Equipment APP.
Technology Top News Truck

Dukung Kebijakan Zero ODOL, Widya Matador Tawarkan Otomatisasi Jembatan Timbang

Widya Matador menawarkan Smart Weigh-Bridge Automation, cara mudah dan cepat untuk mengukur dimensi truk secara otomatis hanya dengan memindai barcode.

Widya Matador menghadirkan Smart Weigh-Bridge Automation untuk mengukur dimensi truk secara otomatis cukup dengan scan barcode. Foto: Widya Matador

Jembatan timbang menjadi infrastruktur vital dalam mempersiapkan Zero ODOL (Over Dimension and Over Load). Djoko Setijowarno, pengamat transportasi dari Universitas Soegijapranata, mengatakan, sistem dan teknologi harus segera diterapkan di seluruh Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB) untuk mencegah terjadinya kecurangan, sehingga dapat mengurangi kerugian yang berdampak pada berbagai pihak.

Selaras dengan kebijakan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Alwy Herfian S (CEO) bersama dengan Widya Matador, siap menghadirkan inovasi teknologi untuk jembatan timbang. Widya Matador merupakan salah satu perusahaan teknologi di Yogyakarta yang mengembangkan produk dan layanan berbasis IoT (Internet of Things) untuk memberikan solusi bagi bisnis maupun kehidupan sehari-hari.

Dalam inovasinya untuk jembatan timbang, Widya Matador menghadirkan Smart Weigh-Bridge Automation. Dengan adanya kecerdasan buatan yang diterapkan, pengoperasian jembatan timbang meminimalisir peran operator. Jika sebelumnya pengukuran dimensi truk menggunakan meteran dan diukur secara manual oleh bantuan manusia, dengan adanya Smart Weigh-Bridge, pengukuran dimensi truk dapat dilakukan secara otomatis cukup dengan scan barcode.

“Sesuai dengan visi dan misi Widya Matador, kami ingin menciptakan sebuah inovasi teknologi yang dapat membantu pelaku bisnis. Dalam hal ini, menciptakan jembatan timbang berbasis IoT (Internet of Things). Dari segi biaya, perangkat ini juga menguntungkan bagi perusahaan karena bisa menghemat pengeluaran untuk SDM,” jelas Faris Al Husaini, VP Sales & Marketing Widya Matador.

Smart Weigh-Bridge Automation milik Widya Matador sudah terintegrasi dengan ERP dan memiliki dashboard reporting yang mampu diakses melalui website. “Pengukuran dan pengawasan tentunya akan lebih mudah, efisien, dan efektif. Jadi, harapannya tidak ada lagi kecurangan ODOL,” lanjut Faris. Ia juga menjelaskan bahwa kehadiran Smart Weigh-Bridge Automation ini mampu meningkatkan efektivitas pekerjaan dan meminimalisir human error yang terjadi.

Baca Juga :  Trend Terkini Industri Machine Tool Eropa: Smart Factory dan Industry 4.0

Meskipun hasil pengukuran dapat diakses secara online, tidak perlu khawatir jika data akan hilang ketika jaringan tidak stabil. Widya Matador telah menyiapkan penyimpanan data lokal untuk mengantisipasi hal tersebut. Teknologi ini juga dilengkapi dengan fitur tombol darurat dan notifikasi melalui telegram. Sehingga, memudahkan pengemudi truk untuk memberitahu jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Harapannya, otomatisasi jembatan timbang mampu mengurangi angka kerugian yang dialami pihak manapun akibat ODOL. Dengan begitu, secara tidak langsung dapat meningkatkan kecepatan arus ekonomi di Indonesia,” tutup Faris. *

Berita Terkait

Our website uses cookies to improve your experience. Don't worry you are in safe browsing with us. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy