26.8 C
Jakarta
Nov 21, 2019.
Image default

Diesel One Group, Spesialis Penyedia Suku Cadang Truck & Heavy Equipment

Diesel One Group memosisikan dirinya sebagai spesialis pemasok suku cadang untuk peralatan berat dan truk-truk Eropa. Merek apa saja?

Di tengah keramaian acara Indonesian Mining Expo 2019, booth Diesel One Group menarik perhatian banyak pengunjung. Terdiri dari dua bagian, Display Space dan Private Lounge, booth itu ramai hampir sepanjang hari. Selama empat hari pameran, 18 – 21 September 2019, stand  selalu ada “pesta”. Wajah-wajah para customer yang menyambangi stand Diesel One Group itu memancarkan euphoria. Mereka datang silih berganti. Sementara Diesel One Group sendiri royal membagi-bagikan hadiah kepada tamu-tamunya itu. Ini sebagai bentuk apresiasi atas kerja sama bisnis yang telah terjalin dengan baik selama ini.

Tokoh kunci di balik kemeriahan booth Diesel One Group itu adalah seorang pengusaha muda yang berwawasan luas dan ramah, yaitu Dicky Yohanes selaku CEO (Chief Executive Officer) perusahaan itu. Diesel One Group dikenal sebagai spesialis pemasok suku cadang untuk mesin-mesin yang beroperasi di sektor pertambangan, baik alat berat maupun truk.

Di sela-sela kesibukannya melayani para tamu, baik dari dalam maupun luar negeri, pria yang akrab disapa Dicky ini menyempatkan diri untuk berbagi informasi dengan Majalah Equipment Indonesia tentang bisnis inti Diesel One Group di bidang penyediaan spareparts. Perusahaan ini memiliki empat anak usaha, yaitu PT. Diesel Utama Indonesia, PT. Diesel Servis Sinergi, PT. Diesel Pratama Indonesia dan PT Multi Traktor Utama.

Diesel Utama Indonesia, Dicky menjelaskan, fokus menyediakan spareparts untuk truk-truk Eropa yang bekerja di sektor pertambangan, seperti berbagai model truk Actros dan Axor dari Mercedes Benz; FM Series, FMX Series serta FH Series dari Volvo; P360 dan P410 dari Scania; serta Kerax dari Renault.

Diesel Pratama Indonesia melayani kebutuhan consumable goods dari pasar dengan menyuplai ban (tyre) dan bateri. “Tyre dan bateri kami memiliki fasilitas produksi sendiri sehingga kualitasnya selalu terjaga. Kami selalu melakukan improvement secara berkesinambungan dan stok dijamin selalu aman,” ujarnya berpromosi.

Diesel Pratama Indonesia memiliki varian produk yang lengkap dengan tetap membidik para pelanggan hauling trucks di tambang yang tidak hanya menggunakan truk-truk Eropa, tetapi juga siap men-support kebutuhan dari truk-truk Asia.

Produk ban yang dipasarkan Diesel One Group ini mengusung nama brand Advance, yang dikenal sebagai ban premium khusus untuk hauling trucks dengan produk unggulan ukuran 12.00R24 Three Star PR dan spesialis di operasi tambang ukuran  24.00R35 untuk unit HD serta 29.5R25 untuk ADT.

Sementara brand untuk produk bateri adalah NGS, yang berasal dari teknologi dari Jerman.  Variannya komplit  yaitu Dry Charge Low Antimony, Maintenance Free Calcium hingga maintenance free heavy duty dengan berbagai fitur canggih yang membuat umurnya (life time) lebih panjang.

Untuk mendukung operasi alat-alat berat di sektor pertambangan, Diesel One Group mendirikan PT. Multi Traktor Utama yang khusus menyediakan berbagai suku cadang untuk mesin-mesin seperti bulldozer, excavator, wheel loader dan trailer.

Fasilitas Remanufaktur

Salah satu tantangan terberat yang dihadapi oleh pelaku usaha tambang adalah bagaimana meminimalisir downtime mesin ketika terjadi kerusakan. Waktu sangat berharga dalam siklus produksi usaha tambang. Ketika satu alat saja mengalami gangguan, maka keseluruhan rangkaian proses produksi tambang pasti akan terganggu.

Menyadari pentingnya pasokan suku cadang yang siap pakai dan cepat, Diesel One Group mendirikan PT. Diesel Servis Sinergi yang memiliki workshop dengan fasilitas lengkap mulai dari Automatic Washing Machine, Sand Blasting, Hydraulic Press Machine, Transmission Test Bench, Steering Gearbox Test Bench.  Hingga saat ini Diesel One Group mendatangkan Dyno Test Engine dari Amerika.

Tidak berhenti di fasilitas workshop yang sangat komplit itu, PT. Diesel Servis Sinergi juga fokus pada pengembangan man power dengan membina para mekanik melalui management trainee / BMC (Basic Mechanic Course). Targetnya adalah agar seluruh reman component yang diproduksi sesuai dengan standar tinggi dan mampu memberikan performa yang baik tidak hanya di kancah nasional namun juga bisa diekspor ke tingkat internasional. “Saat ini kami sedang membidik beberapa lokasi pertambangan di Asia Tenggara yang pasti membutuhkan major component seperti engine, transmission, differential maupun minor component lainnya seperti steering gearbox,”  Dicky mencontohkan.

Dicky mengatakan, dalam mengembangkan usaha Reman, PT. Diesel Servis Sinergi memiliki konsep unik, yaitu Back to Zero Life. “Saat di tempat lain overhaul dilakukan tanpa mengganti seluruh suku cadang kritikal, kami justru melakukan sebaliknya. Sebab kami berpegang teguh pada konsep usaha Reman ini, yakni ‘Back to Zero Life’” ungkapnya.

“Kunci dari konsep ini adalah ketelitian dan integritas kami dalam mendefinisikan Standard Part Overhaul, yang artinya sekalipun kondisi inner parts tidak rusak,  tapi kami tetap  melakukan replacement dengan spare parts baru. Sebab semua jerih payah pada proses overhaul pasti terbukti pada saat Reman Component selesai diproduksi dimana produk kami akan unggul dari sisi life time, seperti baru lagi plus garansi selama satu tahun,” ungkapnya sambil berpromosi. Ditambahkannya, tim yang melakukan remanufaktur memang “lahir dan besar” di Industri ini sehingga sudah ahli di bidangnya masing-masing dan dijamin hasil kerjanya memuaskan.

Dicky meyakinkan bahwa keberadaan fasilitas remanufaktur ini sangat membantu dalam siklus penggantian major component (Engine, Transmission & Differential) para pelanggan. “Begitu engine atau transmisi pelanggan mengalami kerusakan, kami langsung melakukan penggantian (component exchange). “Konsepnya adalah kami akan memberikan mesin yang telah di-rebuild (overhaul), setelah itu mesin customer yang bermasalah ditarik dan diberikan kepada kami sebagai Damaged Core yang selanjutnya akan digunakan untuk di-rebuild di workshop kami. Pokoknya, kami mau konsumen tidak perlu menunggu lama supaya alatnya dapat terus beroperasi. Kami bangga bisa membantu memberikan support demi  kelancaran operasioanal para pelanggan,” kata Dicky.

Ia mengingatkan, yang sering terjadi di lapangan selama ini, customer harus menunggu lebih lama, mungkin hingga dua minggu atau bahkan lebih, karena komponen-komponen yang rusak harus dibawa ke bengkel dulu untuk diperbaiki. Selama masa perbaikan, alat berhenti beroperasi karena tidak ada penggantian suku cadang. “Sistem kerja yang kami kembangkan meminimalisir downtime secara signifikan karena komponen-komponen yang bermasalah langsung diganti sehingga mesin bisa terus beroperasi” ujar Dicky.

Untuk penggantian inner part dari transmisi, Dicky menjelaskan, Diesel One Group menggunakan produk-produk Euroricambi. Sementara untuk engine parts, Diesel One Group menggunakan produk-produk Mahle dan Elring. Semuanya ini adalah OEM (Original Equipment Manufacturer) Parts.

Menjelaskan perbedaan antara genuine parts yang disediakan distributor alat dengan yang dipasok perusahaannya, Dicky mengatakan Diesel One Group memasarkan suku cadang yang disuplai langsung oleh pabrik dengan kategori OEM Parts. Sedangkan genuine parts yang disediakan oleh dealer alat sebenarnya juga disuplai oleh pabrikan-pabrikan yang produk-produknya diageni oleh Diesel One Group di Indonesia.

“Kami tidak mengorbankan kualitas demi memperoleh keuntungan, tetapi kami terus berpikir bagaimana menjadi smart buyer dengan memotong jalur rantai pasok yang ada serta terus melakukan riset suku cadang demi suku cadang demi agar kualitas tetap menjadi ciri khas kami. Nama besar Diesel One Group adalah suatu hal mutlak yang kami selalu jaga,” ia menjabarkan.

Diesel One Group menjual berbagai komponen dan suku cadang yang sebenarnya sama seperti yang dijual oleh dealer genuine. “Kami tawarkan merek yang sama dengan kualitas yang persis sama tetapi dengan harga yang jauh lebih kompetitif. Karena dengan mata rantai yang semakin panjang, harga pun akan semakin naik,” Dicky menjelaskan.

Diesel One Group saat ini memegang total 38 merek spareparts OEM terkemuka dan ditunjuk langsung oleh berbagai pabrik suku cadang premium tersebut sebagai pemegang merek resmi di Indonesia. Ketika ditanya benefit yang diperoleh para customer, Dicky mengatakan bahwa dalam kondisi industri tambang yang lesu seperti sekarang ini, para kontraktor tambang mencari cara untuk memangkas cost pembelian suku cadang. Tidak mudah bagi mereka untuk terus membeli suku cadang genuine di dealer alat karena harganya mahal.

“Para pembeli unit-unit baru seperti Volvo atau Mercedes Benz biasanya diwajibkan untuk menggunakan genuine spareparts agar garansi unitnya tidak gugur. Pada tahun-tahun awal mereka akan membeli suku cadang yang benar-benar asli dari pabrikan yang cost-nya tentu tinggi. Padahal komponen-komponen dan spareparts pada truk-truk itu sebenarnya disuplai oleh suplier-suplier yang ahli di bidangnya. Sebagaimana diketahui, perusahaan yang ahli dalam pembuatan kendaraan bukan berarti ahli juga sebagai produsen suku cadang maupun komponen. Tetapi mungkin untuk unit-unit buatan Eropa yang baru diluncurkan, spareparts-nya biasanya dikunci dulu oleh produsen truk. Artinya, customer tidak boleh menggunakan spareparts selain yang dipasok oleh pabrikan alat. Tetapi setelah lima tahun biasanya dibuka.

Semua produk yang dijual Diesel One Group bergaransi. Dan yang lebih penting,  sistem penggantian yang cepat tanpa harus menunggu spareparts yang rusak untuk selesai dijustifikasi klaim garansinya atau diperbaiki dulu baru bisa dilakukan penggantian. Unit pelanggan dijamin tetap beroperasi dengan menggunakan suku cadang pengganti. “Kami fleksibel,  seperti moto kami ‘Deliver more than good things’. Produk yang bagus harus dikemas dengan servis yang bagus, kalau tidak begitu pelanggan tidak akan puas,” ujar Dicky.

Dicky memulai bisnis ini pada tahun 2011 dengan membuka sebuah toko kecil di Jakarta dengan nam Diesel One dan ukuran toko 3×3 meter. Pada tahun 2012 dia mendirikan PT. Diesel Utama Indonesia. Diesel One Group saat ini memiliki lebih dari 300 customer, yang semuanya bergerak di bidang pertambangan. Sekarang Diesel One Group berada di 8 lokasi di Indonesia: Jakarta, Samarinda, Batu Kajang, Berau, Banjarmasin, Balikpapan, Tanjung Tabalong hingga Kendari.

Related posts

Tiga Excavatorv Terbaru Hitachi

William Syukur

Kamera Supermini Untuk Deteksi Kerusakan Mesin

Hartl Crusher: Best Price Strategy 2017

admin