27 C
Jakarta
Apr 5, 2020.
Construction EQ Equipment Feature Mining EQ Top News

Liebherr Ingatkan Pasar 2020 Lebih Menantang

Booth Liebherr Group pada Bauma Fair 2018 di Munich, Jerman

Meski membukukan pertumbuhan omset yang sehat sepanjang 2019, Liebherr memberi sinyal bahwa kondisi pasar pada 2020 akan lebih menantang. Hal itu disampaikan tim manajemen Liebherr Group saat berbicara dalam konferensi pers selama “International Construction Trade Media Information Tour Liebherr” beberapa waktu lalu.

“Sangat luar biasa bahwa pada tahun 2019 kami mencapai target pertumbuhan. Namun demikian, permintaan (mesin) sedikit melambat. Ini mungkin berdampak terhadap omset penjualan yang sedikit lebih rendah pada tahun 2020,” kata Andreas Böhm, anggota dewan direksi Liebherr Group, seperti dilansir dari www.aggbusiness.com. Menurutnya, pertumbuhan seperti ini tidak mungkin berlanjut hingga tahun depan. 

Grup asal Jerman yang dikenal sebagai salah satu produsen alat berat konstruksi terbesar di dunia ini memecahkan rekor penjualan pada tahun 2018 dengan mencapai omset lebih dari €10,5 miliar. Pada paruh pertama tahun 2019 omset perusahaan ini telah mencapai lebih dari €5,7 miliar – meningkat 12,4% dari €5 miliar yang dicatat pada paruh pertama tahun 2018. 

Rombongan wartawan yang ikut dalam “International Construction Trade Media Information Tour Liebherr” (Dok. Liebherr)

Böhm mengatakan Liebherr Group telah mengalami pertumbuhan di hampir semua wilayah sepanjang tahun 2019, terutama di Amerika, yang mengimbangi penurunan omset penjualan di pasar Afrika, Timur Dekat dan Timur Tengah. 

“Satu-satunya area di mana kami mengantisipasi bakal terjadi penurunan adalah dalam investasi kami, yang diperkirakan sekitar 25% kurang dari 2018. Meski penurunannya terlihat signifikan, penting untuk dicatat bahwa investasi kami pada 2018 lebih tinggi daripada tahun-tahun sebelumnya,” kata dia.

“Terlebih lagi, bahkan tingkat investasi kami yang lebih ‘rendah’ pada 2019 akan menjadi sekitar 5%, yang secara signifikan masih jauh di atas rata-rata industri. Kami terus berinvestasi besar-besaran pada fasilitas-fasilitas manufaktur internasional dan dalam jaringan penjualan serta layanan kami.”

Böhm mencontohkan investasi Liebherr pada fasilitas-fasilitas baru di seluruh Cina untuk memenuhi permintaan yang meningkat dari pelanggan-pelanggan Cina. Cina mewakili pasar penting bagi Grup— dan menurutnya, peluang di negeri tirai bambu itu untuk solusi-solusi ditawarkannya sedang tumbuh.

“Dengan model pertumbuhan Cina yang bergeser dari pertumbuhan kuantitatif ke pertumbuhan kualitatif, ada lebih banyak permintaan untuk produk-produk yang mengutamakan kualitas dan keberlanjutan – dua nilai yang merupakan inti dari Grup kami,” ujarnya. 

Böhm mencatat bahwa investasi Liebherr Group baru-baru ini di Cina termasuk pendirian Liebherr-Transportation Systems (China) Co., Ltd, yang akan mengembangkan, memproduksi dan menservis komponen-komponen dan sistem-sistem untuk bisnis transportasi Liebherr di Cina, yang dianggap sebagai pasar transportasi kereta api terbesar di dunia. Perusahaan baru ini juga akan memproduksi sistem pendingin udara yang ramah lingkungan, sistem aktuasi elektro-hidrolik dan teknologi pendinginan berkinerja tinggi.

Di divisi Gear Technology & Automation Systems, Liebherr membuka lokasi produksi baru di Yongchuan. Fasilitas baru ini mendukung tujuan Liebherr untuk memberikan nilai tambah langsung di Tiongkok dan kedekatannya dengan pelanggan-pelanggan Tiongkok, yang menjadikan Cina salah satu pasar paling penting Liebherr untuk gear cutting machines dan system otomasi.

Juga di China adalah kerja sama baru antara Liebherr-Components dan Shanghai Diesel Engine Co. Ltd., anak perusahaan dari produsen kendaraan dan komponen terbesar di China, SAIC Motor Corporation Limited. Melalui kerja sama ini, Liebherr akan memasok sistem injeksi hidroliknya untuk digunakan pada pembangkit listrik terdesentralisasi untuk menghasilkan off-highway engine baru berkinerja tinggi.

“Semua investasi ini membantu memposisikan Liebherr untuk melayani pelanggan dengan lebih baik di seluruh dunia, sekaligus menjadi lebih dekat dengan pasar di mana kami melihat pertumbuhan yang signifikan,” kata Böhm.

Meski pencapaian Liebherr sejauh ini membanggakan sehingga memberi alasan untuk optimistis ke depan,  Böhm menekankan bahwa pertumbuhan global tetap lemah, dengan tingkat pertumbuhan diperkirakan 3,2%. Rilis PDB sejauh ini tahun ini, bersama-sama dengan inflasi yang umumnya melemah, katanya, mengarah pada aktivitas global yang lebih lemah dari perkiraan.

Sementara itu, Böhm mengatakan bahwa pergeseran-pergeseran di arena politik juga berdampak pada pertumbuhan pasar. Dia melanjutkan, “Ketegangan perdagangan dan teknologi AS-Cina yang makin meningkat, serta ketidakpastian yang berkepanjangan tentang Brexit, berarti memperlambat momentum dalam aktivitas global pada paruh pertama tahun 2019. Meski ada kejutan positif untuk pertumbuhan di negara maju, kita telah melihat aktivitas yang lebih lemah dari yang diperkirakan di pasar negara berkembang dan ekonomi berkembang, termasuk tingkat pertumbuhan 6,2% yang diproyeksikan di Asia.

“Pola-pola pengeluaran juga tercermin dalam perdagangan global, yang cenderung intensif dalam barang-barang investasi dan barang konsumen. Pertumbuhan volume perdagangan turun menjadi sekitar 0,5% year-on-year pada kuartal pertama 2019 setelah turun di bawah 2% pada kuartal keempat 2018.”

International Construction Trade Media Information Tour Liebherr pada 24-25 Oktober lalu diselenggarakan bersama oleh fasilitas-fasilitas Liebherr di Kirchdorf di Iller, Jerman, dan Nenzing, Austria. Di antara mesin-mesin pre series dan prototipe yang dipamerkan selama acara tersebut adalah tiga articulated hauler TA320 pra seri 30-ton (27 ton) dan LB 16 unplugged piling rig, yang disebut-sebut sebagai tiang pancang pertama yang bertenaga baterai di dunia. Model ini awalnya ditampilkan pada pameran bauma 2019 di Munich, Jerman. #

15 total views, 2 views today

Related posts