26.4 C
Jakarta
Okt 20, 2020.
Equipment Construction EQ Press Release Top News

JCB Perkenalkan Excavator Bertenaga Hidrogen Pertama di Dunia

Lord Bamford (kanan), dan putranya, Jo Bamford, tampil kompak saat memperkenalkan prototipe excavator berbahan bakar hidrogen pertama di dunia, 220X, kelas 20 ton.

Produsen alat berat/konstruksi asal Inggris, JCB, memperkenalkan excavator 20 ton yang bertenaga hidrogen pada awal Juli 2020. Chairman JCB, Lord Bamford dan putranya, Jo Bamford, yang menjalankan Ryse Hydrogen dan Wrightbus, telah menghabiskan dua tahun menggarap excavator bertenaga hidrogen pertama di industri konstruksi dan setahun kemudian menguji prototipenya.

Inovasi yang pertama di dunia ini akan memungkinkan JCB untuk terus berada di depan dalam mengembangkan teknologi nol dan rendah karbon serta melanjutkan dorongan Ryse Hydrogen untuk memulai ekonomi hidrogen Inggris.

Excavator 220X yang ditenagai oleh sel bahan bakar hydrogen ini telah menjalani pengujian ketat di lokasi tambang batu milik JCB. Perkembangan yang menarik karena JCB menjadi perusahaan peralatan konstruksi pertama di dunia yang merilis prototipe sebuah excavator yang ditenagai oleh hidrogen.

“Pengembangan excavator berbahan bakar hidrogen pertama ini sangat menggairahkan karena kami berusaha menuju dunia tanpa karbon. Dalam beberapa bulan mendatang, JCB akan terus mengembangkan dan memperbaiki teknologi ini dengan pengujian lanjutan berdasarkan mesin prototipe ini, dan kami akan terus berada di garis depan teknologi-teknologi yang dirancang untuk membangun masa depan nol karbon,” kata Lord Bamford.

Prototipe excavator JCB 220X, 20 ton bertenaga hydrogen (Sumber foto: JCB)

Jo Bamford mengatakan kehadiran excavator 220X  merupakan tambahan yang mengubah permainan bagi armada JCB dan mengirimkan pesan kuat bagi ekonomi hijau Inggris. “Saya tumbuh di lantai toko di JCB dan telah menghabiskan bertahun-tahun mengerjakan sebuah prototipe untuk membantu membawa perusahaan-perusahaan kami ke masa depan,” jelasnya.

“Saya benar-benar percaya hidrogen adalah peluang terbaik Inggris untuk membangun industri terkemuka dunia yang menciptakan lapangan kerja di Inggris, mengurangi emisi dan membuat iri dunia.”

Tenaga untuk excavator prototipe JCB ini dihasilkan dengan mereaksikan hidrogen dengan oksigen dalam sel bahan bakar untuk menciptakan energi yang diperlukan untuk menjalankan motor listrik. Satu-satunya emisi yang keluar dari knalpot adalah air.

Tahun lalu JCB memulai produksi penuh salah satu mini excavator listrik yang pertama di industri konstruksi, 19C-1E. JCB juga telah memperluas teknologi listrik ke jajaran forklift teleskopik Teletruk yang inovatif dengan meluncurkan model listrik, JCB 30-19E.

Melalui inovasi yang terus-menerus dan perbaikan-perbaikan desain, JCB juga telah merintis pengembangan teknologi diesel bersih untuk memenuhi regulasi emisi Stage V EU dan hampir menghapus emisi paling berbahaya dari jajaran mesin diesel terbarunya. Nitrous Oxide (NOx) turun 97%, partikel jelaga turun 98% dan emisi Karbon Dioksida (CO2) turun hampir setengahnya. (Sumber: JCB)

275 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Related posts