26.2 C
Jakarta
25 Okt, 2021.

Komitmen LiuGong Menjadi Pemain Kunci di Indonesia

LiuGong memperkuat komitmennya di Indonesia dengan menawarkan pendekatan baru, yaitu tumbuh bersama pelanggan dengan menyediakan solusi menyeluruh untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan peralatan mereka.

 

“Pasar alat berat di Indonesia sedang mengalami perubahan karena pandemi COVID-19. Kondisi ini memberi peluang besar kepada LiuGong untuk mencapai pertumbuhan yang signifikan. Segmen-segmen khusus seperti konstruksi, pertambangan dan perkebunan adalah beberapa prioritas tinggi bagi LiuGong. Dengan fokus pada segmen-segmen itu dan beberapa proyek yang sedang kami kembangkan, kami yakin dalam waktu dekat LiuGong akan menjadi salah satu pemain kunci di Indonesia,” kata Hadityo Sugiarto, Deputy General Manager PT. LiuGong Machinery Indonesia, menjelaskan niat di balik inisiatif LiuGong di Indonesia.

LiuGong Machinery Indonesia merupakan anak usaha dari LiuGong Machinery Co. Ltd (LiuGong), salah satu produsen alat berat terkemuka dunia. Perusahaan yang diresmikan pada awal tahun 2020 ini merupakan anak usaha ke-13 LiuGong di luar negeri. Pabrikan yang bermarkas di Liuzhou, Cina ini memproduksi beragam tipe alat berat, di antaranya, Excavator, Wheel Loader, Motor Grader, Bulldozer, Backhoe Loader, Skidsteer Loader, Dump Truck, Compactor, Paver, Crane dan Forklift.

Hadityo menyatakan optimis tentang pertumbuhan pasar alat berat di Indonesia. “Pemerintah terus berusaha keras membangkitkan berbagai sektor bisnis di Indonesia dengan mengeluarkan beberapa kebijakan yang diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan riil yang akan terjadi dalam waktu dekat. Kami sangat optimis bahwa kebijakan-kebijakan itu akan segera menjadi energi positif bagi para pemain di industri-industri terkait untuk terus tumbuh ke depannya,” ungkapnya.

Mengantisipasi pertumbuhan bisnis alat berat di tanah air, LiuGong sudah secara konsisten terus berinvestasi, bahkan selama periode yang sangat menantang saat ini.

Tawarkan mesin pintar

LiuGong Soil Compactor

Menyadari peran teknologi yang makin penting di industri alat berat, LiuGong terus mengintegrasikan teknologi digital ke dalam berbagai peralatannya, dengan meluncurkan mesin-mesin seri “Pintar”. Sebagai salah satu produsen alat berat terkemuka dunia, LiuGong terus memanfaatkan teknologi digital dengan mengintegrasikan informasi dan teknologi dalam produk dan layanannya.

Menurut Hadityo, ke depan teknologi digital akan sangat memengaruhi kehidupan dan operasi perusahaan lebih dari yang dapat kita bayangkan. “Di LiuGong, kami telah menyesuaikan pertumbuhan teknologi melalui integrasi teknologi digital ke dalam peralatan yang kami tawarkan dengan tujuan untuk lebih meningkatkan produktivitas, keandalan, dan efisiensi mesin-mesin kami sehingga para pelanggan mendapat manfaat melalui peningkatan profitabilitas,” ujarnya.

Adapun perangkat Teknologi Digital yang sudah dikembangkan LiuGong saat ini adalah Telematic System LiuGong iLink yang dapat menyediakan berbagai informasi secara real-time kepada para customer.

“Informasi-informasi yang dapat diberikan oleh LiuGong iLink meliputi empat (4) fitur utama yaitu: Mapping & Tracking (posisi unit dan status unit), Utilization Report (jam kerja mesin dan konsumsi bahan bakar), Assets (pembatasan wilayah, pembatasan jam kerja dan penguncian mesin), dan Service Management (data alarm dan pengingat service). Harapan kami iLink ini dapat menjadi solusi manajemen alat berat bagi para customer untuk meningkatkan produktifitas dan menurunkan biaya-biaya mereka,” jelas Hadityo.

Bangun jaringan dealer dan aftermarket support yang excellent

LiuGong secara aktif terus membangun jaringan dealernya di Indonesia untuk memaksimalkan distribusi berbagai produk, layanan purna jual, dan dukungan pelanggan. Perusahaan ini memastikan untuk memberikan layanan prima kepada seluruh pelanggan di berbagai sektor dan segmentasi.

Hadityo menekankan pentingnya hubungan kerjasama yang solid dengan seluruh dealer sebagai kunci sukses LiuGong di tanah air. Dealer-dealer LiuGong, kata dia, memiliki pengalaman, semangat dan dedikasi yang tinggi dalam melayani kebutuhan-kebutuhan para pelanggan serta menjaga investasi pelanggan-pelanggan LiuGong di Indonesia. Mereka akan bekerja all-out untuk memastikan kepuasan para pelanggan.

“Kalau saya bisa jelaskan secara singkat; LiuGong itu jelas. Jelas support-nya, yaitu langsung dari LiuGong Indonesia, yang akan memastikan produk-produk kami kompetitif dan dealer-dealer kami memastikan investasi Anda tetap produktif yang pada akhirnya menguntungkan,” ungkapnya meyakinkan.

Hadityo menjelaskan bahwa pendekatan LiuGong adalah tumbuh bersama dengan pelanggan. “LiuGong akan membantu para pelanggan untuk memilih alat-alat berat yang tepat untuk aplikasi-aplikasi yang tepat sebagai prioritas pertama – menyoroti efisiensi pengoperasian alat dan perawatan.

“LiuGong percaya bahwa dalam bisnis ini kami tidak hanya puas pada saat penjualan mesin pertama, tetapi menyediakan solusi total, di antaranya, program terintegrasi yang fokus pada aftermarket dan penyediaan suku cadang untuk segera disuplai. Hal ini terbukti dengan kepercayaan yang terus meningkat dari para loyal customer kami, bahkan beberapa pemain atau pelanggan berskala besar mulai memercayakan investasi mereka  pada produk-produk LiuGong, dan ini merupakan kepercayaan dan tanggung jawab yang perlu kami jaga,” tuturnya.

LiuGong juga terus berusaha mendekatkan diri kepada para pelanggan dengan meningkatkan fasilitas-fasilitas layanan purna jual. Upaya ini dimaksudkan  untuk mendukung dealer-dealer dan para pelanggan serta terus mempercepat respon terkait pasokan suku cadang.

Saat ini LiuGong sudah memiliki layanan Customers Service 24 jam LiuGong Care Call Center di nomor 0800 1888 009. “Layanan ini mencakup kontak dengan teknisi ahli yang akan semaksimal mungkin menjaga mesin-mesin Anda tetap beroperasi, dengan alat-alat yang bekerja minimal delapan hingga 10 jam sehari.  LiuGong memahami pentingnya respon dan solusi cepat sesuai kebutuhan para pelanggan,” ia menjelaskan.

Memberikan solusi total yang responsif

Hadityo Sugiarto, Deputy General Manager PT. LiuGong Machinery Indonesia. Dok. Pribadi

Di tengah situasi bisnis yang menantang saat ini karena pandemi COVID-19, beberapa perusahaan di industri tambang, konstruksi dan perkebunan berusaha semaksimal mungkin untuk menekan biaya investasi mereka. LiuGong menilai kondisi ini sebagai satu kesempatan bagi mereka untuk mendapatkan peralatan yang tepat. LiuGong menawarkan solusi-solusi peralatan yang mampu memenuhi tuntutan-tuntutan para customer.

Selain itu, untuk mendukung kelancaran pekerjaan para pelanggan, LiuGong memiliki stock management yang sistematis sehingga product availability terjamin. “Untuk memperkuat coverage dan participation rate LiuGong di segmen menengah dan atas, kami juga telah memiliki stock management yang sistematis untuk membantu distributor-distributor kami memastikan product availability mesin-mesin LiuGong tetap tersedia,” kata Hadityo.

Ia menambahkan, konsep pengembangan bisnis LiuGong adalah proses tanpa akhir untuk menjawab berbagai tantangan yang dihadapi para pelanggan di industri-industri terkait. “LiuGong menawarkan solusi lengkap dan menyediakan berbagai pelatihan penuh, tidak hanya bagi para dealer tetapi juga pelanggan-pelanggannya. LiuGong juga memantau efisiensi mesin-mesin para pelanggan serta menyediakan suku cadang dan layanan yang baik. Kami juga menawarkan lini produk yang lengkap untuk sektor-sektor utama di Indonesia dan berkomitmen untuk mengembangkan segmen-segmen ini melalui penyediaan produk-produk yang tepat, edukasi yang cukup, customers experience, serta layanan purna jual yang terpercaya.”

Komitmen inti LiuGong adalah untuk memberikan layanan terbaik bagi para customer dengan membuktikan pengalaman globalnya di Indonesia. Seperti yang Hadityo simpulkan: “Kami ingin pelanggan-pelanggan kami tahu bahwa kami tidak hanya di sini untuk menjual mesin-mesin tetapi untuk mendukung mereka sepenuhnya. Apa yang penting buat pelanggan, maka akan menjadi prioritas buat LiuGong.” EI

Related posts