28 C
Jakarta
Jan 28, 2020.
Image default

Mengintip Program User Training & Jobsite Training Kobelco

PT Daya Kobelco Construction Machinery Indonesia (DKCMI), salah satu distributor alat berat terbesar di Indonesia, membuktikan eksistensinya dengan memberikan pelatihan (training) kepada para loyal customer dalam program User Training. Hal ini menunjukkan DKCMI tidak hanya menjual alat berat, tetapi juga memiliki After Sales Services yang handal. Perusahaan distributor alat berat merek Kobelco ini memiliki kantor cabang yang tersebar hampir di semua provinsi di seluruh Indonesia, yang sudah dilengkapi dengan beberapa Service Station.

Program User Training ini telah mendapat banyak apresiasi dari para customer. Mereka tidak hanya diajarkan bagaimana mengoperasikan unit dengan benar dan aman, tetapi juga diajarkan bagaimana cara merawat unit-unit yang ada, serta menjadikan keamanan sebagai prioritas. Dalam sesi User Training ini, para customer membicarakan secara terbuka mengenai berbagai permasalahan atau kendala dalam penggunaan unit-unit Kobelco di lapangan.

Kesuksesan program User Training ini terlihat dari begitu besarnya antusiasme para customer untuk ikut serta. Pada tahun 2018, kegiatan ini diikuti sebanyak 188 perusahaan dengan peserta yang mencapai 618 orang. Pada tahun 2019 ini terjadi peningkatan permintaan. Hingga Agustus 2019, program ini sudah diikuti oleh 224 perusahaan dengan total peserta hingga 646 peserta.

Manager Training Center DKCMI, Eril Yusup, berharap para peserta yang telah mengikuti program User Training ini bisa turut serta meningkatkan keamanan dalam bekerja baik saat unit beroperasi maupun saat melakukan perawatan, karena keselamatan kerja adalah prioritas.

Training Center DKCMI ini juga mendapatkan banyak permintaan training langsung di site customer. Customer menginginkan adanya pendampingan dan monitoring yang dilakukan oleh tim Technical Training. Training ini disebut Jobsite Training, karena diminta oleh customer yang ada di lapangan dan diadakan di dalam jobsite. Dengan diadakannya Jobsite Training, DKCMI berharap agar bisa memberikan support terbaik kepada para pelanggannya.

Salah satu Jobsite Training yang baru saja dilaksanakan adalah di jobsite PT Adil Prima Perkasa, yang berlokasi di Bohadopi, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah. Training ini diikuti 22 peserta yang terdiri dari operator dan mekanik yang diselenggarakan pada 23 Oktober 2019. “Saya sangat bersemangat dengan adanya training seperti ini, dan harus lebih sering untuk dilaksanakan,” kata Nano Suparno, seorang mekanik yang mengagumi unit Kobelco karena kelincahan dan keiritannya.

Tidak hanya bagi para customer excavator Kobelco, User Training ini juga disediakan bagi para pelanggan Crane Kobelco. Sambutan mereka pun tidak jauh berbeda. Mereka sangat senang. “User Training customer crane saat ini telah dilangsungkan secara berturut-turut dari Jakarta, Palembang, Medan, Balikpapan, dan nantikan kami di kota-kota lainnya,” kata Assistant Manager Product Support DKCMI, Asep Rudi.

Training ini tidak hanya dilaksanakan di jobsite atau di luar kantor, kadang-kadang juga diadakan di Kantor DKCMI. Sebagai salah satu contohnya adalah dari PT Superkrane Mitra Utama, Tbk yang pernah secara langsung datang ke kantor pusat DKCMI yang terletak di Kawasan MM2100 Cibitung. “Acara training ini sangat bermanfaat bagi kami,” ujar Ahkmad Baihakky selaku QHSE Section Head PT Superkrane Mitra Utama, Tbk. Hal senada disampaikan oleh Sukma Hari sebagai Trainer Manager PT Superkrane Mitra Utama, Tbk yang mengagumi teknologi LMI pada Crane Kobelco yang sangat membantu dan dapat meningkatkan keamanan pada saat operator bekerja.

Materi disesuaikan dengan kebutuhan

Training Center DKCMI secara terus menerus mengembangkan materi yang akan dibawakan sesuai dengan kebutuhan yang semakin berkembang. Salah satu materi yang paling sering diberikan adalah Accident Prevention. Materi ini bertujuan agar customer mengetahui prosedur pengoperasian unit di lapangan dengan benar, dan untuk mencegah agar tidak terjadinya kecelakaan yang dapat menyebabkan sesuatu yang fatal. Materi tersebut disampaikan oleh mekanik yang melakukan Commisioning saat serah terima unit kepada customer di lapangan.

Dengan adanya User Training ini,  DKCMI berharap para customer selalu menjaga keamanan dalam pengoperasian alat di lapangan dan melakukan prosedur perawatan sesuai dengan standard Kobelco dengan harapan dapat memperpanjang umur dari alat tersebut dan mengurangi beban biaya operasi dan perbaikan.

User Training merupakan salah satu bentuk komitmen dari DKCMI untuk selalu memberikan support terbaik kepada seluruh customer dan diharapkan dapat mendekatkan hubungan DKCMI dengan para customer agar jauh lebih baik ke depannya. #

Related posts