26.2 C
Jakarta
23 Jun, 2021.

Bisnis rental jadi pintu masuk untuk introduksi teknologi baru

Divisi rental dan used equipment PT Trakindo Utama menawarkan alat-alat yang dilengkapi teknologi-teknologi baru untuk mendukung mekanisasi di sektor forestry dan agriculture.

Di sektor forag, Trakindo tidak hanya menyewakan alat-alat berat tok, tetapi menawarkan mesin-mesin dengan tambahan teknologi untuk mekanisasi. Untuk memotong batang kayu ke ukuran-ukuran tertentu, misalnya, Trakindo menawarkan Harvester Head SP.

“Kami terus mencari teknologi-teknologi baru untuk dipasang pada unit-unit untuk disewakan dalam rangka mekanisasi sektor Forag,” kata Ivan Lie, Division Head Rental & Used Equipment PT Trakindo Utama kepada Equipment Indonesia beberapa waktu lalu. 

Menurut Ivan, sektor Forag bisa menjadi pendobrak untuk mencoba sesuatu yang baru dalam rangka mekanisasi. Namun, diakuinya, tidak mudah bagi Trakindo untuk meyakinkan para customer tentang pentingnya mekanisasi dengan menggunakan mesin-mesin berteknologi canggih.

Ivan menceritakan pengalaman Trakindo dalam membangun kerja sama mekanisasi dengan salah satu customer. Pelanggan itu sudah mencoba berbagai peralatan yang dibelinya sendiri untuk memotong kayu, tetapi hasilnya tidak memuaskan. Kemudian Trakindo menawarkan kepada customer itu untuk bereksperimen dengan Harvester Head SP.

“Eksperimen ini berlangsung selama tiga tahun dan sudah selesai. Setelah kontraknya berakhir, alat itu langsung dibeli oleh pelanggannya sendiri sebagai used equipment. Dan karena customer itu merasa proyeknya berhasil, kemudian ia langsung membeli beberapa unit hydraulic excavator Cat baru yang sudah dilengkapi dengan Harvester Head SP sebagai milik sendiri.”

Menurut Ivan, daripada customer investasi sendiri alat potongnya atau meminta kontraktor yang membelinya tetapi belum tahu hasil kerjanya seperti apa, bagaimana pemeliharaannya, Trakindo menawarkan alat rental yang sudah dilengkapi dengan mesin potong otomatis Harvester Head SP. “Para pelanggan tidak perlu pusing memikirkan investasi dan pemeliharaannya, karena hal itu sudah menjadi tanggung jawab Trakindo,” ujarnya meyakinkan.

Ivan mengatakan bisnis rental bisa menjadi pintu masuk untuk memperkenalkan teknologi-teknologi baru dalam rangka mekanisasi kepada para pelanggan. “Bagi Trakindo, investasi tersebut tidak menguntungkan awalnya. Namun hari ini, setelah eksperimen selama tiga tahun, kami sudah bisa menikmati hasilnya. Kami akhirnya bisa menjual lebih banyak unit baru yang dilengkapi dengan Harvester Head SP plus contract service. Jadi, kami mulai dengan rental sebelum akhirnya para pelanggan membeli mesin-mesin baru dari kami,” tutup Ivan merujuk pada pengalaman customer tersebut.

Related posts

005818
Users Today : 2022
Views Today : 10545
Total views : 157985
Who's Online : 138
Your IP Address : 3.235.223.5
Server Time : 2021-06-23