25.9 C
Jakarta
Apr 2, 2020.
Agriculture Construction Construction EQ Equipment Forestry Press Release Top News

Mengenal Lebih Dekat Mini Excavator Cat 307.5 Next Gen

Mini excavator CAT 307.5 Next Generation dibekali dengan berbagai teknologi unggul (Dok. Cat)

Industri mini excavator terus bergairah di tengah eforia pembangunan infrastruktur, yang ditopang oleh semakin meningkatnya permintaan dari sektor pertanian (perkebunan) hingga Hutan Tanaman Industri. Ketiga bidang usaha tersebut merupakan pasar utama mesin-mesin mini excavator di Indonesia dewasa ini.

Untuk merespon permintaan pasar yang terus meningkat di segmen compact equipment, PT Trakindo Utama sudah memperkenalkan mini hydraulic excavator generasi terbaru CAT 307.5 Next Generation yang dilengkapi dengan berbagai teknologi masa depan yang unggul.

Dari segi ukuran, excavator kelas 7,5 ton ini berada di antara kelas mini dan medium, karena tidak terlalu kecil dan juga tidak terlalu besar. Desain yang compact tetapi dibekali dengan tenaga yang tangguh membuatnya mampu bermanuver dengan lincah di tempat-tempat yang ruang geraknya terbatas. “Kelas 7,5 ton ini cocok untuk pekerjaan konstruksi. Pembukaan lahan awal dalam pekerjaan pembangunan gedung dan infrastruktur, seperti pembuatan parit, gorong-gorong, dan beragam pekerjaan lainnya banyak yang menggunakan model ini,” kata Aryawiguna, Product Lifecycle Manager PT Trakindo Utama dalam perbincangan dengan Equipment Indonesia baru-baru ini.

Trakindo saat ini sebetulnya memasarkan beberapa model mini excavator Caterpillar, seperti 304E2 CR (4 ton) dan 305.5E2 (5.5 ton) serta model  kelas di antaranya. Ditambah lagi dengan model terbaru Next Gen Mini Excavator CAT 307.5.  Model-model tersebut mewakili masing-masing range yang ada di pasar dan kebutuhan pengguna.

Menurut Arya, mini excavator kelas 5 ton saat ini memiliki potensi pasar yang terbesar di industri mini excavator dan cocok untuk digunakan di berbagai sektor.  “Mini excavator kelas 5 ton banyak digunakan untuk menangani pekerjaan-pekerjaan penggalian di sektor pertanian seperti di perkebunan kelapa sawit, pembuatan saluran irigasi di area persawahan juga tidak ketinggalan di sector HTI untuk pembersihan semak belukar dan penebangan kayu.  Termasuk juga tentunya pekerjaan di sektor konstruksi serta untuk pengerjaan saluran-saluran  pipa-pipa gas,” ia menjelaskan. 

Disemat beragam teknologi unggul

Aryawiguna, Product Lifecycle Manager PT Trakindo Utama (Dok. Trakindo)

Arya mengakui para pemain di segmen compact equipment di tanah air makin banyak dan cenderung bertambah. Meski demikian, sebagai pemain yang sudah lebih dahulu eksis, Trakindo tidak gentar berhadapan dengan para kompetitor maupun pemain-pemain baru. Alasannya, mini excavator CAT sudah punya segmen pasar sendiri yang ditopang oleh pelanggan-pelanggan yang loyal. Selain itu, Caterpillar sudah membekali unit-unit mini ini dengan berbagai fitur yang memberikan nilai tambah.

Dari segi spesifikasi, produk-produk mini excavator CAT lebih unggul dari produk-produk pesaing. Arya mencontohkan kapasitas bucket yang lebih besar dari yang lain, meski tonasenya sama. Tenaga gali (digging force) dan kapasitas angkat (lifting capacity)  juga lebih tangguh dan penggunaan bahan bakar relatif lebih hemat dibandingkan produk-produk pesaing.

Terkait dengan efisiensi konsumsi bahan bakar, Arya memastikan mesin-mesin CAT sudah dilengkapi dengan fitur untuk menghemat bahan bakar. Salah satunya adalah dengan adanya fungsi Economy Mode untuk pemakaian bahan bakar yang lebih efisien.  Bahkan mini excavator CAT terbaru, 307.5 disebut Next Gen Hydraulic Excavator karena menggunakan Next Gen Hydraulic System, yaitu sistem kontrol  Electro Hydraulic, yang menggantikan sistem pilot.

Alat yang sudah diluncurkan pada awal 2019 ini, menurut Arya, penghematan bahan bakarnya bisa menyamai yang kelas 5 ton berkat sistem Electro Hydraulic yang terintegrasi, Power on Demand untuk pengaturan tenaga hidrolik sesuai beban kerja serta fungsi kontrol Auto Idle dan Auto Engine Shut Down.

Selain dibekali dengan berbagai teknologi masa depan yang unggul, Next Generation mini excavator CAT 307.5 lebih lincah dengan cycle time yang lebih cepat berkat penggunaan joystick multifungsi yang dapat diaplikasikan pada mode stick steer untuk travel.  Operator dapat mengaktifkan fungsi travel menggunakan joy stick sebagai pilihan selain penggunaan tuas yang masih tersedia di unit 307.5 ini. Dengan penggunaan joystick untuk fungsi travel, menjadikan unit 307.5 mampu bergerak  dengan lincah serta mengurangi kelelahan pada operator.  Alat ini juga lebih fleksibel dengan tersedianya fungsi pemilihan kecepatan pada implement (Adjustable Implement Mode) berdasarkan kebutuhan jenis operasi dan tingkat keahlian operator.

CAT 307.5 juga lebih bertenaga dengan adanya peningkatan Digging Force sebesar 8%, peningkatan swing torque hingga 25 persen, lifting capacity hingga 10 persen, dan traveling power hingga 15 persen. Periode perawatan (mintenance period) dari 307.5 lebih panjang dibandingkan model sebelumnya, sehingga biaya perawatan menjadi lebih rendah.  Tidak hanya itu, mesin ini diklaim menggunakan teknologi hydraulic system terdepan yang pertama dan satu-satunya di pasar mini excavator saat ini.

Utamakan keselamatan dan kenyamanan 

Selain dibekali dengan fitur-fitur teknologi yang mumpuni, produk-produk CAT tersebut mengedepankan keselamatan dan kenyamanan operator. Arya menjelaskan, spesifikasi kabin dari unit-unit mini excavator CAT sudah bersertifikat Roll Over Protective Structure (ROPS) dan Tip Over Protective Structure (TOPS). “ROPS dan TOPS berguna untuk mencegah alat terguling. Kalau pun terguling, operatornya dipastikan terproteksi.  ” ujarnya meyakinkan.  CAT 307.5 juga dilengkapi dengan kabin yang kedap udara dan bertekanan sehingga ruang operator lebih bersih, lebih nyaman dan tingkat kebisingan nya rendah.  Daya pandang operator ke areal kerja juga luas.

Di dalam kabinnya, CAT 307.5 Juga dilengkapi dengan Next Gen Monitor dengan layer LCD yang full colour.  Layar itu menampilkan berbagai informasi yang terkait dengan alat, mulai dari fungsi operasi, informasi performa dan perawatan hingga sistem keamanan (security system).

Arya mengingatkan bahwa security system merupakan salah satu fitur penting untuk menjamin unit tetap aman di mana pun alat itu dioperasikan. “Setiap operator dibekali dengan kata kunci (password). Hanya operator dan orang yang diberi wewenang yang memegang kata kunci yang bisa mengakses alat itu. Selain operator, tidak ada orang lain yang dapat menjalankan alat tersebut,” ia menjelaskan manfaatnya. “Alat-alat ini bekerja di tempat umum atau di area terpencil. Kalau tidak menggunakan security system, unit-unit dengan ukuran kecil tersebut  tersebut dapat disalahgunakan.”

Melalui Next Gen Monitor juga dapat dilakukan pengaturan attachment, baik untuk penggantian peralatan kerja maupun untuk mengatur kecepatan gerakannya. Operator bisa mengatur semuanya dari panel di dalam kabin.

Menurut Arya, harga Mini Excavator CAT yang ditawarkan sepadan dengan berbagai nilai tambah yang diberikan kepada customer, baik dari segi spesifikasi produk maupun product support. Dengan tingkat produksi,  kesiapan alat dan kehandalan  yang tinggi dari unit mini excavator CAT,  akan memberikan keuntungan finansial yang lebih tinggi bagi penggunanya. #

663 total views, 6 views today

Related posts