27 C
Jakarta
21 Sep, 2021.

Excavator kelas 13 ton terbaru: Komatsu PC135F-10M0

United Tractors dan Komatsu berkolaborasi untuk mengembangkan excavator kelas 13 ton, Komatsu PC135F-10M0, untuk mendukung kemajuan bisnis kehutanan.

Untuk mendukung bisnis di sektor kehutanan Indonesia, PT United Tractors Tbk (United Tractors) bersama Komatsu memperkenalkan Komatsu PC135F-10M0 –  excavator kelas 13 ton yang cocok digunakan untuk berbagai aplikasi mulai dari pengolahan lahan, pemanenan hingga pengangkutan hasil hutan.

PC135F-10M0 diklaim mampu menjawab kebutuhan para pelanggan yang memerlukan mesin yang mampu bekerja optimal pada pengelolaan bisnis kehutanan.

Ada beberapa tahapan pengelolaan hasil hutan. Dimulai dengan pengumpulan batang-batang pohon yang tersebar setelah ditebang. Kemudian batang-batang kayu itu dipotong sepanjang 10 cm dari permukaan tanah dengan diameter pohon maksimum 30 cm. Tahap selanjutnya adalah memindahkan ke tempat pengumpulan kayu (TPN) dengan menggunakan attachment FLG. Baru setelah itu, Komatsu excavator kelas 13 ton akan memuat kayu tersebut ke dalam truk atau barge.

Komatsu PC135F-10M0 merupakan solusi atas bisnis pelanggan di sektor kehutanan. Excavator ini punya beragam pilihan attachment untuk mengerjakan berbagai tahapan pekerjaan pada pengelolaan bisnis kehutanan Fix Log Grapple (FLG), Bucket, Chipping Bucket, Shear Head, Harvester Head, dan Rotary Log Grapple.

Apa yang menjadi keunggulan Komatsu PC135F-10M0? Menurut United Tractors, excavator ini menawarkan banyak keunggulan. Sebut saja, misalnya, control valve yang lebih tahan lama dan pompa hidrolik yang berkapasitas tinggi. Mesin pendinginnya juga mudah dibersihkan dan excavator ini mudah dirawat.

Yang tidak kalah pentingnya, Komatsu PC135F-10M0 menggunakan alternator dengan kapasitas yang lebih besar sehingga dapat menggunakan komponen-komponen elektrik tambahan. Dalam sistem kelistrikan, alternator berfungsi untuk pengisian terhadap baterai agar mampu menyediakan seluruh keperluan listrik saat unit beroperasi seperti pemakaian lampu-lampu kerja, penambahan aksesoris, bahkan  digunakan pada proses menghidupkan engine di awal (cranking engine) oleh starting motor. Peran alternator sangatlah penting sehingga customer membutuhkan kapasitas alternator yang lebih besar.

Komatsu PC135F-10M0 memiliki kapasitas alternator sebesar 60 Ampere. Dengan spesifikasi alternator yang dimilikinya itu, excavator ini dapat menambahkan aksesoris yang diperlukan guna menunjang operasional unit seperti radio komunikasi, kebutuhan AC, bahkan penambahan beberapa lampu kerja agar pencahayaan tetap optimal. Selain itu, altenator berkapasitas besar membuat mesin ini lebih aman sehingga tidak perlu lagi khawatir akan terjadi over current yang menyebabkan instalasi overheat dan dapat memicu terjadinya kebakaran.

Dukungan purna jual yang sangat bagus dari United Tractors selaku distributor menjadi nilai tambah tersendiri bagi pelanggan. Perusahaan ini menyediakan layanan purna jual prima yang dikenal dengan istilah UT Guaranteed Product Support (UTGPS), yang terdiri dari jaminan kepastian pengiriman suku cadang, mekanik dan lama waktu perbaikan. UT juga menyediakan layanan contact center 24 jam melalui UT Call yang dapat diakses melalui nomor 1 500 072. (Sumber: United Tractors)

Related posts