Equipment APP.
Aftermarket Construction EQ Mining Top News

Sekolah Mekanik Nusantara Cetak Mekanik Andal

Didorong oleh tekad untuk mencetak lebih banyak mekanik alat berat pertambangan yang andal dan mengantisipasi krisis tenaga teknisi yang profesional pada masa mendatang, Perkumpu­lan Tenaga Ahli Alat Berat Indone­sia (PERTAABI) mendirikan Sekolah Mekanik Nusantara (SEMESTA) di Balikpapan, Kalimantan Timur.

Sekolah Mekanik Nusantara atau yang lebih dikenal dengan SEMESTA baru-baru ini menyelenggarakan Wisuda Batch II untuk 15 orang siswa yang telah menyelesaikan Proses Pendidikan Pelatihan selama tiga bulan sejak Januari hingga Maret 2024.  Mereka dinyatakan lulus setelah dididik dan dilatih secara khusus untuk menjadi mekanik-mekanik yang kompeten dan andal. Program Pendidikan dilakukan secara profesional oleh instruktur handal dan berpengalaman.

SEMESTA membekali siswa-siswanya dengan berbagai kompetensi, baik hard skill maupun soft skill. Untuk melatih kedisiplinan para peserta, misalnya, sekolah ini menyelenggarakan program Bintalsik (Pembinaan Mental dan Sikap) yang merupakan salah satu materi soft skill untuk meningkatkan kedisiplinan, loyalitas, kerjasama, rasa memiliki serta mental yang tangguh dalam melaksanakan tugasnya kelak sebagai seorang mekanik.

Tommy N. Wisudawan, Ketua Yayasan SEMESTA, dalam sambutannya berpesan kepada para peserta BMC Batch II Tahun 2024 ini agar ilmu dan skill yang sudah dibekali oleh tim pengajar yang profesional mampu menjadi nilai jual serta meningkatkan soft skill dan keahlian mereka di bidang heavy equipment maintenance. Dia menyatakan sangat bangga karena para lulusan BMC Batch II ini sudah langsung mendapatkan OJT di perusahaan kontraktor tambang terkemuka.

Acara wisuda para calon mekanik andal di SEMESTA merupakan suatu kebanggaan bagi Perkumpu­lan Tenaga Ahli Alat Berat Indone­sia (PERTAABI), khususnya Regional Kalimantan Timur. SEMESTA yang diresmikan pada 31 Oktober 2023 itu lahir dari kesadaran perlunya membangun sekolah khusus  untuk mendidik dan melatih para siswa supaya memiliki kompetensi sebagai mekanik alat berat pertambangan. Kehadiran sekolah yang terletak di Ruko Maple, Blok B No. 10, Kompleks Borneo Par­adiso, Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur ternyata mendapat sambutan positif dari masyarakat. Terbukti, sejak Batch I, jumlah peminatnya terus bertambah.

Baca Juga :  Cat® 320 GX, Investasi Tepat Mengembalikan Modal Lebih Cepat

Indonesia merupakan pasar alat berat terbesar di kawasan Asia Tenggara hingga saat ini. Tingginya kebutuhan barang-barang modal tersebut di Tanah Air digerakkan oleh pesatnya pertumbuhan industri pertambangan batu bara maupun nikel dan mineral lainnya, di samping permintaan dari sektor konstruksi, perkebunan dan lain-lain. Tidak heran beragam merek alat berat menyerbu pasar nasional.

Sayangnya, di tengah eforia pasar itu, industri alat berat justru mengalami krisis tenaga kerja, khususnya tenaga mekanik. Padahal kompetensi mekanik sangat diperlukan untuk memastikan alat-alat berat terus berjalan dan produktif sebab mereka yang akan melakukan pemeliharaan proaktif, mendiagnosa persoalan-persoalan yang ada, melakukan servis berdasarkan spesifikasi pabrikan, hingga turun mesin (overhaul). Para mekanik juga memainkan peran penting dalam memastikan lokasi-lokasi kerja tetap aman dan pekerjaan diselesaikan sesuai jadwal.

Kondisi tersebut menuntut para mekanik alat berat dididik dan dilatih secara khusus supaya benar-benar kompeten dan profesional. Alat berat, apalagi mesin-mesin tambang, merupakan barang modal yang harus selalu dalam kondisi prima dan produktif. Jika perawatannya tidak teratur atau servisnya tidak sesuai panduan pabrikan, mesin-mesin itu beresiko lebih sering mengalami downtime.

Di Sekolah Mekanik Nusantara para siswa belajar teori dan praktek tentang teknik alat berat, sehingga, setelah lulus, kompetensi mereka semakin tinggi. Lulusan SEMESTA diharapkan memiliki kompetensi unggul sesuai dengan kebutuhan dasar teknisi alat berat pertambangan dan industri, untuk menjawab tantangan, peluang dan daya saing.

Ketua Harian SE­MESTA yang juga Ketua Pertaabi Regional Kaltim, Totok Haryanto, mengatakan SEMESTA adalah sekolah mekanik pertama di Indonesia dengan kurikulum yang menggunakan pendekatan best practice experience serta siswanya akan dibekali dengan kemampuan untuk bisa berbahasa Inggris yang sangat dibutuhkan untuk menghadapi persaingan bebas. Hal ini sejalan dengan misi sekolah ini, yakni menyelenggarakan pendidikan, pembinaan dan pelatihan serta keterampilan pada profesi teknisi alat berat pertambangan dan industri, yang dilandasi dengan nilai inti SEMESTA, yaitu kejujuran, kerja produktif dan disiplin, karya prestatif, kerjasama tim, perbaikan tanpa henti dan tanggung jawab.

Baca Juga :  Konferensi Global LiuGong 2020

Totok menambahkan, tuntutan kompetensi profesi mekanik di era digital ini makin tinggi. Mereka tidak hanya dituntut menguasai seluk beluk alat berat dan  terampil melakukan maintenance dan servis tetapi juga harus memiliki keterampilan komputer untuk memanfaatkan teknologi dan peralatan terkini dalam menyelesaikan pekerjaan mereka secara efisien.

SEMESTA berada di bawah Yayasan Sejahtera Mekanika Utama. Yayasan ini didirikan sebagai perwujudan salah satu cita-cita PERTAABI untuk bisa mengembangkan sumber daya manusia Indonesia melalui pendidikan. Tujuan didirikannya sekolah ini adalah untuk mewujudkan cita-cita organisasi dalam membantu negeri ini untuk meningkatkan kemampuan para teknisi alat berat, meningkatkan pengetahuan, keahlian dan karakter mulia guna menopang penguatan industri alat berat Indonesia.

Bagi generasi muda yang tertarik untuk meningkatkan kompetensi di bidang teknik alat berat atau ingin menjadi mekanik alat berat tambang yang handal dan profesional, silahkan menghubungi kontak Sekolah Mekanik Nusantara (SEMESTA). @

Berita Terkait

Our website uses cookies to improve your experience. Don't worry you are in safe browsing with us. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy