25.9 C
Jakarta
Apr 2, 2020.
Agriculture Construction Construction EQ Equipment Industry Top News

Wheeled Excavator, Mobilitas Tinggi Tapi Kurang Populer

Wheeled excavator memiliki mobilitas tinggi dan multi-fungsi, tetapi kehadirannya di kalangan kontraktor di Indonesia kalah popular dibandingkan excavator konvensional. Mengapa?

Secara sepintas, wheeled excavator tidak ada bedanya dengan crawler excavator. Kegunaannya pun kurang lebih sama. Namun, crawler excavator jauh lebih popular dari wheeled excavator. Hal itu tercermin pada jumlah populasinya, kalah banyak dari crawler excavator. Itu sebabnya wheeled excavator dianggap sebagai variasi dari crawler excavator.

Lantas, faktor apa yang membuat kedua model alat penggali ini tidak sama? Satu-satunya faktor yang membedakan adalah kaki-kakinya. Crawler excavator menggunakan track baja, sementara wheeled excavator, sesuai namanya, menggunakan ban-ban karet (empat roda). Wheeled excavator umumnya menggunakan planetary axles yang kuat, yang dirancang untuk berosilasi dan memungkinkannya leluasa melintasi medan yang tidak rata.

Iman Sumantri, Direktur Penjualan dan Pemasaran PT United Equipment Indonesia (UniQuip), mengatakan keunggulan utama wheeled excavator terletak pada keempat rodanya itu, karena memungkinkannya jauh lebih mobile daripada model konvensional. Roda-roda itu memampukan alat ini  untuk berjalan sendiri ketika hendak berpindah dari satu lokasi kerja ke lokasi berikutnya – tentu saja untuk jarak dekat di lokasi kerja yang sama. Ini bisa menghemat biaya transportasi. Bahkan di beberapa negara Eropa wheeled excavator bisa melewati jalan raya. “Pemakaian roda-roda itu membuat wheeled excavator lebih mobile dan lincah dalam melakukan manuver di job site,” ungkapnya kepada Equipment Indonesia baru-baru ini.

Namun, untuk menjamin stabilitas unit selama bekerja, seperti untuk menggali dan memindahkan tanah, sebagian besar model wheeled excavator menggunakan outrigger yang dapat diperpanjang secara hidrolik agar tetap terjaga keseimbangannya.

Menurut Iman, wheeled excavator sangat ideal untuk bekerja di area perkotaan karena mobilitasnya tidak mengganggu lingkungan di sekitarnya dan merusak lintasan yang dilewati seperti hamparan aspal, beton (concrete) hingga rumput, karena alat ini menggunakan ban karet. Sebaliknya, crawler excavator, selain kurang mobile, biaya pengangkutannya dari satu lokasi ke lokasi lain lebih mahal, karena harus diangkut dengan trailer. Tetapi alat ini jauh lebih stabil saat bekerja, termasuk di tanah yang lunak karena bearing pressure-nya lebih rendah.

Mencermati spesifikasinya, Iman mengakui wheeled excavator termasuk produk khusus, dan pasarnya di Indonesia tidak besar. “Yang biasa menggunakan wheeled excavator adalah kontraktor sipil, kontraktor jalan, perkebunanserta dpertambangan. Model ini banyak digunakan untuk pekerjaan perawatan jalan yang penggunaannya tidak rutin,” ujarnya.

Wheeled excavator, ia menjelaskan, lahir dari kebutuhan alat gali yang bisa melakukan pekerjaan-pekerjaan maintenance yang bersifat mobile, yang berjalan sendiri tanpa harus menggunakan trailer, serta multifungsi. Alat ini dapat melakukan semua pekerjaan yang dilakukan oleh excavator konvensional, seperti menggali, membuat parit (selokan), menimbun dan meratakan material, memecahkan batu menggunakan breaker atau bekerja dengan menggunakan grapple untuk menggenggam  material.

Namun, menurut Iman, meski multifungsi, aplikasi wheeled excavator yang paling ideal adalah untuk pekerjaan-pekerjaan perawatan, baik di area perkotaan maupun di perkebunan. “Ketika digunakan di area perkotaan untuk maintenance, wheeled excavator bisa berpindah-pindah tempat tanpa menggunakan peralatan mobilisasi khusus karena bisa berjalan sendiri,” ia menjelaskan.

 

Wheeled excavator Hyundai

Kebutuhan wheeled excavator di Indonesia, menurut Iman, menunjukkan peningkatan dari tahun ke tahun, namun tidak semua pemain alat mengeluarkan model ini. Yang menjadi pemain besar di segmen wheeled excavator di Indonesia saat ini adalah Hyundai Conctruction Equipment (Hyundai). Hyundai masuk ke Indonesia pada tahun 1993. Namun, saat itu kebutuhan wheeled excavator belum banyak. Baru setelah tahun 2005, pasar Indonesia mulai bisa menerima dan melihat manfaatnya. “Hyundai satu-satunya pemain alat berat yang secara konsisten memasarkan wheeled excavator hingga kini,” klaim Iman.

Hyundai Construction Equipment saat ini memperkenalkan tiga (3) ukuran wheeled excavator di pasar tanah air: 6 ton, 14 ton dan 21 ton. “Aplikasi masing-masing model disesuaikan dengan jenis dan volume pekerjaan,” ujar Iman.

Menjelaskan keunggulan produk-produk wheeled excavator Hyundai, Iman mengatakan swing speed wheeled excavator Hyundai cepat dan lincah, bisa menggunakan banyak attachment dan multi-fungsi. Selain itu, produk-produk Hyundai menggunakan komponen-komponen utama yang mudah dicari seperti Cummins Engine dan Pompa Hidrolik Kawasaki.

Dari segi nilai investasi, Iman menambahkan, mesin-mesin Hyundai Construction Equipment ini menguntungkan karena bisa melakukan pekerjaan dengan lebih cepat, sehingga lebih menghemat waktu, hemat biaya transportasi, pemakaian bahan bakar yang lebih efisienb, sehingga pada akhirnya dapat lebih menghemat biaya produksi menjadi lebih rendah.

Sebagaimana produk-produk Hyundai Construction Equipment yang lainnya, wheel loader ini dilengkapi dengan Hi-MATE Remote Management System, yaitu sistem manajemen jarak jauh dengan menggunakan telepon seluler dan teknologi GPS yang memungkinkan para pengguna mengecek dari jauh mengenai kondisi unit mereka dan mengakses informasi tanda-tanda gangguan, serta memverifikasi lokasi alat, semua dengan satu sentuhan tombol.

Sistem ini menggunakan teknologi GPS untuk melacak mesin-mesin Hyundai kapan pun dan di mana pun lokasinya. Tidak hanya itu, sistem ini dapat memonitor komponen-komponen mesin seperti engine, sistem hidrolik dan kelistrikan. Data-data dikirim dan diterima via jaringan seluler. Teknologi Hi-MATE memberikan banyak manfaat kepada para pelanggan, terutama menghemat banyak waktu dan uang karena memungkinkan preventive maintenance untuk mengurangi downtime.

PT United Equipment Indonesia merupakan agen produk-produk Hyundai Construction Equipment di Indonesia. #

30 total views, 2 views today

Related posts