Acco, untuk diekspor ke Libya pada awal 1980-an. Karena pembatasan-pembatasan yang disebabkan oleh embargo perdagangan yang diberlakukan oleh Amerika Serikat pada tahun 1986 di negara tersebut (yang disebabkan oleh keterlibatan Kolonel Gaddafi, pemimpin Libya saat itu, dalam terorisme internasional), ACCO Super Dozer tidak pernah dikirim ke tujuannya tetapi disimpan di gudang.

Dozer terbesar yang pernah dibuat ini sebagian besar terbuat dari suku cadang Caterpillar. Blade, misalnya, lebih besar dari apa pun yang pernah dibuat Caterpillar: lebar 7 m dan tinggi 2,7 m. Ripper dozer terbesar di dunia saja memiliki tinggi sekitar 3 m, yang dioperasikan oleh tiang hidrolik besar.

Menggunakan alat berat sebesar ini untuk bekerja membutuhkan banyak energi mekanik, dan tidak mengherankan jika dozer terkuat dan terbesar di dunia ini didukung oleh dua engine Caterpillar 675 HP (503 kW) yang ditempatkan secara horizontal, yang menghasilkan jumlah total energi (kombinasi kedua engine) 1350 HP (1010 kW)! Luar biasa, bukan?

Related posts

005842
Users Today : 2046
Views Today : 11455
Total views : 158895
Who's Online : 140
Your IP Address : 3.235.223.5
Server Time : 2021-06-23