30.7 C
Jakarta
Feb 18, 2020.
Image default

EX1200-7, Excavator Seri EX Terbaru Hitachi

PT Hexindo Adiperkasa Tbk memperkenalkan model terbaru excavator tambang Hitachi Seri EX, yaitu model EX1200-7 yang dibekali dengan teknologi-teknologi canggih untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi.

PT Hexindo Adiperkasa Tbk menawarkan beberapa produk dan teknologi inovatif terbaru pada ajang Mining & Construction Indonesia di Jakarta International Expo, 18 – 21 September 2019. Dari sisi produk, salah satu mesin andalan terbaru yang menghuni booth luar ruang perusahaan ini adalah seri terbaru jajaran excavator EX , yaitu Seri EX1200-7, yang disebut-sebut sebagai salah satu jawaban terbaru dari line product Hitachi yang menawarkan produk yang lebih produktif dan efisien. Sedangkan dari sisi teknologi, Hexindo memperkenalkan Consite Monitoring dan Wenco Fleet Management System. Keduanya merupakan perangkat teknologi telematika untuk memonitor performa alat-alat berat di jobsite.

 

Berbagai improvement agar makin efisien & produktif

 

Menjelaskan berbagai improvement yang dilakukan Hitachi terhadap excavator tambang EX1200-7, terutama yang  berkaitan dengan optimalisasi efisiensi pemakaian bahan bakar, Darell Wolf, Mining Sales Division Head PT Hexindo Adiperkasa Tbk., mengungkapkan bahwa excavator EX1200-7 menawarkan tingkat efisiensi, keandalan dan ketahanan yang lebih tinggi dibandingkan model terdahulu, EX1200-6. Tersedia dalam konfigurasi backhoe maupun shovel, EX1200-7 adalah excavator yang sangat handal untuk penggalian skala besar pada sektor tambang. Excavator ini menghadirkan kombinasi kekuatan yang luar biasa dan teknologi-teknologi terbaru yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan penggalian skala besar maupun penambangan.

Untuk meningkatkan efisiensinya, seperti dilansir dari  www.hitachiconstruction.com, EX1200-7 dibekali dengan teknologi fuel consumption optimization (FCO) dari Hitachi, dengan total penghematan bahan bakar sebesar 6% dibandingkan dengan model EX1200-6 melalui peningkatan engine dan sistem hidrolik. Dilengkapi dengan swing control yang dioptimalkan, excavator ini memiliki sistem hidrolik yang lebih baik dengan katup regenerasi arus  untuk mengurangi kebutuhan daya dari sistem hidrolik dan engine, yang menurunkan konsumsi bahan bakar dan meningkatkan usia pompa. Selain itu, berkat fitur auto-idle, ketika alat dalam kondisi netral, kecepatan engine berkurang sehingga menghemat konsumsi bahan bakar.

Untuk mendongkrak produktivitasnya, Darell menjelaskan, EX1200-7 saat ini dilengkapi dengan bucket  berkapasitas 7 m3 yang lebih besar dibandingkan dengan  EX1200-6 yang mempunyai kapasitas 6,7 m3, dengan tetap mempertahankan speed dari cycle time. Sedangkan untuk meningkatan efisiensi operasinya, alat ini menggabungkan teknologi electric regulator pump, regeneration hydraulic flow pada attachment,  dan meningkatkan kapasitas dari cooling system

Sementara untuk memperkuat strukturnya, swing circle dari rangka track bagian tengah sudah di-upgrade dari sebelumnya menggunakan struktur baja tuang (cetak) ke baja tempa. Ketebalan top plate juga mengalami peningkatan dari 50 mm menjadi 55 mm sehingga makin kuat dan tahan lama.

Untuk kinerja yang lebih andal, undercarriage EX1200-7 memiliki tiga roller atas satu sisi di setiap sisi rangka track yang membantu menjaga jarak track shoe dan mengurangi penumpukan puing-puing saat beroperasi. Di samping itu, boom dan arm dilas dengan memanfaatkan desain full-box section untuk mendistribusikan tegangan secara merata dan memudahkan dalam perawatan. Konfigurasi tekukan rendah yang menggantung dari selang-selang attachment depan meniadakan penggunakan penjepit untuk membantu mengurangi gesekan dan meningkatkan keandalan.

Salah satu opsi baru pada excavator ini adalah sistem pelumasan otomatis (auto-lubrication system) untuk attachment depan, yang memasok pelumas ke struktur atas termasuk bucket pins. Sistem canggih ini didesain ulang dengan tangki gemuk berkapasitas besar, pompa gemuk baru, filter gemuk in-line, dan saluran angin dengan filter, yang menghasilkan sistem yang lebih andal dengan downtime yang lebih sedikit.

EX1200-7 dilengkapi dengan opsi sensor-sensor kontaminasi pada beberapa komponennya. Sensor-sensor tersebut, menurut Darell, digunakan untuk memantau kondisi hydraulic system pada alat berat ini. Sensor ini memonitor kondisi oli hydraulic apakah ada partikel-partikel logam yang menkontaminasi hydraulic oil, sehingga dapat mencegah kerusakan yang lebih buruk pada hydraulic system,” ungkapnya.

 

Teknologi telematika

Pengembangan EX1200-7 mengikuti tren di industri pertambangan. Salah satu contohnya adalah tren digitalisasi operasi unit-unit peralatan tambang di jobsite. Banyak pabrikan membekali produk-produk mereka dengan teknologi telematika, yang memungkinkan alat-alat produksi yang sedang beroperasi di lapangan terhubung satu sama lain. Manfaat penting dari aplikasi teknologi tersebut adalah menjaga operasi yang efisien serta memastikan produktivitas tinggi dari setiap unit. Merespon kebutuhan pasar tersebut, Hexindo melengkapi alat pengeduk esar ini dengan Consite System yang berguna untuk memonitor kondisi unit. Selain itu, perusahaan ini memperkenalkan Wenco Fleet Management System yang dapat digunakan untuk me-manage pengaturan armada di tambang.

EX1200-7 tidak hanya tangguh dalam bekerja tetapi juga menawarkan  kenyamanan maksimal saat menyelesaikan pekerjaan itu. Pendingin udara dengan pengontrol suhu kabin bertekanan membantu mengatasi kondisi lingkungan yang ekstrem, dan kursi operator dirancang khusus untuk industri pertambangan dengan kursi empuk yang dapat disesuaikan yang memungkinkan operator menyesuaikan pengaturan suspensi.

Layar multi fungsi yang lebar menyajikan beragam informasi penting mengenai mesin yang dilengkapi dengan lampu latar LED untuk meningkatkan kejernihan dan mengurangi pantulan cahaya reflektif. Layar pelindung matahari dan layar gulung opsional juga membantu memberikan kenyamanan maksimal.

EX1200-7 juga menyediakan opsi Aerial Angle, yang populer di kalangan pelanggan dan berfungsi sebagai sistem penglihatan 360°. Sistem ini membantu dengan memberikan peringatan mengenai lingkungan di sekitar peralatan melalui monitor layar yang menggabungkan serangkaian gambar yang ditangkap oleh kamera-kamera yang diposisikan di berbagai lokasi yang berbeda di sekitar mesin.

  1. Hexindo Adiperkasa mendukung kehadiran excavator tambang ini dengan menyediakan berbagai layanan purna jual (after-sales services). Layanan-layanan yang disediakan tidak hanya sebatas menyebarkan banyak suku cadang dan para mekanik di banyak lokasi, tetapi memperkuat product support dengan menyediakan beberapa layanan, seperti service contract, paket pelatihan, serta menawarkan Vendor Held Stock (VHS) di lokasi customer.

Selain itu, tim product support Hexindo selalu memonitor performa dari rantai pasok untuk memastikan tidak ada alat-alat milik para pelanggan yang mengalami downtime yang lama. “Tim product support kami dengan aktif memonitor kondisi unit, baik dengan meghubungi langsung customer atau dengan memonitor kondisi melalui Consite Monitoring untuk mengingatkan jadwal perawatan berkala dan memberikan peringatan dini apabila terjadi kerusakan alat melalui peringatan fault code yang muncul pada alat berat melalui Consite Monitoring,” kata Darell mengakhiri.

Related posts