30.2 C
Jakarta
Okt 23, 2020.
advertorial Top News

15 Tahun GMTractors Konsisten Ageni Brand Cina

PT Gaya Makmur Tractors satu-satunya ATPM di Indonesia yang sudah 15 tahun memasarkan produk-produk Cina tanpa pernah mengganti merek.

Acara pemotongan pita untuk merayakan 15 tahun usia GMTractors yang sekaligus membuka acara GMTractors Live Streaming Heavy Equipment Festival” yang dilakukan oleh tim manajemen (Dok. EI)

Kondisi bisnis yang sepi selama masa pandemi Covid-19 tidak menjadi alasan untuk menghentikan semua aktivitas promosi dan penjualan. Justru situasi pasar yang penuh tekanan dapat melahirkan cara-cara kreatif untuk semakin mendekatkan diri dengan customer dan menawarkan sesuatu yang menarik kepada mereka, seperti yang dilakukan PT Gaya Makmur Tractors (GMTractors) bersama anak usahanya, PT Gaya Makmur Putra, baru-baru ini.

Di bawah terik matahari yang cukup menggigit pada hari Sabtu (29/8), GMTractors menyedot perhatian pelanggan-pelanggannya di seantero Indonesia dengan menggelar acara “GMTractors Live Streaming Heavy Equipment Festival” yang sekaligus menandakan perayaan ulang tahun perusahaan itu yang ke-15. Dalam live streaming ini, GMTractors memberikan penawaran menarik seperti program penjualan spesial ulang tahun dengan hadiah langsung, di samping membagi-bagikan beragam doorprize.

Satu unit wheel loader XCMG LW300KN edisi khusus yang didandan eksklusif dengan motif batik Parang Pamor asal Jawa Tengah dilelang dengan harga istimewa (Dok. EI)

Satu unit wheel loader XCMG LW300KN edisi khusus yang didandan eksklusif dengan motif batik Parang Pamor asal Jawa Tengah dilelang dengan harga istimewa. “Wheel loader LW300KN seri batik Parang Pamor ini mengandung arti memancarkan kewibawaan sehingga pemenang lelang ini kami doakan usahanya makin maju dan bisa menjadi panutan bagi yang lainnya,” kata Tjandi Mulyono, Direktur Utama PT Gaya Makmur Tractors (GMTractors) saat membuka acara ini.

Beberapa program menarik lainnya adalah Buy Back terhadap unit-unit yang sudah dipergunakan selama beberapa tahun. “Semuanya ini sebagai bentuk penghargaan kami kepada semua pemangku kepentingan, terutama pelanggan-pelanggan GMTractors,” ujarnya.

 Yang tidak kalah menariknya, Mulyono juga membuka kesempatan kepada Anda untuk menjalin kerja sama sebagai dealer di tempat-tempat yang belum sempat dijangkau oleh GMTractors hingga saat ini.

Tjandi Mulyono, Direktur Utama GMTractors

GMTractors didirikan pada 29 Agustus 2005 yang dimulai oleh lima orang anggota saja. Sekarang ini jumlah timnya sudah sekitar 350 orang yang tersebar di berbagai daerah. “Tepat 15 tahun lalu kami memulai perusahaan ini dengan lima orang anggota saja. Sekarang ini total anggota kami hampir 350 orang. Ini semua terwujud karena support yang terus menerus dari para pelanggan,” kata Mulyono.

“Sebab itu kami juga ingin mempersembahkan acara ini sebagai rasa terima kasih kepada para pelanggan, business partner, dan semua anggota team work GMTractors dan Gaya Makmur Putra, yang merupakan anak perusahaan pertama GMTractors yang khusus mengageni XCMG.

Sekarang ini, brand-brand alat berat yang diageni GMTractors makin bervariasi. Principal dari produk-produk tersebut adalah perusahaan-perusahaan terkemuka dari Jerman, Jepang dan Cina, seperti Wirtgen (dari John Deere Group), RM Rubble Master (Austria), Winbull Yamaguchi dan Takeuchi (Jepang), serta XCMG dan Shantui (Cina).

Khusus untuk brand-brand alat berat dari Cina, Mulyono memberikan catatan khusus. Banyak brand asal Cina di Indonesia sering gonta ganti dealer. Tetapi tidak demikian dengan XCMG dan SHANTUI yang diageni GMTractors. “GMTractors adalah satu satunya distributor alat berat Cina di Indonesia yang mampu selama 15 tahun secara konsisten memasarkan berbagai tipe produk XCMG seperti seperti Wheel Loader, Excavator, Motor Grader, Mobile Crane, Crawler Crane, Mounted Crane, dan berbagai jenis alat berat lainnya. Hal ini menunjukkan komitmen kami untuk selalu mengedepankan hubungan jangka panjang dengan semua pemangku kepentingan,” ucapnya meyakinkan.

Rachmansyah Cong, Direktur Sales GMPutra

Acara “GMTractors Live Streaming Heavy Equipment Festival” ini disponsori oleh XCMG. Rachmansyah, Director PT Gaya Makmur Putra, mengatakan selama pandemi Covid-19 penjualan alat rata-rata turun untuk semua merek, termasuk XCMG. Dalam situasi ini, pihaknya melakukan terobosan dalam penjualan.

“Kami melakukan sesuatu yang berbeda. Dalam kondisi sekarang kita sudah sulit berhadapan muka langsung dengan customer seperti sebelumnya. Tantangannya adalah bagaimana membuat suatu acara yang sensasional tanpa mengabaikan protokol kesehatan dari pemerintah. Tujuannya supaya kami tetap bisa jualan dalam masa pandemi ini tentunya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” jelas pria yang akrab disapa Cong ini.

Bercerita tentang pemilihan motif batik Parang Pamor untuk dilukis pada Wheel loader LW300KN, ia mengatakan GMTractors ingin menunjukkan sesuatu yang khas Indonesia kepada dunia, karena acara live streaming ini disebar oleh XCMG ke semua jaringan globalnya. “Saat kami membuat konsep acara ini, tantangannya adalah bagaimana memperkenalkan budaya khas Indonesia kepada dunia. Kami memutuskan untuk membuat sebuah loader XCMG yang bermotif batik Parang Pamor,” tuturnya tentang loader yang ditutup dengan harga sekitar Rp 516 juta yang dimenangkan oleh customer asal Makasar.

Sebagaimana dijelaskan Fahrudin, Marketing Communications Manager GMTractors, acara “GMTractors Live Streaming Heavy Equipment Festival” ini yang digelar masih dalam suasana perayaan HUT Kemerdekaan RI ke -75 dan juga bertepatan dengan Anniversary ke-15 GMTractors disemarakkan dengan berbagai atraksi menarik dari produk-produk unggulan XCMG, seperti demo unit-unit XCMG Wheel Loader LW300KN, XCMG Wheel Loader ZL50GN, XCMG Motor Grader 135, XCMG Motor Grader 1605, XCMG crawler crane XGC 55, XCMG Mobile Crane QY55KAY, XCMG Excavator XE215C dan XCMG Excavator 135C. Penyajian demo mesin-mesin XCMG tersebut diselingi juga dengan beragam acara hiburan seperti tradisional dance yang menampilkan tarian kombinasi dari beberapa daerah di Indonesia, ada juga modern dance dan DJ Performance. Penayangan acara ini pun dapat disaksikan para netizen melalui saluran-saluran social media GMTractors pada platform Youtube, Facebook dan Instagram.

Slogan baru

GMTractors sebagai ATPM menjual alat-alat berat yang selalu dikemas dengan dukungan layanan purna jual (after sales service) yang bagus. Menandai perayaan ulang tahunnya yang ke-15, GMTractors mencanangkan slogan baru, yakni “Melayani Dengan Hati”, yang menjadi panduan bagi semua anggota tim GMTractors dalam menyediakan pelayanan kepada customer. “Kami berharap, dengan slogan baru ini, kami bisa melayani pelanggan dengan lebih baik sehingga dapat memuaskan semua kebutuhan para pemangku kepentingan,” kata Mulyono.

Untuk semakin mendekatkan diri dengan para pelanggan, selain membuka kantor-kantor cabang di berbagai kota propinsi, GMTractors sudah menyediakan aplikasi yang dapat diunduh di Play Store secara gratis. “Silah membuka account gratis di aplikasi itu. Ke depan semua kebutuhan dan keluhan dapat disampaikan melalui aplikasi itu, sehingga prosesnya lebih mudah dan cepat. Selain itu, Anda juga bisa selalu mengikuti berbagai program promosi dari kami,” jelasnya.

GMTractors berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan layanan parts dan service-nya dengan menjamin ketersediaan spare parts dan service yang didukung oleh personil dan mekanik yang memiliki kemampuan yang handal & berpengalaman sehingga mampu memberikan layanan terbaik.

GMTractors juga melengkapi after sales support dengan kehadiran Training Center yang berada di Kantor Pusat Jakarta untuk melatih dan mendidik personil-personilnya agar memiliki keterampilan dan kemampuan yang mumpuni, baik teori maupun praktek. GMTractors senantiasa meningkatkan pelayanannya demi kepuasan pelanggan.

“Anda tidak perlu ragu-ragu membeli alat-alat berat dari GMTractors. Sebab, kami tidak hanya menjual mesin-mesin yang berkualitas, namun kami juga menyediakan layanan purna jual sebagain bagian yang tidak terpisahkan, serta selalu berpikir untuk berhubungan jangka panjang sesuai dengan slogan baru kami: WE SERVE WITH HEART,” simpul Mulyono meyakinkan.

GMTractors berkantor pusat di Jakarta, dan memiliki beberapa kantor cabang di berbagai wilayah Indonesia: Sumatera (Medan, Pekanbaru, Batam dan Palembang); Kalimantan (Balikpapan dan Banjarmasin); Sulawesi (Makassar dan Kendari); Jawa (kantor pusat Jakarta dan Surabaya); serta Bali. Networking GMTractors akan semakin berkembang dengan hadir di beberapa wilayah Indonesia lainnya. EI

355 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Related posts