31.7 C
Jakarta
Mei 28, 2020.
Construction Construction EQ Equipment Industry Mining Mining EQ Top News

Mengenal Lebih Dekat Crawler Crane Kobelco CKL1000i

Merespon kebutuhan pasar akan hydraulic crawler crane yang compact tetapi memiliki kapasitas angkat yang besar dan jangkauan yang tinggi serta multifungsi, Kobelco Crane memperkenalkan Hydraulic Crawler Crane CKL1000i.

Dua unit crawler crane Kobelco berdiri menjulang tinggi di pelataran kantor PT Daya Kobelco Construction Machinery Indonesia di kawasan industri MM2100 Cibitung, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (18/2/2020). Kedua unit alat angkat itu, yaitu model hydraulic crawler crane 7055-3F dan hydraulic crawler crane CKL1000i, dihadirkan dalam acara Open House Kobelco Crane yang berlangsung sejak pukul 09.00 hingga 16.00. Acara yang diadakan untuk pertama kalinya di Indonesia ini dihadiri tamu istimewa yang terdiri dari para end user maupun pebisnis rental dari berbagai daerah. Mereka bisa melihat langsung semua unit ini sembari menjajaki berbagai penawaran menarik untuk suku cadang crane.

Selain para para customer, PT Daya Kobelco CMI juga mengundang beberapa bank dan leasing untuk berpartisipasi dalam acara Open House Kobelco Crane ini. Menurut Masanori Suzuki, Senior Sales Manager Crane PT. Daya Kobelco CMI, hal ini dimaksudkan untuk menambah networking dan juga menjalin kerjasama yang baik di antara semua stake holder. Juga ikut hadir perwakilan tim Kobelco Crane dari Jepang, Singapura dan India.

Produk eksklusif dalam acara Open House kali ini adalah model CKL1000i, karena baru diperkenalkan secara resmi kepada para pemain industri crane Indonesia untuk pertama kalinya. Para customer sangat antusias menyaksikan dari dekat unit hydraulic crawler crane CKL1000i ini. Bahkan ada beberapa customer yang datang dari luar kota secara khusus hanya untuk melihat langsung unit ini. Sementara crawler crane Kobelco 7055-3F yang berkapasitas 55 ton sudah hadir lebih dulu. Dengan senangnya, mereka menyempatkan diri untuk berpose di depan kedua unit crane tersebut.

Selain penjualan unit, Open House Kobelco Crane 2020 ini juga menjadi ajang untuk penjualan spare parts yang sengaja dipajang di lobi kantor PT Daya Kobelco CMI. Kobelco Crane menawarkan beberapa program menarik, seperti paket promo PM KIT Filter, Kobelco Genuine Oil, serta komponen spare parts lainnya. Para customer terlihat sangat antusias mengunjungi spare parts display untuk melihat berbagai jenis suku cadang yang tersedia. Beberapa dari mereka langsung melakukan transaksi saat acara berlangsung.

Masanori Suzuki, Senior Sales Manager Crane yang baru ditempatkan di Indonesia selama kurang lebih 3 (tiga) bulan, namun sudah sangat mengerti tentang pasar di Indonesia mengatakan bahwa peluncuran hydraulic crawler crane CKL1000i dimaksudkan untuk memperkuat pasar Kobelco Crane di Indonesia. Dibandingkan model terdahulu, menurutnya, mesin anyar ini menawarkan banyak keunggulan, terutama dari segi desain, ukuran, kapasitas angkat hingga cara kerjanya. Harganya pun diklaim sangat kompetitif di kelasnya dan unit tersebut sangat tangguh. 

Mudah dirawat dan dioperasikan

Hydraulic crawler crane CKL1000i (Dok. EI)

Intianto D Soekaimi, Marketing Senior Manager Crane, menjelaskan CKL1000i merupakan hydraulic crawler crane dengan kapasitas angkat maksimal 100 ton. Kapasitas tersebut dicapai ketika mesin ini beroperasi dengan panjang boom 12,2 meter dengan radius 3 meter. Namun, ini merupakan kapasitas maksimal dan aplikasi ini sangat jarang digunakan.

Untuk Unit model ini, ketika boom-nya makin panjang, maka kapasitas angkatnya makin berkurang. Misalnya, dengan panjang boom maksimal 61 meter dan radius 48 meter, CKL1000i mampu mengangkat beban seberat 1,7 ton. Tetapi, apabila crawler crane ini menggunakan konfigurasi fixed jib, maka kombinasi maksimal jangkauannya menjadi 51.8m + 18,3m (fixed jib), dengan kemampuan mengangkat beban 10,9 ton dengan radius maksimal 18,0m.

Sumber tenaga penggerak hydraulic crawler crane CKL1000i adalah Hino Diesel Engine P11C-UN, Turbo Charger. Engine ini menghasilkan tenaga sebesar 247KW pada RPM 2000. Engine tersebut sesuai dengan standar NRMM (Eropa) Stage IIIA dan US EPA Tier III. Suara engine unit ini sangat halus, memenuhi standar EC Directive 2000/14/EC. Hydraulic system dari crawler crane ini memiliki tiga variable displacement pompa piston yang digerakkan oleh penggerak pompa heavy duty.

Mencermati fitur-fitur yang dimiliki produk-produk Kobelco Crane tersebut, Intianto menilai wajar ketika banyak tertarik untuk memilikinya. Terbukti banyak pelanggan yang meminta penawaran, termasuk yang mengorder hydraulic crawler crane CKL1000i.

Hydraulic crawler crane Kobelco CKL1000i dirancang untuk memberikan kemudahan dalam pengoperasian maupun perawatannya. Misalnya, semua komponen pada bagian atas mesin (upper structure) diletakkan secara berdekatan sehingga memudahkan akses untuk melakukan perawatan (serviceability) rutin.

Sementara struktur pada bagian bawah mesin (lower structure) sangat istimewa karena dapat diperlebar pada saat operasi agar lebih stabil dan dapat dipersempit untuk memudahkan pada saat pengangkutannya.

Pada sistem steering mechanism terdapat hydraulic propel system yang memungkinkan mesin ini dapat dioperasikan secara counter rotation. Yang tidak kalah menariknya, unit-unit track roller-nya tidak butuh perawatan karena yang digunakan adalah sealed track.

Crane serba guna

Amit Nandekhar dan Shanshiro Fujita – keduanya dari divisi crane (Kobelco Construction Equipment India) bersama Intianto D Soekaimi dari Kobelco Construction Machinery Indonesia (tengah) — Dok. EI

Amit Nandekhar, General Manager Kobelco Construction Equipment India PVT. LTD dari Divisi Crane, mengungkapkan bahwa CKL1000i dirancang menjadi alat angkat yang serba guna karena bisa digunakan di berbagai industri. “Aplikasinya tidak terbatas pada industri tertentu saja, melainkan bisa beroperasi lintas industri,” ungkapnya kepada  Equipment Indonesia saat ditemui di sela-sela acara Open House tersebut.

Faktor utama yang memungkinkan hydraulic crawler crane Kobelco ini bisa multifungsi, menurut Nandekhar, adalah ukurannya yang ramping (compact), bobotnya ringan tetapi kapasitas angkatnya besar dan jangkauannya tinggi serta dilengkapi dengan fitur-fitur safety.

“Pasar saat ini membutuhkan crawler crane yang ukurannya compact, tetapi kapasitas angkatnya besar dan jangkauannya tinggi. Ditambah lagi dengan reliability dari brand Kobelco itu sendiri. CKL1000i hadir untuk menjawab kebutuhan itu,” ungkapnya.

Dia mengatakan, kondisi jobsite semakin hari semakin kecil. Ruang gerak alat makin terbatas. Alat-alat yang berpostur besar sulit mengakses dan bermanuver di jobsite seperti itu. Oleh karena itu, Kobelco Crane merancang dan memproduksi crane yang bisa bekerja di ruang yang terbatas.

Penggunaan hydraulic crawler crane CKL1000i kebanyakan untuk proyek-proyek infrastruktur, power plant, pabrik keramik, industri semen dan sebagainya. Nandekhar mencontohkan proyek-proyek pembangunan jembatan, fly over, jalan tol layang (elevated toll), jalur kereta Light Rail Transit (LRT) dan Mass Rapid Transit (MRT) hingga pekerjaan fondasi sangat cocok mengoperasikan crane ini.  Bahkan kapal tongkang dapat mengoperasikan crawler crane ini untuk pekerjaan bongkar – muat. “Pada dasarnya, CKL1000i merupakan alat serba guna untuk mengangkat barang-barang berat mulai dari proyek-proyek konstruksi, pabrik-pabrik, pabrik pembuatan kapal tongkang (shipyard)  hingga power plant,” ujarnya meyakinkan.

Keunggulan lain yang tidak kalah pentingnya adalah dari segi efisiensi pemakaian bahan bakar. Ia mengklaim konsumsi bahan bakar CKL1000i lebih efisien dari produk lain. Hal itu sangat membantu para kontraktor untuk menekan biaya operasional.

Ketika ditanya tentang potensi pasar CKL1000i di Indonesia, Shanshiro Fujita, General Manager Divisi Crane Kobelco Construction Equipment India PVT. LTD, mengatakan Pemerintah Indonesia belakangan ini merilis banyak proyek infrastruktur. “Kami yakin pasar hydraulic crawler crane akan tumbuh seiring dengan pengembangan berbagai proyek infrastruktur di Indonesia. “Ke depan Indonesia memerlukan banyak crawler crane untuk pekerjaan lifting di berbagai proyek,” ujarnya.

Faktor lain yang memungkinkan pasar crane yang baru makin tumbuh di Indonesia, menurutnya, adalah makin tingginya kesadaran di kalangan kontraktor mengenai resiko penggunaan alat yang usia pakainya sudah lama. Selain masalah produktivitas, isu keselamatan (safety) menjadi sorotan mereka. “Para end user dan perusahaan rental enggan menggunakan alat-alat lama karena beresiko, unit baru terbukti lebih aman dan produktif. Ditambah lagi dengan desainnya yang sesuai dengan kebutuhan pasar, seperti hydraulic crawler crane Kobelco CKL1000i ini,” ungkapnya. 

Ia menambahkan, proyek baru sering dengan jadwal pengerjaan yang ketat agar selesai tepat waktu. “Penggunaan unit baru memungkinkan para kontraktor mengejar target waktu yang sudah ditetapkan. Apabila menggunakan alat bekas, Anda tidak tahu kapan alat itu mengalami breakdown dan dimana Anda bisa mendapatkan spareparts. Ini akan jelas berbeda apabila menggunakan unit baru. Anda mendapatkan alat yang bagus dengan layanan purna jual yang bagus dari dealer. Anda bisa menjaga performa unit selalu bagus, downtime sedikit dan layanan purna jual terjamin.”

Hydraulic crawler Crane CKL1000i diproduksi di Kobelco Crane India. Nandekhar menuturkan, Kobelco India mulai memproduksi crawler crane pada tahun 2011. Tahun 2012 mulai dilakukan produksi dalam skala besar seiring dengan meningkatnya permintaan di pasar India. Kobelco Crane India adalah 100 persen cabang dari Kobelco Crane Jepang. Itu berarti pembuatan mesin-mesin ini mengikuti standar Kobelco Jepang. Terbukti, hampir semua komponen kunci yang bisa dibongkar – pasang berasal dari Jepang seperti engine, hydraulic, steel, wire rope, boom, winches, safety system, sistem kelistrikan, crawler dan  masih banyak lagi.

Karena hampir semua komponen kunci dipasok dari Kobelco Crane Jepang, maka Kobelco Crane India hanya hanya memfabrikasi dan merakit (assembly) berbagai komponen dan parts.  Satu-satunya komponen yang dibuat di India, menurutnya, adalah counterweight. “Karena semua komponen kunci didatangkan dari Jepang, kami jamin crane-crane yang kami produksi benar-benar tangguh dengan dukungan purna jual yang bagus dari Kobelco Crane dan PT Daya Kobelco CMI ” pungkasnya. EI

 

949 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Related posts