26.2 C
Jakarta
24 Jan, 2021.

Desain Kabin Terbaru Motor Grader SDLG G9138

SDLG menawarkan opsi pembaruan kabin pada motor grader G9138. Fitur baru dengan desain yang ergonomis diyakini mampu meningkatkan visibilitas, sekaligus kenyamanan operator berkat adanya AC.

Motor grader SDLG G9138 dengan desain kabin yang baru (Foto: SDLG)

SDLG Indonesia baru-baru ini memperkenalkan motor grader G9138 dengan desain kabin yang baru. Grader versi diperbarui ini mengedepankan kenyamanan operator dengan menambahkan visibilitas dan penempatan panel instrumen yang mudah dijangkau. Selain itu, kabin baru ini lebih kedap terhadap debu dan dilengkapi dengan air-conditioning untuk melawan hawa panas pada iklim tropis seperti di Indonesia.

“Visibilitas yang bagus berkat penggunaan kaca depan yang lebar dan tanpa pilar, sehingga pandangan ke berbagai penjuru lebih leluasa,” kata Aldrin Nurdin selaku manajer bisnis SDLG, dilansir dari rilis yang diterima Equipment, Kamis (17/12). Ia menambahkan, control station dan panel-panel instrumen yang dikelompokkan pada satu tempat juga memberikan kemudahan kepada operator saat bekerja.

Tak hanya itu, motor grader SDLG G9138 juga dibekali dengan indikator yang membantu memvisualisasikan posisi blade, sehingga memudahkan pekerjaan dan terhindar dari risiko peralatan rusak. Seperti halnya mesin-mesin motor grader SDLG lainnya yang dipasarkan di tanah air, G9138 dapat mengkonsumsi bahan bakar bio-fuel 30% (B30).

Dari segi kontrol, desain dan tata letak rocker switch diperbarui. Selain itu, kap mesin memiliki bukaan lebar dengan filter udara kini ada di bagian belakang. Sedangkan meteran oli hidraulis berada di luar kabin untuk memudahkan perawatan rutin, khas alat berat SDLG.

Kabin baru ini bergaransi sesuai standar SDLG, yakni selama pemakaian setahun atau 2.000 jam. Ke depan, kabarnya, motor grader G9138 akan menggunakan kanopi baja sebagai fitur standar.

G9138 merupakan motor grader yang cukup terkenal di Indonesia. Terbukti, unit-unitnya tersebar di lebih dari 130 proyek di seluruh nusantara. Mesin-mesin SDLG juga memiliki reputasi pengoperasian yang andal dan performa tangguh untuk mengejar return on investment (RoI) dengan cepat.

Alat dengan kemampuan manuver yang bagus ini juga menghadirkan kontrol penuh kepada operator melalui full-digital instrument panel untuk memonitor langsung di layar. Tak sampai di situ, panel terintegrasi ini juga akan mempermudah saat melakukan inspeksi dan perawatan. 

Hadi Pitono, pemilik PT Classic Prima Sejahtera sudah merasakan berbagai benefit yang ditawarkan oleh motor grader SDLG G9138 ini. Perusahaannya yang bergerak di sektor konstruksi menggunakan motor grader G9138 untuk urusan perbaikan jalan di sebuah perkebunan di Balikpapan. Menurutnya, alat ini mudah dioperasikan, demikian juga perawatannya.

Motor grader G9138 sangat fleksibel karena dibekali dengan swing frame yang memungkinkannya mampu melahap berbagai model pekerjaan. Pergerakan artikulasi frame menghasilkan power tambahan pada blade ketika membawa beban berat, termasuk memberikan sudut putar yang kian akurat di tempat atau jalan yang lebih sempit. Composite bearing pada swing frame juga dibuat agar awet dan bandel selama masa pakai alat, karena tidak perlu dilubrikasi atau dirawat lagi. 

Grader berbobot 12.000 kg ini dipersenjatai dengan engine Weichai Deutz WP6G140E22 yang mampu menghasilkan tenaga 105 kW pada 2.200 rpm. Transmisi Hangchi YD13 membuatnya mampu melaju dengan kecepatan 34 km/jam maju dan 28 km/jam saat mundur. Bahkan daya traksinya tercatat di angka 77,5 kN.  

Semua kombinasi di atas mampu menjamin disalurkannya tenaga ke moldboard berdimensi 3.048 x 610 x 16 mm. Berbekal hal tersebut, blade dipastikan mampu merobek material hingga kedalaman 575 mm dan dapat meratakan tebing hingga 90 derajat. Selain itu, sliding range yang tercatat di angka 500 mm juga dapat dimiringkan ke arah depan sebesar 47 derajat dan ke belakang 5 derajat. Sedangkan kemampuannya saat menanjak mampu mencapai 20 derajat.   

Related posts