26.1 C
Jakarta
Nov 21, 2019.
Image default

Cat® MineStar™ System, Solusi Untuk Efisiensi Operasi Tambang

PT. Trakindo Utama memperkenalkan Cat® MineStar™ System, yakni suatu sistem terintegrasi untuk  meningkatkan efisiensi operasi pertambangan. Bagaimana cara kerjanya? 

Produktivitas tinggi tetapi efisien adalah mantra di dunia bisnis, termasuk pertambangan. Berbagai cara dilakukan perusahaan untuk menekan biaya operasional, tetapi sebisa bisa mungkin tidak mengurangi tingkat produktivitas.

Kemajuan teknologi membuat upaya tersebut makin mudah. Digitalisasi di berbabagai sektor bisnis saat ini membuat proses bisnis menjadi lebih hemat, baik dari sisi biaya maupun waktu. Tren digitalisasi ini juga sudah merambah ke operasional pertambangan. Salah satunya adalah Cat® MineStar™ System, sebuah solusi digital untuk operasional pertambangan yang diperkenalakan Caterpillar, principal alat berat asal Amerika Serikat.

Di Indonesia, PT. Trakindo Utama sebagai dealer Caterpillar sudah aktif mempromosikan Cat® MineStar™ System kepada para pelaku industri tambang, terutama di kalangan para kontraktor. Pada ajang Mining Indonesia 2019 yang digelar di Jakarta International Expo Kemayoran, 18-21 September lalu, Cat® MineStar™ System menjadi salah satu produk teknologi yang diperkenalkan perusahaan ini kepada para pengunjung.

Kiswanto, Mining Product Lifecycle Manager Trakindo, menjelaskan Cat® MineStar™ System adalah sistem yang  terintegrasi untuk  mengefisienskan kegiatan  pertambangan. “Jadi, semua alat yang ada di lokasi  tambang bisa dimonitor dari office untuk  meningkatkan produktivitas, menurunkan biaya,  meningkatkan efisiensi. Tiga hal utama itu. Karena ujung-ujungnya adalah cost, mendapatkan semurah mungkin,” ujarnya kepada Equipment Indonesia saat ditemui pada Indonesia Mining 2019, Rabu (18/9).

Kiswanto mengatakan dengan Cat® MineStar™ System, operasinal pertambangan seperti pergerakan alat di lapangan dapat dipantau dari kantor. Misalnya aktifitas truk yang sedang loading atau sedang jalan. Isi muatannya juga akan ketahuan, termasuk fuel burn rate-nya berapa, bahan bakarnya tinggal berapa, dan bergerak ke mana, semua dilaporkan secara  real time.

“Kalau yang dulu kan berdasarkan laporan pengawas-pengawas di lapangan, sekarang semua real time. Sampai  bentuk tambang itu juga real time dilaporkan, sekuen tambang yang sudah terjadi, di mana yang sudah di-blasting, real time lapor ke office. Jadi, penambangan itu lebih efisien. Ujung-ujungnya efisien,” jelas Kiswanto.

Cat® MineStar™ System ini juga menjadi solusi untuk mengatasi antrian truk di lokasi tambang saat hendak loading. “Semua  kelihatan. Kalau truk-truknya terlihat kebanayakan, yang lain dipindahkan ke loading point yang lain. Sebaliknya, kalau kekurangan, ditarik dari yang lain. Jadi, operator  tinggal monitor. Dia akan mendapat perintah, termasuk ketika urutannya terlalu dekat, dia akan mendapat perintah  untuk mengurangi kecepatannya supaya jaraknya aman. Kalau truk yang satu sudah pergi truk berikutnya datang. Jangan  sampai numpuk,” ia menjelaskan.

Operator juga tidak perlu lagi repot-repot untuk menghitung sudah muat berapa kali karena semuanya sudah termonitor dan dilaporkan secara real time ke kantor.

Beragam fitur canggih

Cat® MineStar™ System memiliki sejumlah fitur yang dapat digunakan dalam sebuah kombinasi fitur komprehensif maupun secara terpisah. Fitur FLEET untuk melakukan manajemen armada dengan kemampuan untuk pelacakan dan penugasan terhadap semua jenis unit yang bekerja di banyak lokasi dengan dilengkapi data dan analisis yang detil secara real time.

Fitur TERRAIN menggunakan teknologi pemanduan canggih yang berguna untuk melakukan manajemen unit berbasis data sistematis yan tepat waktu. Fitur ini efektif untuk aplikasi pengeboran, dragline dan pemuatan (loading) dengan tingkat presisi yang tinggi.

Fitur DETECT untuk meningkatkan kewaspadaan operator terhadap keselamatan berkendara. Dilengkapi dengan sensor canggih, fitur ini mampu meniningkatkan deteksi pada daya pandang yang terbatas di sekitar unit yang bergerak maupun tidak bergerak.

Fitur HEALTH untuk memantau kesehatan mesin secara komprehensif, memberi laporan data kerja unit secara terus menerus sehingga dapat mengidentifikasi potensi masalah dari unit tersebut sebelum terjadi kerusakan.

Fitur COMMAND, memungkinkan pengendalian penambangan jarak jauh, baik secara semi-otonom atau otonom penuh, dengan teknologi revolusioner membantu  bekerja dengan aman dan produktif di berbagai lingkungan yang menantang.

Kiswanto mengatakan Cat® MineStar™ System cocok digunakan para kontraktor pertambangan. “Pasar utama, tentu kontraktor-kontraktor tambang karena mereka dibayar berdasarkan jumlah material yang dipindah. Juga pemilik tambang seperti KPC, karena dia sebagai owner, juga kerja  FBD, dia juga punya sub kontraktor yang lain,” ujarnya.

Menurutnya, pengadaan sistem digital ini tidak terlalu membebani keuangan kontraktor. Tanpa menyebut jumlahnya, ia mengatakan investasi yang dibutuhkan relatif kecil, tidak semahal membeli alat berat. “Kecil jumlahnya (tambahan  inevstasi) dibandingkan harga alat. Tetapi imbal hasilnya lebih besar. Manfaat yang mereka peroleh lebih  besar, karena semuanya jadi efisien. Semuanya terpantau,” ungkapnya.

Lalak Budiman, Mining Product Engineer Senior Specialist Trakindo menambahkan sejumlah kontraktor tambang besar di Indonesia sudah antusias menggunakan sistem digital ini. Menurutnya, seiring dengan revolusi teknologi 4.0 banyak kontraktor tambang yang juga ingin agar operasi pertambangan didigitalkan. “Tidak mau lagi manual, atau secara tradisional. Jadi, memang  sudah banyak customer kami yang mengarah ke digitalisasi,” tutupnya. #

Related posts

Ini catatan untuk produsen-produsen China dari Conexpo 2017

admin

Operasi Senyap Bucket Crusher MB-50

William Syukur

Mengintip Flatbed Trailer Patria