27 C
Jakarta
21 Sep, 2021.

Dua Mini Excavator andalan Kobelco di pasar Indonesia

Daya Kobelco memasarkan dua tipe mini excavator Kobelco untuk pasar Indonesia, yakni SK35SR dan SK50P.

Kobelco Mini Excavator SK35SR dengan desain bodi Short Tail Swing (Foto: DKCMI)

Sebagai produsen peralatan konstruksi yang mengkhususkan diri dalam pengembangan excavator, Kobelco memahami pentingnya mesin-mesin mini excavator untuk seluruh line-up produknya. Model-model mini memainkan peran vital dalam berbagai pekerjaan. Unit-unit yang berpostur compact ini laris digunakan untuk pekerjaan-pekerjaan seperti penataan taman (lanskap), utilitas dan proyek-proyek konstruksi kecil.

Tetapi, mini excavator juga dapat memberikan dukungan penting di lokasi-lokasi kerja yang lebih besar seperti agrikultur (pertanian dan perkebunan). Bahkan tidak sedikit kontraktor tambang yang memanfaatkannya sebagai peralatan pendukung. Namun, di mana pun penggunaannya, mini excavator merupakan mesin yang lincah, kuat dan andal untuk bermanuver di area-area sempit.

Kobelco merupakan pionir mini excavator di Indonesia. Menyadari pentingnya mesin-mesin kecil ini dalam berbagai pekerjaan, PT Daya Kobelco Construction Machinery Indonesia (Daya Kobelco) selaku distributor excavator Kobelco di tanah air, menyediakan dua tipe mini excavator, yaitu SK35SR dan SK50P.

Menurut sumber Daya Kobelco, kedua tipe mini excavator itu menggunakan teknologi yang didesain dengan menyesuaikan kondisi iklim tropis seperti di Indonesia, yaitu dengan penyematan sistem INDr (Integrated Noise Reduction Cooling system) sebagai pengaman dan penyaring kotoran untuk membantu memaksimalkan sistem pendinginan pada engine. Aplikasi INDr juga membantu menekan kebisingan dalam kabin, sebuah fitur yang biasanya terdapat pada mesin-mesin Kobelco yang lebih berat. INDr merupakan metode peredam kebisingan unggul dan pendinginan engine yang luar biasa, sehingga meminimalisir downtime dan menciptakan lingkungan kerja yang lebih nyaman.

Kedua mini excavator Kobelco tersebut mempunyai desain bodi Short Tail Swing. Artinya, bagian ekornya didesain tidak jauh melewati lebar crawler unit itu sendiri (0 mm pada SK35SR dan 190 mm pada SK50P). Dengan rancangan seperti itu, unit-unit mini ini bisa digunakan untuk menangani pekerjaan di area sempit.

Dari segi keamanan (safety), SK50P ditopang oleh Cabin Unit yang sudah didukung fitur-fitur ROPS (Roll Over Protective Structure), TOPS (Tip Over Protective Structure) maupun FOPS (Falling Object Protective Structure). Sedangkan mini excavator SK35SR sudah dilengkapi dengan TOPS (Tip Over Protective Structure).

Midi excavator Kobelco

Midi excavator Kobelco SK75. Foto: EI

Selain model mini, Kobelco juga memasarkan tipe midi excavator, yang terdiri dari SK75-11, SK130-8 dan SK130HDL-8. SK75-11 adalah unit pertama dari generasi ke-11 excavator Kobelco. Unit yang rancangan utamanya adalah untuk penggunaan di sektor konstruksi ini didesain dengan konsep “Performance X Design” yang benar-benar baru.

Desainnya  menyelaraskan kinerja, efisiensi, dan produktivitas yang lebih besar melalui peningkatan daya dan kecepatan unit dalam beroperasi. Desainnya berbasis pada kenyamanan operator, sambil terus menciptakan kemampuan unit yang tak tertandingi, dan tak terlupakan setelah Anda menggunakannya.

SK130-8 merupakan peningkatan dari generasi sebelumnya untuk pekerjaan di bidang industri konstruksi dengan tenaga yang lebih besar, namun dengan penggunaan bahan bakar yang lebih efisien dan emisi gas buang yang lebih rendah. Dengan postur yang tidak terlalu besar mesin ini lincah beroperasi, namun tetap menghasilkan volume kerja yang tinggi. Itu sebabnya unit-unit pada kelas ini menjadi favorit di berbagai bidang yang membutuhkan hasil produksi besar dalam waktu yang singkat.

Tipe SK130HDL-8 merupakan unit khusus dengan “Logging Spec” yang mempunyai ground clearance tinggi dan ground pressure rendah untuk mendukung produktivitas pekerjaan di lahan basah. Upgrade juga dilakukan dengan penambahan ketebalan rangka dan undercarriage untuk menjaga durabilitas alat selama bekerja.

Menurut Kobelco, pengembangan pada tipe SK130-8 dan SK130HDL-8 fokus pada “3E”: Enhancement, Economy & Environment. Bila dibandingkan dengan generasi sebelumnya, terdapat peningkatan pada sisi performa dan efisiensi yang dilakukan dengan menggunakan engine berbasis sistem Common Rail. Engine jenis ini membuat penggunaan bahan bakar lebih hemat dan efisien. Hal tersebut juga membuat Midi Excavator Kobelco memenuhi regulasi dunia yang menuntut pengembangan teknologi yang lebih ramah lingkungan.

Related posts