Alat Berat
Mining Press Release Top News

Komatsu luncurkan aliansi gas rumah kaca untuk kembangkan solusi berkelanjutan untuk tambang

Bekerja sama untuk berinovasi dengan cepat dalam mendukung target mengurangi karbon, Komatsu dan beberapa pelanggannya telah membentuk Komatsu Greenhouse Gas (GHG) Alliance. Anggota-anggota pendiri aliasi tersebut adalah Rio Tinto, BHP, Codelco dan Boliden.

Melalui kerangka kerja aliansi, para mitra GHG Komatsu akan bekerja sama secara langsung dengan Komatsu untuk  perencanaan produk, pengembangan, pengujian dan penggunaan peralatan serta infrastruktur pertambangan nol-emisi generasi berikutnya.

Target awal aliansi ini adalah memajukan konsep truk agnostik power dari Komatsu untuk kendaraan pengangkutan yang dapat berjalan di berbagai sumber daya yang meliputi elektrik diesel, elektrik, trolley (kabel), tenaga baterai dan bahkan sel bahan bakar hidrogen.

“Kami merasa terhormat bahwa pelanggan-pelanggan kami, beberapa perusahaan pertambangan terbesar di dunia, telah setuju untuk berpartisipasi dalam Komatsu GHG Alliance dan bekerja sama dengan kami untuk mengembangkan solusi-solusi pertambangan yang berkelanjutan. Kami berharap dapat menjalin kerja sama yang erat dengan para pemimpin industri ini untuk mempercepat pengembangan dan penyebaran peralatan level berikutnya yang dirancang untuk mengurangi gas rumah kaca karena operasi-operasi penambangan dan pada akhirnya mencapai tujuan penambangan tanpa emisi,” kata Masayuki Moriyama, presiden Divisi Bisnis Pertambangan Komatsu.

Pembentukan aliansi ini menyatukan para pemimpin pertambangan yang bersedia berbagi waktu, sumber daya, dan informasi untuk memberikan solusi-solusi peralatan tanpa emisi. Komatsu bermaksud untuk memperluas aliansi ke perusahaan-perusahaan pertambangan lain guna meningkatkan kolaborasi industri yang luas menuju solusi-solusi untuk dekarbonisasi.

Sebagai sebuah perusahaan, Komatsu berkomitmen untuk meminimalkan dampak lingkungan melalui bisnisnya, menargetkan pengurangan 50% emisi CO2 dari penggunaan produk-produk dan produksi peralatannya pada tahun 2030 (dibandingkan dengan level tahun 2010) dan target tantangan untuk mencapai netralitas karbon pada tahun 2050.

Komatsu telah bekerja untuk mengurangi emisi gas rumah kaca bagi pelanggan-pelanggannya melalui pengembangan produk inovatif selama beberapa dekade di banyak bidang termasuk dump truck diesel elektrik, shovel bertenaga ekektrik, kemampuan penyimpanan energi regeneratif dan program-program penghemat bahan bakar.

Konsep awal pabrikan ini untuk kendaraan pengangkutan yang dapat berjalan dengan memanfaatkan berbagai sumber daya, bagian dari pengembangan power agnostic, akan memulai debut resminya di MINExpo 2021 pada 13 September di Las Vegas. (Sumber: Komatsu)

Related posts

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More