Equipment APP.
Access Equipment Business Top News

Bagaimana Merawat Scissor Lift Listrik?

Electric scissor lift JLG Davinci AE1932 (Foto: JLG)

Scissor lift sudah semakin lazim di berbagai lokasi kerja sekarang ini. Alat akses ini dapat diaplikasi di berbagai lokasi kerja, terutama di area dalam ruangan. Itu sebabnya Anda perlu lebih memahami cara-cara melakukan perawatannya. Frank Raczon, dikutip dari Constructionequipment.com, mengatakan perawatan scissor lift elektrik tidak serumit produk-produk yang menggunakan pembakaran internal. Tetapi, masih terdapat hal-hal penting yang perlu diperiksa dan diservis. Juga ada beberapa hal khusus yang perlu dipertimbangkan.

Mengutip penjelasan Rafael Nunez selaku Senior Product Manager JLG Industries, Frank Raczon memberikan beberapa saran bagus mengenai perawatan scissor lift listrik.

“Perlu diingat bahwa ada beberapa jenis scissor lift dengan kebutuhan perawatan yang berbeda-beda,” kata Nunez. “Jenis scissor lift yang utama meliputi scissor lift bertenaga baterai yang dilengkapi dengan penggerak hidrolik atau elektrik dan mesin medan kasar (rough-terrain machine) yang dilengkapi baterai dengan penggerak listrik, mesin diesel atau bahan bakar ganda dengan sistem penggerak hidrostatik.”

Nunez mengatakan karena setiap model memiliki komponen-komponen dan fitur-fitur yang berbeda, para teknisi servis harus mengacu pada manual operator asli serta manual servis dan pemeliharaan untuk panduan pemeriksaan dan pemeliharaan yang benar. Berikut ini beberapa panduan untuk merawat scissor elektrik secara efektif.

Pemeriksaan awal

Setiap hari dan setiap shift harus diawali dengan pemeriksaan dan uji fungsi scissor lift. Hal ini memungkinkan para operator untuk menemukan dan memperbaiki masalah-masalah sebelum mulai bekerja. Inspeksi-inspeksi awal juga dapat mendeteksi problem-problem yang mungkin luput dari perhatian sebelum menimbulkan bahaya. Lakukan inspeksi visual keliling setiap hari, pada saat pergantian shift atau kapan pun operator baru mengambil alih alat ini. Inspeksi harian scissor lift listrik biasanya meliputi:

  • Memeriksa kebocoran-kebocoran yang bisa terlihat (minyak atau cairan baterai) atau benda-benda asing lainnya.
  • Mencari bagian-bagian yang penyok, retakan-retakan pengelasan atau logam yang penyok, atau kerusakan-kerusakan lain yang terlihat.
  • Memeriksa stiker-stiker dan plakat-plakat mesin untuk memastikan semuanya bersih dan terbaca.
  • Memeriksa lengan-lengan dan sambungan-sambungan serta pintu platform untuk memastikannya tertutup dengan benar.
  • Memeriksa level dan kebersihan cairan hidrolik.
  • Memeriksa semua manual yang berlaku pada mesin.
Baca Juga :  ExxonMobil Adakan Diskusi Mengenai Solusi Efisiensi Industri Manufaktur

Pengecekan fungsi juga harus diselesaikan sebelum mesin digunakan di area-area yang bebas dari penghalang-penghalang di bagian atas dan di permukaan tanah. Berbagai aksesori dan perlengkapan (attachment) juga harus diperiksa.

 Perawatan umum

 Dengan merujuk pada panduan OSHA, Nunez menyarankan untuk fokus dulu pada langkah-langkah perawatan yang bersifat umum. Terdapat dua kategori yang perlu diperhatikan, yaitu Operasional dan Struktural.

  • Periksa semua level cairan yang meliputi oli, bahan bakar, cairan pendingin, dan hidrolik.
  • Periksa mesin secara menyeluruh untuk mengetahui apakah terjadi  kebocoran atau tidak.
  • Periksa kondisi roda. Carilah tapak ban yang aus dan retakan atau gelembung pada dinding samping. Pastikan tekanan ban berada pada PSI yang benar. Periksa roda apakah ada kerusakan struktural.
  • Uji kemudi dan rem untuk memastikan keduanya beroperasi penuh.
  • Periksa baterai dan tingkat pengisian daya untuk memastikan daya tidak hilang saat bekerja.
  • Uji semua kontrol darurat untuk memastikan semuanya berfungsi. Ini termasuk klakson, pengukur, lampu, dan alarm cadangan.
  • Pastikan semua alat pelindung diri terpasang pada tempatnya dan berfungsi dengan baik. Ini termasuk tali pengaman, perlengkapan pelindung jatuh, dan banyak lagi.

Periksa area-area struktural berikut ini untuk mencari apakah ada tanda-tanda masalah:

  • Sistem-sistem udara, listrik, pneumatik, dan hidrolik
  • Komponen-komponen isolasi
  • Semua peringatan tertulis, plakat, dan instruksi
  • Pengencang-pengencang mekanis dan pin-pin pengunci
  • Kabel dan sistem pengkabelan
  • Outrigger dan stabilisator
  • Pagar pengaman
  • Bagian-bagian yang lepas atau hilang
  • Periksa juga komponen-komponen pengangkat scissor lift yang rusak, hilang, atau tidak berfungsi dengan benar. Jangan gunakan alat pengangkat itu hingga komponen-komponen tersebut diperbaiki sepenuhnya. Berbagai potensi bahaya di zona kerja, termasuk berbagai penghalang, harus disingkirkan untuk menjaga scissor lift berada pada jarak yang aman.
Baca Juga :  Apa Sih Keunggulan Pneumatic Tired Roller TS205?

 Perawatan baterai

Electric scissor lift JLG Davinci AE1932 (Foto: JLG)

“Baterai adalah salah satu faktor yang paling sering dan paling mahal biayanya bagi para bagi pemilik scissor lift,” kata Nunez. “Baterai-baterai yang tidak dirawat dengan baik akan rusak seiring berjalannya waktu dan memerlukan penggantian dini. Oleh karena itu, pemeriksaan dan pemeliharaan sangat penting untuk memastikan baterai-baterai itu terisi cukup dan level air mencukupi.”

“Baterai-baterai yang tidak dirawat dengan baik mungkin perlu diganti dalam waktu satu tahun, sedangkan baterai-baterai yang dirawat dengan baik dapat bertahan hingga tiga tahun,” kata Nunez.

Namun, menurut Nunez, inovasi-inovasi baru seperti pemantauan baterai pada scissor lift listrik dapat memperpanjang masa pakai baterai secara signifikan hingga beberapa tahun sekaligus menurunkan biaya servis secara signifikan.

Inovasi-inovasi seperti sistem pemantauan baterai canggih dan scissor lift serba listrik dengan diagnostik mandiri dapat memudahkan pemeliharaan dan membuat lokasi kerja yang terhubung menjadi lebih aman dan produktif, menurut Nunez.

Dia mencontohkan sistem pemantauan baterai canggih milik perusahaannya. “Perangkat ini menganalisis pengecasan/penggunaan baterai mesin dari jarak jauh dan memberikan informasi diagnostik pada sistem baterai dan pengisi daya,” katanya.

“Algoritma eksklusif dari JLG selalu mempelajari tentang baterai-baterai dan dapat merekomendasikan kapan waktunya untuk menambahkan air, sebuah tugas utama yang sulit diprediksi berdasarkan berbagai faktor termasuk penggunaan, suhu sekitar, riwayat perawatan sebelumnya, dan kondisi variabel lainnya,” terangnya.

Sistem itu mencatat riwayat pengecasan dan detail pada pengontrol mesin, dan modul perangkat keras menyediakan konektivitas dan interaksi nirkabel. Ketika digunakan bersama-sama, komponen-komponen sistem menawarkan informasi real-time, termasuk status pengecasan yang akurat, pelacakan pengurasan baterai, pemantauan level cairan, dan riwayat pengecasan.

“Akses terhadap level informasi baterai memberikan beberapa manfaat utama bagi para pemilik mesin dan operator, yang meliputi waktu kerja yang meningkat, biaya-biaya pemeliharaan dan penggantian yang berkurang, serta penghematan waktu melalui pemantauan yang lebih cepat dan proaktif,” kata Nunez.

Baca Juga :  Tharisa Minerals dan Immersive Technologies bermitra untuk pelatihan operator

Ia menambahkan, pada scissor lift listrik, sejumlah komponen listrik dapat dengan mudah melaporkan status kesehatannya tanpa memerlukan teknisi untuk memeriksa atau menyetel katup-katup, tekanan, dan item-item lain yang terlihat pada scissor lift tradisional.

JLG Davinci AE1932 memiliki diagnosis mandiri yang memungkinkan para operator menguji semua sistem pada perangkat mobile mereka, menghilangkan perangkat-perangkat analisis genggam yang lebih tradisional.

Mesin ini beroperasi dengan baterai lithium-ion tunggal yang dapat bertahan lebih dari 120 bulan, sehingga pemilik tidak perlu mengganti baterai selama masa pakainya,” kata Nunez.

“Kesempatan untuk mengecas dan memulihkan energi saat platform sedang diturunkan berkontribusi pada penurunan konsumsi daya sebesar 70% yang memungkinkan penggunaan satu baterai lithium-ion yang mengisi daya dari kosong hingga terisi penuh dalam 3,5 jam.

“Pada akhirnya, inspeksi rutin dan pemeliharaan preventif memperbaiki masalah-masalah kecil secara proaktif sebelum menjadi lebih mahal dan membutuhkan banyak tenaga untuk mengatasinya, memainkan peran penting dalam menurunkan biaya perbaikan secara keseluruhan dan mengurangi waktu henti selama masa pakai mesin,” kata Nunez.

“Para pemilik armada dan operator harus tetap waspada dan terus melakukan semua inspeksi dan pemeliharaan yang diperlukan untuk memaksimalkan produktivitas dan memastikan kepercayaan operator di lapangan,” sarannya. (Sumber: Constructionequipment.com)

Berita Terkait

Our website uses cookies to improve your experience. Don't worry you are in safe browsing with us. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy