31.6 C
Jakarta
14 Mei, 2021.

Sany Luncurkan Truk Bertenaga Hidrogen

SANY baru-baru ini memproduksi  dump truck dan mixer truck bertenaga sel bahan bakar hidrogen. Bagaimana performanya?

Sany Group melakukan terobosan baru dengan memproduksi kendaraan-kendaraan bertenaga sel bahan bakar hydrogen. Kendaraan-kendaraan yang terdiri dari dump truck dan mixer truck itu sudah meluncur dari jalur produksi perusahaan itu pada fasilitas manufakturnya di Changsa, China.

Sany mengklaim mixer truck buatannya sebagai yang pertama di dunia yang menggunakan bahan bakar hidrogen. Seorang anggota tim R&D Sany yang bekerja pada kendaraan-kendaraan konstruksi menyebutkan salah satu keuntungan utama menggunakan hidrogen sebagai sumber tenaga adalah berkurangnya emisi yang dihasilkan. Satu-satunya emisi hidrogen adalah panas dan uap air.

Sebagaimana diketahui, China saat ini menargetkan netralitas karbon pada tahun 2060. Sany menawarkan kendaraan-kendaraan tanpa emisi itu untuk memungkinkan pelanggan-pelanggan China memenuhi target pengurangan emisi tersebut.

Selain tanpa emisi, Sany dalam rilisnya (26/3/2021) menyebutkan beberapa manfaat lain dari produk-produk bertenaga sel hydrogen, di antaranya:

  • Masa pakai baterai yang lama: Satu set silinder hidrogen dengan kapasitas gabungan 1.680 L memastikan jarak mengemudi lebih dari 500 km (310,7 mil.), memberikan rasa aman kepada para sopir ketika hendak melakukan perjalanan jauh.
  • Lebih banyak tenaga: Dengan motor penggerak yang torsinya besar dan gearbox AMT, tumpukan sel bahan bakar berdaya tinggi ini memiliki tingkat konversi energi lebih dari 50%. Kendaraan-kendaraan ini menunjukkan tingkat akselerasi yang tinggi dan kapasitas yang besar melewati tanjakan.
  • Kemampuan yang lebih baik dalam beradaptasi dengan perubahan cuaca: Sistem manajemen panas terintegrasi melakukan pemanasan dan pendinginan otomatis dalam kondisi cuaca panas dan dingin untuk mempertahankan kinerja yang optimal.
  • Pertimbangan-pertimbangan keamanan ekstra: Fungsi-fungsi seperti proteksi panas yang tinggi, proteksi arus berlebih, alarm tekanan rendah, serta deteksi dan kontrol kebocoran dalam sistem suplai hidrogen menjamin pengalaman berkendara tanpa khawatir.

Mengomentari Sany dalam mengembangkan truk-truk ini, Li Tanbo, deputy general manager Unit Bisnis Crane Sany, mengatakan pabrikan ini telah memasuki fase baru di mana pengembangan mesin-mesin konstruksi mengarah pada penerapan teknologi-teknologi peralatan cerdas yang ramah lingkungan.

SANY berencana untuk menjadi penyedia solusi bahan bakar hidrogen terlengkap dan produsen kendaraan listrik konstruksi nomor satu di China dalam waktu 5 tahun ke depan. (Sumber: Sany Global)

Related posts

346345
Users Today : 704
This Year : 58805
Total Users : 345645
Views Today : 8460
Total views : 8970920
Who's Online : 18
Your IP Address : 3.236.222.124
Server Time : 2021-05-14