34.8 C
Jakarta
Nov 26, 2020.
Equipment Construction EQ Top News

Apa Yang Membedakan Motor Grader CASE dari Yang Lain?

Yang membedakan konsep desain motor grader CASE dengan pabrikan-pabrikan lainnya adalah CASE fokus pada bagaimana menghasilkan alat yang bertenaga, desain moldboard yang optimal, kenyamanan operator, serta kemudahan perawatan dan perbaikan.

Motor grader CASE 845B (Kredit foto: CASE)

Untuk pekerjaan meratakan material, seperti meratakan tanah pada proyek-proyek konstruksi, motor grader adalah jagoannya. Operasi mesin ini menjadi andalan untuk meratakan tanah pada proyek-proyek pembangunan dan perawatan jalan raya, landasaran pacu pesawat, pondasi rel kereta api, lapangan parkir, meratakan tebing – untuk menyebut beberapa di antaranya.

Tanpa penggunaan motor grader, mobilitas haul trucks dan kendaraan-kendaraan operasional di area tambang akan terhambat. Jalan yang mulus akan meningkatkan produktivitas tambang. Di sektor pertanian, di samping untuk meratakan tanah, grader juga digunakan untuk membuat saluran air atau parit drainase. Drainase yang baik sangat penting untuk menghindari genangan air, memungkinkan struktur tanah yang lebih baik, tanaman tumbuh subur dan hasil panen lebih baik.

“Berbagai kegunaan tersebut menjadikan motor grader investasi yang sangat berharga, karena aplikasi alat ini sangat krusial dalam keseluruhan proses konstruksi dan perawatan jalan di berbagai sektor industri tersebut,” kata Jimmy Setyadarma, HCE Dept Manager PT Altrak 1978 kepada Equipment Indonesia pada Rabu (1/10/2020).

Ccara kerja motor grader sebetulnya sederhana, kata Jimmy. Ia menganalogikannya dengan cara kerja sendok es krim, yaitu pekerjaan perataan dilakukan dengan pisau moldboard yang ada di bagian bawah. Pisau ini digerakkan dengan mekanisme hidrolik yang dikemudikan dari ruang operator.

Namun, motor grader tidak hanya berfungsi untuk meratakan. Mesin ini memiliki fungsi lain hanya dengan menambah attachment tertentu pada bagian depatn atau bagian belakangnya. Jimmy mencontohkan penambahan attachment seperti ripper belakang untuk menggemburkan material (tanah) atau scarifier dan blade depan.

PT Altrak 1978 merupakan agen pemegang merek (APM) CASE Construction Equipment di Indonesia. CASE memproduksi berbagai jenis alat berat/konstruksi yang terdiri dari excavator, backhoe loader, wheel loader, motor grader, skid steer loader dan sebagainya. Khusus untuk motor grader, Jimmy menjelaskan bahwa alat ini dirancang sebagai mesin yang bertenaga, memiliki kualitas kerja yang tinggi, mudah dioperasikan serta mudah perawatannya.

“Yang membedakan konsep desain motor grader CASE dengan pabrikan-pabrikan lainnya adalah kami fokus kepada bagaimana menghasilkan alat yang bertenaga, desain moldboard yang optimal, kenyamanan operator, serta kemudahan perawatan dan perbaikan,” ujarnya sambil menambahkan bahwa saat ini hampir semua motor grader didesain dengan model articulated frame (patah pinggang). Artinya, rangka depan dan belakang terpisah.

Dari segi tenaga (power), Jimmy menjelaskan, tidak hanya dibaca  sebagai berapa besar horse power (hp) yang tertera pada brosur, tetapi yang lebih penting lagi adalah berapa besar kemampuan pisau moldboard untuk melakukan penetrasi atau down pressure dan juga drawbar pull-nya, yaitu seberapa mampu unit mendorong dengan kondisi terbeban.

Untuk memastikan bahwa tenaga engine tersalurkan dengan sempurna untuk mendorong material, CASE menggunakan teknologi powershift transmission dengan Lock Up Torque-Converter. Khusus untuk sistem transmisi ini, CASE menggandeng pabrikan ternama ZF. “Berkat adanya Torque Converter dengan lock up ini, motor grader CASE dapat bekerja secara direct drive dan torque converter secara mudah tergantung dari tingkat kesulitan yang ada di jobsite,” kata Jimmy.

Fitur-fitur unik grader CASE

Dari segi kemudahan operasi, CASE menawarkan nilai tambah bagi operator grader dengan adanya beberapa fitur unik. Pertama, hydraulic pitch moldboard. Jimmy mengatakan bahwa operator grader yang sudah mahir  umumnya mampu mengkombinasikan gerak pisau moldboard sesuai material yang dihadapi. Dalam prakteknya, mereka perlu untuk merubah sudut kemiringan pisau moldboard (pitch) untuk beragam kondisi sebagai berikut:   

 

Kedua, rear cabin mounted. Untuk meningkatkan kenyamanan operator, ruang kabin motor grader CASE terpasang di atas frame bagian belakang (rear cabin mounted), sehingga meningkatkan daya pandang dan mengurangi resiko kelelahan operator pada saat bekerja, terutama pada situasi crab-mode secara terus menerus. Selain itu, kata Jimmy, pandangan operator selalu konsisten dengan arah travelling alat sehingga meningkatkan presisi/kualitas jalan yang dihasilkan.

Material menggulung dengan sempurna dengan moldboard motor grader CASEMaterial menggulung dengan sempurna dengan moldboard motor grader CASE

Ketiga, desain pisau moldboard. Motor grader CASE memiliki desain pisau moldboard yang dinamakan Variable Radius Desaign. “Dengan desain ini, material akan menggulung dengan sempurna dan mengeliminir material yang lengket,” Ujar Jimmy.

Motor grader dikenal sebagai mesin yang cukup fleksible. Banyak model bisa men-support berbagai attachment selain blade yang dipasang di antara front axle dan rear axle yang digunakan untuk meratakan material. Apa saja jenis attachment yang bisa ditambahkan pada mesin-mesin grader CASE? Menurut Jimmy, motor grader CASE bisa menggunakan beberapa attachment seperti Front Scarifier, Rear Ripper, Front Blade, Front Push Block dan tambahan counterweight.

Tiga model grader CASE

Saat ini PT Altrak 1978 memasarkan tiga model motor grader CASE di Indonesia, yaitu tipe 845B, 865B dan 885B. Menurut Jimmy, dari ketiga tipe tersebut, yang paling popular adalah tipe 845B. Mesin-mesin tersebut diproduksi pada pabrik CASE di Brasil. Masing-masing model memiliki fitur yang relatif sama. Tambahannya pada model 865B dan 885B, yang sudah dilengkapi dengan Differential Lock untuk axle belakang. Selain itu tentunya dimensi frame, model transmisi, besaran horse power, dan panjang pisau moldboard berbeda.

“Model 845B lebih lincah dioperasikan di area yang ruang geraknya terbatas, dan secara umum digunakan di berbagai sektor, mulai dari pembuatan jalan di sektor konstruksi, pertambangan, perkebunan dan kehutanan. Untuk model yang lebh besar, seperti 885B, digunakan di industri pertambangan,” Jimmy menjelaskan.

Menjelaskan tentang ukuran grader yang tepat untuk jenis aplikasi pekerjaan, Jimmy menyebutkan beberapa aspek yang harus diperhatikan. Yang utama adalah dimensi jalan: panjang, lebar dan radius putar/radius belokan. “Ilustrasinya, jika grader difungsikan di lokasi perkebunan atau kompleks perumahan dengan radius putar yang sempit, maka yang dipilih adalah unit dengan radius putar paling kecil,” ujarnya.

Faktor lain yang dipertimbangkan adalah besaran alat muat yang dilayani. “Di lokasi tambang dengan giant hauler truck tentunya dibutuhkan motor grader dengan kapasitas power dan pisau moldboard yang lebar,” kata Jimmy lagi.

Selain itu, pertimbangkan juga apakah ada aplikasi tambahan yang dibutuhkan. Dia kembali mengambil contoh aplikasi grader di industri pertambangan yang kadang-kadang digunakan untuk ripping material overburden. “Untuk pekerjaan ripping tentunya diperlukan power yang besar,” ujarnya.

Sumber tenaga mesin-mesin grader CASE tersebut adalah engine FPT NEF6 (FIAT Power Train) yang merupakan sister company CASE. Engine ini dilengkapi teknologi variable horse power, yang memungkinkan besaran tenaga kuda berubah sesuai dengan beban pekerjaan. Misalnya untuk model 845B yang memiliki rentang 150-173 HP.

Bagaimana dengan pemakaian bahan bakar? Jimmy mengatakan konsumsi bahan bakar bervariasi tergantung pada tingkatan aplikasinya. “Secara umum 845B (model yang paling populer), konsumsi solar 9-12 liter per jam,” ujarnya.

Selain itu, produk-produk CASE ini mendukung program pemerintah Indonesia terkait dengan mandatori biodiesel. “Semua engine FPT mampu mengakomodir biodiesel hinggal B30,” kata Jimmy.

Dibekali beragam teknologi inovatif

Mesin-mesin CASE dibekali dengan beragam perangkat teknologi canggih yang membuat operasinya semakin mudah dan efisien sesuai ekspektasi customer, yang meliputi sistem telematika (telematics system), monitoring solution dengan menggunakan sensor-sensor, otomasi dan masih banyak lagi.

“Industri dan teknologi pendukung harus terus berkembang seiring dengan meningkatnya ekspektasi pelanggan untuk menghemat biaya produksi, meningkatkan presisi dan efisiensi pekerjaan. Di CASE, kami menawarkan telematics yang dinamakan SiteWatch untuk memantau kondisi teraktual unit secara remote,” Jimmy menjelaskan.

Di samping itu, ia menambahkan, CASE melengkapi unit-unitnya dengan teknologi SiteControl, yang sudah diujicoba secara sukses di Thailand beberapa waktu lalu. “Teknologi SiteControl atau grading automation control system untuk meringankan beban kerja operator, meningkatkan presisi dan hasil kualitas jalan, serta menghemat material.”

Motor Grader CASE, kata dia, terus berinovasi untuk menghadirkan mesin-mesin yang memiliki produktivitas tinggi, low maintenance cost, low fuel consumption dan durabilitas tinggi.

Dari sisi produk, CASE menstandarisasi beberapa fitur. Pertama, Semi Cabin ROPS dengan menambah fitur safety dan kenyamanan operator. Kanopi grader CASE ditambahkan dengan front windscreen, sehingga debu, kotoran atau pecahan batu tidak langsung mengenai operator. Rear windscreen menghalau radiasi panas dari ruang engine, sehingga operator dapat bekerja lebih nyaman.

Kedua, External Teeth Circle, yaitu gerigi circle yang memutar pisau moldboard berada di sisi luar sehingga mudah dibersihkan. Gerigi ini digerakkan oleh pinion gear (lingkaran hijau) yang ada di bagian luar, sehingga ketika terjadi impact ke pisau moldboard, pinion gear tidak mengalami stress yang akhirnya dapat memperpanjang usia pakai gear.

Tidak hanya dari sisi produk, pelayanan terhadap pelanggan selalu menjadi prioritas utama CASE dan dealernya, PT Altrak 1978. “Kami terus memperkuat cabang-cabang untuk memberikan kemudahan kepada para pelanggan untuk mengakses suku cadang dan teknisi yang handal. Misalnya, Altrak beberapa waktu lalu membuka cabang di Sorong dan Kendari, serta meng-upgrade cabang Makassar untuk meningkatkan kualiatas pelayanan, khususnya di Indonesia timur. Untuk informasi produk, keluhan dan saran bisa menghubungi kami atau media sosial CASE,” Jimmy menyimpulkan. #

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang produk-produk CASE di Indonesia, silahkan menghubungi PT Altrak 1978 atau media sosial berikut ini:

Instagram : Altrak1978

Facebook : Altrak 1978

Website : www.altrak1978.co.id

 

104 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Related posts