26.2 C
Jakarta
25 Okt, 2021.

Monitor Jarak Jauh Memuluskan Manajemen Sistem Pelumasan Otomatis

Pemantauan nirkabel dengan FLOlink meningkatkan efisiensi sistem pelumasan otomatis. Foto: Flo Components

Sistem pelumasan otomatis (automatic lubrication system) telah membantu menghilangkan pekerjaan harian yang kadang-kadang membosankan bagi operator dan mekanik yang bekerja dengan alat berat. Aplikasi sistem pelumasan otomatis ke titik-titik yang diperlukan pada sebuah mesin membantu menghemat waktu dan membuat perawatan tetap up to date dengan lebih efektif.

Sementara itu, keinginan untuk mengumpulkan lebih banyak data tentang pemeliharaan dan operasi peralatan telah mendorong pertumbuhan penggunaan telematika. Lebih banyak permintaan akan detail yang dapat membantu dalam merencanakan program-program pemeliharaan preventif mendorong pengembangan peluang pemantauan jarak jauh – termasuk yang terkait dengan sistem pelumasan otomatis.

Salah satu contohnya adalah FLO Components, produsen sistem pelumasan otomatis, yang telah memperkenalkan FLOlink, program telematika pemantauan jarak jauh independen yang dirancang khusus untuk memberi kepada para pelanggan gambaran tentang sistem pelumasan otomatis di seluruh armada mereka.

Menurut wakil presiden FLO Mike Deckert, perusahaan itu mulai mengembangkan telematika untuk sistemnya setelah melihat produsen-produsen peralatan menambahkan semakin banyak teknologi baru ke mesin-mesin mereka.

“Kami mulai memasukkan peringatan-peringatan sistem pelumasan untuk tingkat rendah dan kegagalan pelumasan pada telematika mesin, tetapi ketika Anda mulai melihat laporan yang muncul, ada halaman demi halaman informasi yang disajikan,” kata Deckert. Para pelanggan, kata dia, ingin tahu apa yang terjadi dengan sistem pelumas mereka. Hal itu mendorong perusahaan ini mengembangkan produk yang akan memantau sistem pelumasan ketika kondisinya memburuk atau performanya rendah.

Servis rutin penting untuk sistem pelumasan otomatis

FLOlink adalah modem yang menempel pada sistem pelumasan otomatis yang ada untuk memantau beberapa kondisi operasi. Foto: Flo Components

Sistem pelumasan otomatis memiliki reservoir yang dipasang pada titik pelumasan alat berat, dipasangkan dengan pengatur waktu dan pengontrol, yang mendistribusikan pelumas secara teratur.

Sistem ini merupakan perubahan besar dari hari-hari ketika mekanik atau operator mesin mungkin merangkak di atas dan di bawah peralatan dengan pistol gemuk, secara manual mengoleskan gemuk ke titik-titik kritis.

Namun, sistem otomatis tidak dapat bekerja sendiri – sistem tersebut masih perlu diservis dan diisi ulang untuk memastikan bahwa sistem itu dapat mengikuti pekerjaan pelumasan yang diperlukan. Di situlah FLOlink masuk.

“Ada dua hal yang kami cari. Satu adalah level reservoir – yang kami sebut level rendah – dan yang lainnya adalah kegagalan pelumasan: apakah sistem pelumasan berfungsi atau tidak,” urai Deckert, seperti dikutip Heavy Equipment Guide, Senin (23/8). “Jika tidak berfungsi, kalau terjadi kegagalan, saluran yang tersumbat atau semacamnya, maka kami ingin mengetahuinya.”

FLOlink bekerja dengan semua model sistem pelumasan otomatis FLO. Sebuah modem terhubung ke sistem yang terkoneksi ke sensor-sensor dan  melacak status sistem saat ini. Ketika situasi tertentu, seperti terdeteksi indikasi tingkat rendah atau kebutuhan akan layanan, sistem ini dapat mengirimkan peringatan ke personel servis melalui email. Misalnya, jika sistem melaporkan bahwa pelumasnya rendah, email akan dikirim dan manajer armada kemudian dapat mengirim personel servis mereka untuk segera mengisi tangki pelumas – sebelum ada potensi kerusakan yang memburuk pada mesin.

Manajer dan pemilik armada juga mendapatkan manfaat tambahan: FLOlink memungkinkan mereka untuk mudah mengetahui kesehatan sistem pelumasan tidak hanya pada satu alat berat, tetapi di seluruh armada, kata Deckert. Dengan begitu mereka dapat menentukan apakah setiap insiden tertentu memerlukan truk pelumas atau mekanik dan memungkinkan mereka untuk melacak kebutuhan pelumasan mereka dengan lebih baik di seluruh armada.

FLOlink merupakan modem yang menempel pada sistem pelumasan otomatis yang ada untuk memantau beberapa kondisi operasi.

Pelumasan dan perawatan adalah bagian penting dari perawatan mesin, tetapi terkadang bisa terlewatkan. Untuk itu, FLOlink menyediakan perangkat yang berguna yang membantu meningkatkan jadwal dan proses perawatan untuk semua ukuran armada, apa pun program perawatannya. Itu pesan utama yang selalu ditawarkan kepada pemilik alat.

FLOlink membantu dalam pelatihan dan perencanaan pemeliharaan dengan menyediakan alat bagi para kontraktor yang mengutamakan pelumasan peralatan baik bagi para manajer maupun operator alat, kata Deckert. (Flo Components/Heavy Equipment Guide)

Related posts