27.2 C
Jakarta
6 Mar, 2021.

Galang Konsolidasi di Tengah Pandemi Covid-19, Dayasakti Perkuat Jaringan Bisnis

PT Dayasakti Mitra Mandiri terus memperkuat jaringan bisnisnya dengan membuka cabang-cabang baru di berbagai daerah, melakukan pembenahan SDM dan strategi bisnisnya.

Para peserta ‘National Branches Meeting PT Dayasakti Mitra Mandiri, 26-28 November 2020 (Foto: EI)

Kondisi krisis bukan alasan untuk berdiam diri, tetapi justru menjadi kesempatan untuk mengembangkan bisnis. Ketika banyak perusahaan melakukan efisiensi dengan menekan biaya-biaya dan menunda investasi di tengah pandemi Covid-19, PT Dayasakti Mitra Mandiri (Dayasakti) justru berinvestasi dengan membuka cabang-cabang di beberapa daerah, membenahi sumber daya manusia, memperbaiki kinerja operasional serta melakukan konsolidasi internal terhadap strategi pengembangan bisnisnya.

Jelang akhir 2020, dalam rangka konsolidasi, Dayasakti menyelenggarakan National Branches Meeting untuk mengkaji langkah-langkah perbaikan guna memperkuat dan mendukung pengembangan bisnis ke depan. Pertemuan yang berlangsung di  markasnya yang terletak di kawasan International Marunda Center, Bekasi Utara itu diikuti oleh semua Branch Manager kantor-kantor cabang dari berbagai daerah.

“Mengangkat tema ‘Together We Grow’, di bawah naungan PT Dayasakti Mitra Mandiri, kami tumbuh dan sukses bersama melalui sumber daya manusia yang bermutu dan berdedikasi tinggi,” kata Ria Salimin, General Manager PT Dayasakti Mitra Mandiri mengenai tema acara National Branches Meeting tersebut.

Menurutnya, yang menjadi fokus pengembangan Dayasakti saat ini adalah membuka kantor-kantor cabang di lokasi-lokasi strategis mengingat perusahaan ini masih relatif baru di dunia industri peralatan berat. Sebab, produk sebagus apapun tidak akan berkembang jika tidak ditopang dengan SDM yang berkualitas, infrastruktur yang memadai dan servis purna jual yang bagus. 

“Sebelum membeli sebuah produk, customer biasanya mencari tahu kesiapan layanan purna jual dari  produk tersebut di berbagai daerah. Mereka akan menanyakan jumlah kantor cabang perusahaan dan bagaimana kesiapan layanan purna jualnya,” ia menerangkan saat dijumpai Equipment Indonesia di sela-sela acara tersebut.  

Ria Salimin, General Manager PT Dayasakti Mitra Mandiri

Hingga akhir tahun 2020, Dayasakti sudah memiliki tujuh kantor cabang dan menargetkan untuk membuka beberapa cabang lagi pada tahun 2021. Cabang-cabang Dayasakti saat ini sudah hadir  di Jakarta, Surabaya, Semarang,  Pekanbaru, Palembang, Balikpapan dan Makassar. Awal tahun 2021, Dayasakti  menargetkan untuk membuka cabang di Medan, Pontianak dan Banjarmasin. “Dua tahun ke depan Dayasakti menargetkan sudah memiliki cabang di semua provinsi yang tersebar dari sabang sampai merauke,” ucap Ria dengan nada optimis.

Faktor lain yang menjadi fokus perhatian Dayasakti pada tahap awal ini adalah pengembangan sumber daya manusia. Perusahaan ini merekrut sumber daya manusia yang bermutu dan berpengalaman dalam bisnis alat berat. “Sebagian besar tim yang sudah bergabung dengan Dayasakti, sudah berpengalaman di bisnis peralatan berat, baik yang terkait dengan penjualan maupun layanan purna jual,” ungkapnya.

Dengan berbagai upaya tersebut, Ria menerangkan, benderanya saja yang baru namun sebagian besar orang-orang yang bekerja di Dayasakti sudah ahli di bisnis alat berat nasional. Selain dukungan tim kerja yang sudah berpengalaman, Dayasakti juga merekrut dan memberi kesempatan kepada tenaga-tenaga yang baru lulus untuk dilatih secara khusus oleh tim yang sudah berpengalaman. “Ini sebagai wujud andil Dayasakti dalam menciptakan lapangan pekerjaan,” ujarnya.

Dengan dukungan sumber daya manusia yang sudah berpengalaman, kantor-kantor cabang yang tersebar di berbagai lokasi strategis, dan dukungan layanan purna jual yang bagus, Ria optimistis dalam lima tahun ke depan Dayasakti akan diperhitungkan masuk didalam 10 besar perusahaan-perusahaan alat berat di Indonesia. #

Untuk informasi lebih lanjut mengenai PT Dayasakti Mitra Mandiri, silahkan menghubungi Tel: (+62-21) 2214 8889, 22148087; M: (+62) 812 9372 855

Related posts