34 C
Jakarta
Okt 23, 2020.
Machines Tools Press Release Top News

Satu Bor Untuk Semua Material

Masa pakai tool dari produsen otomotif asal Korea meningkat 1.150% dengan menggunakan CoroDrill® 860-GM.

SAC036 – Satu bor untuk semua material – Cetakan engine: Bagi produsen-produsen otomotif, CoroDrill® 860-GM sudah terbukti berguna untuk mengebor cetakan-cetakan engine.

Dikatakan bahwa hidup itu seperti lari jarak jauh (maraton), bukan lari jarak pendek (sprint). Bagi produsen-produsen otomotif, solusi-solusi peralatan kerja yang masa pakainya lebih lama merupakan bagian integral dari produksi yang lebih menguntungkan — tetapi, sekian sering, kalangan pabrikan melihat ada sedikit alasan untuk mengganti set-up dari peralatan yang mereka pergunakan.

Di sini, James Thorpe, global product manager Sandvik Coromant, yang dikenal sebagai alat potong logam terkemuka dunia, menjelaskan apa saja manfaat yang diperoleh jika menggunakan tools yang pemakaiannya lebih lama — seperti tambahan terbaru dari produk jajaran CoroDrill — terutama untuk menekan costs-per-part atau meningkatkan hasil secara keseluruhan.

Salah satu tantangan terbesar dalam produksi otomotif secara massal adalah masa pakai tool yang tidak dapat diprediksi, terutama ketika operasi-operasinya sangat otomatis dan menggunakan beberapa sistem robotika dan otomatisasi paling canggih di dunia. Jika terjadi downtime, hal  itu akan menghabiskan banyak waktu, mengganggu produksi serta mahal ongkosnya. Itu berarti Anda harus melakukan cara apapun untuk menghindari kerusakan peralatan kerja.

Dalam beberapa kasus, para produsen mengganti peralatan bor mereka yang usia pemakaian belum maksimal. Hal ini biasanya dilakukan karena minimnya variasi material dalam komponen-komponen otomotif. Oleh karena itu, penggantian tool harus dapat diprediksi, dan lebih aman, daripada mencoba memperpanjang umur peralatan untuk membuat beberapa komponen lagi.

Alat bor untuk banyak material

Bagi spesialis Sandvik Coromant, kunci untuk masa pakai alat yang lebih lama tidak terbatas pada jumlah waktu penggunaan yang dihabiskan alat itu, tetapi juga desain bor itu sendiri. Pendekatan ini mengarah pada pengembangan CoroDrill 860 dengan geometri -GM yang lebih bagus, bor karbid padat dengan desain baru yang dioptimalkan untuk berbagai material dan aplikasi, di semua sektor industri.

Untuk CoroDrill 860-GM, Sandvik Coromant menggunakan  keahlian peralatan mesin dan pemotongan logamnya untuk mengembangkan kualitas baru, substrat karbid halus yang unik yang dikenal sebagai X1BM. Karbid berbutir halus ini lebih keras sambil mempertahankan ketangguhannya.

Selanjutnya, alat bor ini ujungnya dilapisi dengan lapisan selaput tipis physical vapor deposition (PVD) berlapis-lapis. Ini adalah kunci untuk meningkatkan produktivitas bor dan memberikan masa pakai yang konsisten pada berbagai material yang dibor. Hasilnya adalah bor dengan stabilitas yang sangat baik, mesin yang aman, dan masa pakai bor yang lebih baik saat melakukan pengeboran besi tuang, baja, baja tahan karat, baja yang diperkeras, dan logam non-ferrous.

Menilai masa pakai alat

SAC036 – Satu bor untuk semua material: Spesialis Sandvik Coromant meyakini desain bor merupakan kunci yang menentukan jumlah waktu yang digunakan alat bor itu.

Cara yang lebih baik untuk menilai masa pakai alat bor adalah dengan mengukur jumlah material yang dibuang. Untuk membantu produktivitas, CoroDrill 860-GM memiliki desain galur yang inovatif dan dipoles sedemikian rupa sehingga memudahkan pembuangan kepingan-kepingan hasil pengeboran dan menghasilkan kualitas lubang yang lebih baik. Hal ini juga membantu mengurangi penumpukan panas pada alat bor, dan manfaat lebih lanjut adalah kekuatan pengeboran yang makin tinggi  dan tenaga pemotongan yang berkurang saat mengebor.

860-GM merupakan bagian dari rangkaian alat bor karbid padat CoroDrill Coromant CoroDrill. Alat-alat bor ini dirancang tidak hanya untuk mengoptimalkan performa tetapi juga keserbagunaan, yang berarti mereka dapat digunakan dalam berbagai aplikasi dan material di berbagai industri.

Ini termasuk penggunaan dengan kelompok-kelompok material sebagai berikut: ISO-P, kelompok material terbesar dalam pemotongan logam yang mencakup mulai dari bahan yang tidak dicampur hingga bahan yang campurannya tinggi; ISO-M yang mencakup baja tahan karat, baja austenitik, dan baja dupleks yang sulit dipotong; ISO-K abu-abu, besi cor grafit nodular dan dipadatkan; Baja ISO-H dengan kekerasan Rockwell antara 45-65 HRc; dan ISO-N untuk bahan non-besi yang lebih lembut seperti aluminium, tembaga, dan kuningan.

 Geometri yang lebih maju dari yang lain

Seperti yang disebutkan, CoroDrill 860-GM memiliki desain yang makin sempurna, tetapi apa sebenarnya yang diperlukan? Sebagian besar dari hal ini terkait dengan desain bor itu sendiri yang memiliki ujung yang tajam dan geometri galur yang bagus, mata bor dan talang-talang sudut yang diperkuat, penajaman pinggir mata bor untuk  menghilangkan cacat-cacat kecil,  dan garis tepi ganda untuk meningkatkan stabilitas pengeboran. Titik pengeboran juga  dirancang dengan sudut-sudut jarak yang lebih baik dan kualitas permukaan yang lebih baik.

Secara keseluruhan, fitur-fitur desain ini menstabilkan bor, serta memperbaiki toleransi lubang dan kelurusan. Bor ini juga memberikan gerak maju yang stabil dan menghasilkan akurasi lubang yang sangat baik.

Masa pakai tool meningkat

Bagi produsen-produsen otomotif, CoroDrill 860-GM telah terbukti berguna untuk mengebor cetakan-cetakan engine, casing, pinggiran-pinggiran roda, dan manifold.

Selain untuk aplikasi-aplikasi otomotif dan teknik umum, bor ini juga cocok untuk semua aplikasi yang mengutamakan kualitas lubang – seperti di sektor penerbangan (aerospace), minyak dan gas, nuklir, serta tenaga terbarukan.

Hasil paling mencolok – untuk menyebutkan salah satunya saja – yang dicapai sejauh ini dengan penggunaan 860-GM dilaporkan oleh pabrikan otomotif di Korea. Pekerjaan pelanggan ini adalah mengebor melalui lubang-lubang pada sejumlah konektor transmisi otomotif produksi. Secara keseluruhan, delapan lubang berdiameter 8,2 mm (0,32 ”) dibor ke setiap komponen yang mencapai kedalaman 10 mm (0,39”).

Solusi yang ada menghasilkan 200 komponen, total 1.600 lubang, dengan kecepatan potong (Vc) 80m/menit (3102 RPM) dan cutting feed (Vf) 381 mm/menit. Sebagai perbandingan, CoroDrill 860-GM menghasilkan 2300 komponen (18400 lubang) dengan Vc 100m/menit (3878 RPM) dan Vf 814 mm/menit. Hasilnya adalah masa pakai alat yang meningkat secara signifikan sebesar 1.150%, dan meningkatnya produktivitas yang membantu menurunkan biaya per suku cadang secara signifikan. Hasil yang sama dan mengesankan telah dilaporkan oleh pelanggan Sandvik Coromant lainnya di segmen otomotif di seluruh dunia.

Pilihan yang solid

Kemampuan-kemampuan CoroDrill 860-GM melampaui machining security dan masa pakai tool yang lebih lama. Karena solusi ini menghasilkan satu bor untuk semua material, maka persediaan bor dapat dikurangi dan tersedianya mesin yang makin fleksible, yang menyebabkan berkurangnya waktu untuk penyetelan dan, pada gilirannya, pengurangan biaya-biaya.

Keunggulan-keunggulan ini menunjukkan bahwa produsen-produsen otomotif harus mempertimbangkan dampak positif pemakaian bor-bor yang bagus, seperti 860-GM – terutama manfaat-manfaat jangka panjang karena kehidupan ini adalah ibarat sebuah lari maraton, dan bukan lari cepat. (Sumber: Sandvik Coromant)

(Untuk informasi lanjut mengenai CoroDrill 860 dengan -GM geometry, silahkan mengunjungi website Sandvik Coromant.)

242 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Related posts