26.2 C
Jakarta
24 Jan, 2021.

Pan United mencapai rekor pengecoran beton di Singapura

Pan-United mencapai rekor pengecoran beton non stop terbesar di Singapura dalam waktu satu bulan.

PAN-United Corporation Ltd mencapai rekor dua pengecoran beton siap pakai terbesar di Singapura dalam pembuatan pondasi rakit untuk proyek pengembangan di daerah Labrador.

Anak perusahaan grup Pan-United Concrete ini mencetak rekor nasional ketika mereka menuangkan 18.916 m3 selama 57 jam non-stop dari 31 Oktober hingga 2 November 2020. Disusul dengan penuangan kedua sebanyak 18.342 m3 dalam waktu yang lebih singkat yaitu 42 jam non-stop, 27 hingga 29 November 2020, untuk menyelesaikan pondasi rakit itu. Demi menuntaskan proyek, terjadi konvoi truck mixer secara terus-menerus setiap 60 detik.

Pada volume 37.258 m3, total volume dari dua pengecoran itu setara dengan mengisi 14 kolam renang ukuran Olimpiade. Rekor sebelumnya sebesar 18.000 meter kubik terjadi pada Maret 2015 untuk yayasan rakit Marina One Singapura.

Beton siap pakai diproduksi tepat waktu dan biasanya memiliki umur kerja yang singat dua jam. Pan-United merancang beton khusus yang dapat digunakan selama enam jam untuk memastikan lapisan-lapisannya terikat secara integral untuk membentuk rakit yang kokoh.

Perencanaan logistik yang kompleks untuk produksi, pengiriman dan pengecoran pondasi rakit diperpanjang selama beberapa bulan dalam kerjasama erat dengan kontraktor utama Hyundai Engineering & Construction.

“Kami berterima kasih kepada Hyundai karena telah mengambil semua langkah yang diperlukan untuk memastikan jarak yang aman dan untuk sangat mengurangi risiko kesehatan pada tim yang menangani pengecoran besar-besaran,” kata Ken Loh, Chief Operating Officer Pan-United ndalam rilis yang diterima Equipment Indonesia, Minggu (20/12/2020).

Untuk menjamin operasi yang aman selama masa pendemi COVID-19, perusahaan ini menerapkan cara kerja tanpa kontak. Pesan pengiriman menggunakan e-delivery order. Pengambilan sampel beton juga dilakukan secara elektronik. Demikian juga tanda tangan dilakukan secara elektronik. Portal para pelanggan dimanfaatkan untuk meminimalkan interaksi fisik di tempat kerja.

“Kedua pengecoran massal ini berjalan sangat lancar, berkat kerja sama yang sangat baik dengan Hyundai, dan upaya tim yang luar biasa dari semua pihak yang terlibat. Kami memiliki keyakinan penuh akan keberhasilan dalam melaksanakan prestasi ini, didukung oleh spesialis inovasi beton dan dengan logistik canggih yang dikelola melalui platform pengoptimalan digital, AiR.”

AiR (Artificial Intelligence for Ready-Mix Concrete) mengoptimalkan rantai pasok, mengelola efisiensi batching plant dan memastikan konvoi truk yang lancar mengantarkan beton.

Chan Wai Mun, direktur operasi Pan-United Concrete, berkomentar, “Presisi yang didukung teknologi sangat penting dalam kedua pengecoran massal untuk memastikan tidak ada gangguan pada penempatan beton. Pasokan berkelanjutan memungkinkan pondasi rakit beton untuk diatur secara seragam dalam sifat suhu yang diperlukan.”

Menyoroti aspek keberlanjutan dari operasi besar-besaran, Chan menambahkan, “Beton yang mengalir dengan suhu terkontrol Grade 55 yang terus-menerus (PanU Cool) dipilih untuk meningkatkan integritas struktural dan daya tahan pondasi rakit. Sistem chiller yang dikembangkan di rumah dikembangkan sendiri untuk menjaga suhu rendah dari beton yang mengalir khusus ini untuk mencegah keretakan selama pemasangan rakit besar.

“Tuntutan-tuntutan daya tahan yang ketat dirancang untuk memastikan beton memenuhi kriteria kinerja tinggi, seperti kekuatan dan kedap air, sementara pengujian kualitas virtual dilakukan dari jarak jauh menggunakan e-sampling untuk memastikan jarak yang aman,” kata Chan. @

Related posts