26.1 C
Jakarta
Nov 21, 2019.
Image default

Mengintip Kompetisi Loader XCMG di Indonesia

Mengapa Indonesia menjadi lokasi pertama penyelenggaraan turnamen “Shovel Industry Heroes” XCMG di kawasan Asia Pasifik?

XCMG menyelenggarakan turnamen wheel loader bertajuk “Shovel Industry Heros”, Rabu (25/9/2019) di kawasan Kamal, Jakarta Barat. Bekerja sama dengan dealer XCMG, PT. Gaya Makmur Tractors, kompetisi ini melibatkan operator-operator dari para pelanggan loader XCMG yang berasal dari berbagai daerah yang bekerja di beragam industri. Acara ini dibuka oleh perwakilan divisi Shovel Machinery XCMG, Wang Ying; yang didampingi Rachmansyah, Director PT. Gaya Makmur Putra, anak usaha GMT Group yang mengageni produk-produk XCMG di Indonesia. Turut hadir dari PT. Gaya Makmur Tractors Tjandi Mulyono, President Director dan Frankie Makaminang selaku Direktur Pemasaran & Penjualan.

Turnamen Pahlawan Industri Loader mulai diadakan pada 2016. Tujuannya adalah untuk menunjukkan kepada para master shovel kemampuan teknik yang luar biasa dalam mengoperasikan loader. “Tujuan penyelenggaraan turnamen ini adalah untuk mendapatkan ‘Pahlawan-pahlawan Industri Loader’, sebagai salah satu kegiatan penting dalam memasarkan merek Internasional XCMG,” kata Wang Ying kepada Equipment Indonesia di sela-sela acara tersebut. Ia telah mempersiapkan hadiah menarik bagi para peserta yang bisa memenangkan kompetisi ini berupa kunjungan ke pabrik pintar XCMG di Xuzhou, China.

Turnamen ini merupakan salah satu bagian dari internasionalisasi brand XCMG. Ia mengatakan, salah satu strategi inti XCMG Group adalah internasionalisasi merek XCMG seiring dengan terus bertambahnya produk-produk XCMG yang terlibat dalam pembagunan di berbagai negara. Sejak Januari hingga Juli 2019, hasil penjualan ekspor XCMG telah mencapai angka lebih dari USD 800 juta, dan menjadi pemain terdepan dalam persaingan industri alat berat China.

Di China, lanjut Wang Ying, merek XCMG merupakan jaminan kualitas, terutama pada industri loader China. “XCMG selalu menjadi pemimpin terdepan. Kinerja ekspornya lebih menonjol. Selama 30 tahun berturut turut XCMG telah mempertahankan prestasi ekspor nomor satu di industri alat berat,” ungkapnya.

Ketika ditanya mengapa XCMG memilih Indonesia sebagai pasar pertama di Wilayah Asia Pasifik untuk penyelenggarakan turnamen para jagoan loader XCMG ini, Wang Ying mengatakan kinerja mesin-mesin wheel loader XCMG telah berhasil menarik perhatian pasar di Indonesia, yang telah menduduki peringkat pertama dalam industri loader selama 5 tahun berturut-turut.

Untuk terus mendorong penjualan mesin-mesin loader ini, pada tahun 2019 industri loader XCMG mengusulkan Strategi Internasionalisasi “One Billion RMB”. Strategi ini tidak hanya mencakup strategi penjualan loader, tetapi juga untuk memperkuat dan konsolidasi penjualan aftermarket, peningkatan suku cadang, pelayanan after sales, dan XCMG dapat terus berkembang di wilayah Asia Pasifik selama bertahun-tahun ke depan. Pada tahun 2018, hasil ekspor XCMG di wilayah Asia Pasifik telah meningkat sebesar 32%, jauh lebih tinggi daripada pertumbuhan ekspor industri alat berat.

Dalam kurun waktu 30 tahun terakhir, ekspor XCMG mengalami pertumbuhan pesat di wilayah Asia Pasifik. Hingga saat ini, total penjualan loader sudah melebihi 2000 unit. Total penjualan suku cadang sudah mencapai USD 30 juta, jumlah pemesanan suku cadang di pasar luar negeri sudah mencapai 6 juta. Loader dengan kapasitas sedang dan besar sangat diminati oleh pasar Indonesia.

Untuk semakin meningkatkan pasar loader XCMG di wilayah Asia Pasifik, XCMG telah membentuk tim Global Million Miles Service untuk mencapai strategi “One Billion RMB” loader XCMG. “Dengan meningkatkan kualitas after sales market, diharapkan jumlah penjualan dan kualitas servis purna jual bisa mengalami peningkatan,” ujar Wang Ying.

Untuk wilayah Asia Pasifik, lanjutnya, XCMG akan dengan penuh semangat mengembangkan seluruh pasar alat berat XCMG dalam kurun waktu 3 tahun ke depan, meningkatkan layanan after sales market, menstabilkan penjualan loader XCMG di wilayah Asia Pasifik, meningkatkan market share dan kepuasan para customer. #

Related posts

Sumitomo Pamerkan Excavator Buatan Indonesia

SELF-LOADING MOBILE CONCRETE BATCHING VEHICLES FIORI

Hinabi Targetkan Produksi 6.000 Alat Berat Tahun Ini