Alat Berat
Top News Business Construction EQ Feature

Biarawati Operasikan Loader Bobcat 773 untuk Bangun Biara Baru

Setelah lebih dari dua abad tinggal di sebuah biara di dekat alun-alun Hradčany di pusat kota Praha, Republik Ceko, ordo Biarawati Karmelit Discalced pindah ke rumah baru mereka di desa Drasty, di sebelah timur Praha.

Properti bekas pertanian yang dipilih oleh para suster di Drasty itu memiliki sejarah yang kaya sejak tahun 1305. Namun, ketika mereka pindah ke sana pada tahun 2018, kondisinya sangat berantakan. Meski demikian, para suster telah bekerja keras sejak saat itu untuk mengubahnya menjadi kompleks biara baru yang akan melayani masyarakat setempat.

Para biarawati itu telah menggunakan berbagai teknik untuk membenahi kondisi biara itu, termasuk penggunaan skid-steer loader Bobcat 773  buatan tahun 1997, yang telah mereka pelajari untuk dioperasikan sendiri.

Loader 773, seperti banyak mesin Bobcat lainnya pada zaman ini, masih dalam kondisi baik berkat konstruksinya yang kokoh dan servis rutin serta mampu melakukan banyak pekerjaan. Pemilik alat ini jarang menggunakannya dan dengan senang hati meminjamkannya kepada para suster tersebut.

Biarawati-biarawati di biara ini telah menggunakan mesin Bobcat tersebut dalam konfigurasi dasar dengan bucket dan dilengkapi dengan garpu palet (pallet fork) untuk mengangkut berbagai material di sekitar lokasi.

Suster Milada, seorang anggota ordo itu, menjelaskan pekerjaan konstruksi menggunakan loader Bobcat itu. “Saat kami membeli area di Drasty, banyak bagian yang tertutup sampah dan ditumbuhi pohon-pohon besar. Menyadari bahwa kami tidak akan punya cukup uang untuk memperbaiki seluruh halaman biara itu, kami memutuskan untuk melakukan beberapa pekerjaan sendiri atau dengan bantuan sukarelawan,” ungkapnya seperti dilaporkan Heavyquip Journal (17/2/2022).  

“Kami segera mengetahui bahwa kami membutuhkan mesin dan peralatan untuk pekerjaan awal yang sulit ini. Kemudian, beberapa dari kami belajar mengemudikan satu unit traktor, menggunakan gergaji mesin atau brushcutter, dan mengoperasikan loader Bobcat,” lanjutnya.

Mesin yang terakhir ini diakui banyak membantu para biarawati ini sejak awal ketika mereka harus memindahkan material-material berat apa pun, terutama tunggul-tunggul pohon-pohon besar untuk dibakar. Mereka juga menggunakannya untuk mengangkut palet dengan batu bata, tanah, batu, untuk lanskap di area taman rumput dan untuk menambahkan kerikil ke jalan di taman hutan.

“Pada awalnya, ketika kami membutuhkan mesin-mesin itu, kami menyediakan beberapa operator. Tetapi kami segera menyadari bahwa kami dapat mengoperasikan beberapa di antara alat-alat itu. Sebab itu, kami memutuskan untuk membeli atau menyewa mesin dan mengoperasikannya sendiri. Kami memiliki pinjaman jangka panjang dari loader Bobcat, dan Suster Terezka dan Sára menemukan bahwa setelah memperbarui SIM mereka saat kami pindah, mereka dapat mengoperasikan mesin seperti Bobcat ini.”

Suster Terezka paling sering mengoperasi mesin kecil Bobcat ini. “Saya suka mengoperasikan loader Bobcat  yang sangat sederhana dan intuitif ini dan fakta bahwa loader Bobcat dapat digunakan untuk beragam jenis pekerjaan di biara ini. Alat ini sangat baik untuk mengangkut material-material berat apa pun, sehingga kami tidak perlu membawanya dengan tangan di gerobak dorong,” tuturnya.

Ia menambahkan, loader Bobcat ini dapat digunakan untuk mencapai tempat-tempat yang kurang dapat diakses dan sangat berguna untuk berbagai pekerjaan penataan taman dan untuk meratakan, banyak di antaranya telah kami selesaikan dengan mesin. “Loader ini telah menghemat banyak waktu

Biarawati-biarawati ini pindah ke Drasty karena bangunan biara mereka yang lama di Hradčany Square dekat Kastil Praha terlalu berisik dan tidak menawarkan cukup ruang. Dengan pindah ke Drasty, mereka memiliki lebih banyak ruang,  termasuk taman yang jauh lebih besar dan mereka lebih dekat dengan alam dan masyarakat sekitar.

Rekonstruksi kompleks biara ini dilakukan secara bertahap. Pada bulan Maret 2020, mereka membuka Manor House, yang menyediakan akomodasi sementara dan nantinya akan menjadi ruang penerimaan tamu.

Pada bulan Oktober tahun lalu, sebuah perusahaan konstruksi mulai membangun sebuah biara dan gereja baru. Ini merupakan lanjutan dari tiga tahun kerja para suster dan sukarelawan untuk mempersiapkan tanah dan hutan di perkebunan untuk pekerjaan konstruksi.

Pembenahan bangunan bekas pertanian ini masih jauh dari selesai dan masih banyak pekerjaan yang akan dilakukan oleh Komunitas Biarawati Karmelit Discalced ini. Target utama mereka adalah menjadikan biara ini sebagai pusat spiritual dan budaya yang mudah diakses oleh masyarakat sekitar.

“Kami percaya bahwa bangunan bekas pertanian yang usang di luar Praha ini akan menjadi pusat spiritual dan budaya yang sangat mudah diakses, di mana setiap orang yang membutuhkannya akan dapat melestarikan kemanusiaan dan spiritualitas mereka dan dari sana mereka akan pergi dengan kekuatan baru,” ucap Suster Milada berharap.

Berita Terkait