26.2 C
Jakarta
25 Okt, 2021.

Wirtgen Rayakan 60 Tahun Inovasi Dalam Pembangunan Jalan Raya

Wirtgen Group merayakan 60 berdiri dengan melihat kembali sejarah panjangnya di industri konstruksi jalan raya.

Produk-produk dan teknologi-teknologi Wirtgen sudah membentuk konstruksi jalan raya selama 60 tahun. (Foto: Wirtgen)

Wirtgen Group, pada tahun 2021 ini, akan merayakan 60 tahun Wirtgen. Saatnya untuk melihat ke belakang dan melihat ke depan. Vögele, Hamm, Kleemann, dan Benninghoven juga memainkan peran utama dalam membentuk teknologi-teknologi industri pembangunan jalan. Bersama-sama,  Wirtgen Group memiliki pengalaman lebih dari 660 tahun – dan selalu menjadi tren sepanjang sejarah konstruksi jalan raya.

Perusahaan yang berbasis di Jerman, yang saat ini terdiri dari lima merek terkemuka dan mempekerjakan hampir 9.000 staf global, pertama kali didirikan sebagai perusahaan pengangkutan pada tahun 1961.

Pendiri Wirtgen, Reinhard Wirtgen, awalnya menyediakan layanan pengangkutan skala kecil di kotamadya Windhagen, yang terletak di tenggara Cologne, Jerman.

Dia kemudian berinvestasi dalam sejumlah kecil alat pemecah beton (concrete breaker) yang memungkinkan perusahaan ini mengalihkan kegiatannya ke pembangunan dan rehabilitasi jalan. Melalui pengembangan mesin yang inovatif dan pendekatan yang visioner, ia membangun Wirtgen menjadi spesialis mesin konstruksi jalan kelas dunia. Yang membuat perusahaan ini benar-benar menonjol adalah pengalamannya sendiri sebagai penyedia layanan dalam pembangunan jalan. Pengalaman ini turut membentuk budaya perusahaan yang menekankan kedekatan dengan pelanggan.

Sekarang ini, Wirtgen menjadi pilar utama Grup Wirtgen. Setiap brand produk yang dimilikinya memiliki sejarah uniknya masing-masing – Wirtgen (didirikan pada 1961), Vögele (1836), Hamm (1878), Kleemann (1857), dan Benninghoven (1909) – telah memberikan dampak pada dan memajukan proses aplikasi di bidangnya masing-masing.

Secara keseluruhan, Grup Wirtgen memiliki pengalaman 660 tahun dalam konstruksi jalan. Produsen ini memiliki lima kantor pusat di Jerman, fasilitas-fasilitas produksi internasional di Brasil, Cina, dan India, banyak perusahaan penjualan dan layanan, serta jaringan dealer yang erat memastikan bahwa produk-produk dan teknologi-teknologi grup ini digunakan di setiap pasar di seluruh dunia.

Proses cold milling Wirtgen

Pada tahun 1979 mesin cold milling Wirtgen SF 3800 C menyelesaikan operasi cold milling pertama pada yang terletak di antara Frankfurt dan Cologne di Jerman.

Pada awal 1970-an, Wirtgen mengembangkan mesin penggilingan panas (hot milling), sebuah proses baru yang untuk pertama kalinya memungkinkan untuk mengupas aspal di area yang luas. Tonggak berikutnya diikuti pada tahun 1979, ketika Wirtgen merevolusi konstruksi jalan dengan pengembangan mesin penggilingan dingin (cold milling).

Mesin penggilingan dingin pertama adalah sebuah mesin pemuat belakang (rear loader) dengan penggerak drum yang menggiling secara hidrolik (hydraulic milling drum drive). Mesin SF 3800 C mampu menggiling beton, aspal, dan kerikil dengan berbagai kedalaman tanpa harus memanaskan sub-base secara signifikan. Hal ini tidak hanya meningkatkan kedalaman penggilingan dan memungkinkan mesin bekerja lebih cepat, tetapi juga menghemat energi.

Mesin pintar

W210Fi merupakan salah satu dari mesin-mesin cold milling terbaru Wirtgen (Foto: Wirtgen)

Tonggak sejarah saat ini dalam teknologi penggilingan dingin yang ditawarkan Wirtgen adalah mesin penggilingan besar seri F. Dengan rangkaian mesin-mesin berperforma tinggi ini, Wirtgen menetapkan standar-standar baru dalam hal efisiensi dan keramahan sumber daya, serta dalam dokumentasi dan evaluasi digital lokasi kerja penggilingan.

Pada mesin-mesin seri F yang baru, Wirtgen telah menerapkan konsep mesin pintar pertama yang mampu memenuhi persyaratan kinerja dan kualitas operator secara mandiri.

Dalam mode otomatis, Mill Assist memilih strategi operasi dengan keseimbangan ideal antara kinerja penggilingan dan biaya operasi serta merespons secara cerdas dan dinamis terhadap kondisi yang berubah. Hal ini secara signifikan mengurangi konsumsi solar dan air, serta emisi karbon dan kebisingan.

Wirtgen juga telah mengembangkan Wirtgen Performance Tracker, yang secara tepat mengukur area penggilingan, volume penggilingan, dan semua data konsumsi. Parameter ini ditampilkan secara real-time ke operator mesin milling pada platform operator.

Segera setelah pekerjaan penggilingan selesai, semua data ini didokumentasikan dalam laporan yang dibuat secara otomatis dan dikirim melalui email ke pemilik mesin. Penilaian efisiensi juga merupakan perangkat yang berharga bagi operator untuk membantu mereka menggunakan alat dengan lebih efisien dan semakin mengurangi konsumsi bahan bakar dan mengurangi keausan komponen pencungkil  selama pekerjaan berikutnya, misalnya.

Sejak tahun 2017, Wirtgen Group sudah menjadi bagian yang kuat dari John Deere. (Sumber: Wirtgen)

Related posts