Equipment APP.
Business Mining Top News

Penggalian Yang Kuat Dengan Excavator Kobelco SK520XDLC-10

Memiliki tenaga penggalian yang powerful, kapasitas bucket yang besar, variasi penggunaan yang banyak, operasi yang lebih ramah lingkungan, performa Excavator Kobelco SK520XDLC-10 sangat ideal untuk penggalian material tambang.

Excavator Kobelco SK520XDLC-10 sangat ideal untuk penggalian material tambang (Kredit fotyo: Dok. Daya Kobelco CMI)

Usaha pertambangan merupakan industri yang paling banyak menyerap alat berat dalam beberapa tahun terakhir, mengalahkan permintaan barang-barang modal itu untuk industri-industri konstruksi, pertanian, kehutanan dan yang lainnya. Mencermati data penjualan distributor-distributor alat berat terkemuka di Indonesia hingga saat ini, yang menjadi pendorong bisnis mereka adalah pasar pertambangan, baik batu bara maupun mineral.

Semenjak ramainya penambangan batu bara, permintaan mesin-mesin tambang melonjak. Namun, pergerakan permintaannya tidak konsisten karena mudah sekali bergejolak mengikuti pergerakan harga komoditas. Ketika harga batu bara meningkat, misalnya, permintaan alat berat juga ikut naik. Sebaliknya, ketika harga komoditas turun, permintaan mesin-mesin tambang pun ikut lesu. Tetapi terlepas dari problem itu, mesin-mesin tambang tetap menjadi produk primadona hingga saat ini.

Untuk mendukung pertumbuhan industri pertambangan di Indonesia, PT Daya Kobelco Construction Machinery Indonesia (Daya Kobelco CMI), menawarkan beberapa model mining excavator. Salah satu mesin andalannya untuk operasi penambangan batu bara adalah SK520XDLC-10, yang diklaim sebagai excavator paling tangguh dan produktif di kelasnya, tetapi lebih hemat bahan bakar.

Kobelco sendiri menyebut excavator SK520XDLC-10 sebagai alat yang komplit karena didesain sebagai mesin yang ramah lingkungan, mampu bekerja dalam waktu yang lama dan kuat saat beroperasi di area kerja apapun. Posturnya kokoh, menggunakan desain terbaru serta dilakukan penguatan pada bagian attachment.  Semua improvement itu menjadikan excavator ini sebagai mesin yang andal untuk penggalian material tambang.

Baca Juga :  Kembali Jadi Sponsor Utama, Pertamina Luncurkan Produk-produk Anyar Berkualitas di Ajang GIIAS 2016

Apa yang membuat excavator SK520XDLC-10berbeda dari yang lain di kelasnya? Menurut sumber PT Daya Kobelco CMI, excavator ini  dilengkapi dengan teknologi hidrolik terbaru yang menghasilkan output bertenaga tinggi dan konsumsi bahan bakar yang rendah. Itu sebabnya Kobelco Excavator generasi ke-10 ini dapat memenuhi tuntutan-tuntutan pekerjaan di lokasi pertambangan dengan kinerja yang luar biasa. Tidak hanya itu, produk ini juga dilengkapi dengan teknologi-teknologi lainnya yang bisa menghasilkan performa terbaik di lokasi kerja yang sangat sulit.

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa kondisi area tambang di Indonesia sangat menantang. Sebagian besar job site berada di daerah terpencil dengan medan yang sulit karena tingkat curah hujan yang tinggi yang membuat tanah berlumpur atau lembek. Kondisi ini memberatkan maneuver mesin-mesin tambang di lokasi kerja. Tetapi berbagai inovasi teknologi yang dibenamkan Kobelco pada excavator ini memungkinkan untuk mampu mengatasi berbagai tantangan alam tersebut.

Excavator Kobelco SK520XDLC-10 sedang beroperasi di salah satu lokasi tambang batu bara (Kredit foto: Daya Kobelco CMI)

Setidaknya terdapat lima improvement penting yang dilakukan Kobelco terhadap mining excavator generasi baru ini. Pertama, dilengkapi dengan bucket berkapasitas besar (3,4 meter kubik), produktivitasnya jelas semakin meningkat. Kedua, Excavator SK520XDLC-10 memiliki travel system yang sangat bertenaga yang didesain untuk memudahkan alat ini mampu melintas di atas material bebatuan yang tidak stabil.

Ketiga, SK520XDLC-10dilengkapi dengan sistem filtrasi yang sangat andal, memastikan kinerja unit yang lebih tinggi. Sistem filtrasi yang semakin baik tentunya sangat berguna untuk menghasilkan bahan bakar dan oli hidrolik yang bersih dan bebas kontaminan, sehingga performa mesin stabil. Hal ini juga berperan penting untuk mengurangi resiko kerusakan-kerusakan mekanis dan memperpanjang umur serta daya tahan terhadap berbagai komponennya.

Keempat, Kobelco membekali SK520XDLC-10 dengan sistem interflow baru pada arm yang mengontrol aliran oli hidrolik dengan lebih efisien. Dengan berkurangnya hambatan pada jalur hidrolik dan loss pressure secara signifikan, hal ini berdampak pada peningkatan efisiensi bahan bakar hingga 17% pada mode kerja “Heavy” dibandingkan dengan model SK480-8 yang ada sebelumnya.

Baca Juga :  Excavator Kobelco SK330-10: Medium Excavator Untuk Aplikasi Heavy Duty

Kelima, excavator ini menggunakan teknologi baru untuk memutarkan kipas pendingin radiator & oil cooler dengan cara mengoptimalkan putaran kipas pendingin oleh motor hidrolik untuk meningkatkan penghematan bahan bakar dan mengurangi kebisingan. Selain itu, kipas oil cooler hydraulic independen memberikan pendingin yang maksimal pada oli hidrolik.

Selain itu, Kobelco excavator SK520XDLC-10 didesain dengan struktur komponen berkekuatan ekstra, fitur arm boom didesain baru untuk menghasilkan kinerja maksimal dengan penggunaan plat baja tebal, menambah kekuatan boom dan arm semakin dipertebal untuk pekerjaan yang lebih berat. Dilengkapi dengan rock guard yang dirancang lebih panjang untuk mencegah kerusakan pada arm dan kapasitas bucket yang lebih besar dengan ketahanan tinggi.

Meskipun berkekuatan tinggi, Kobelco Excavator SK520XDLC-10tersedia dengan 3 pilihan mode kerja pengoperasian yaitu Heavy ModeStandard Mode dan Eco Mode yang mampu menghemat bahan bakar. Desain cabin operator yang baru lebih nyaman yang dilengkapi dengan AC, ruangan cabin kedap udara serta kursi operator yang minim getaran. Monitor display yang sudah berwarna pada ruang cabin menampilkan informasi penggunaan unit ini untuk mempermudah pengoperasian serta mengedepankan keselamatan kerja.

Excavator Kobelco SK520XDLC-10juga didesain untuk memudahkan maintenance sehingga menjamin unit ini selalu dalam kondisi prima. Alat tambang ini juga sudah dilengkapi dengan KOMEXS (Kobelco Monitoring Excavator System), yaitu sebuah sistem yang berfungsi untuk memantau unit dari jarak jauh untuk mengontrol status pengoperasian. Dengan kehadiran unit excavator yang tangguh di segala medan, memadukan kekuatan maksimal dan efisiensi tinggi, excavator Kobelco SK520XDLC-10 yang hemat energi ini semakin meningkatkan produktivitas kerja unit dan tercapainya kepuasan customer. #

 

Berita Terkait

Our website uses cookies to improve your experience. Don't worry you are in safe browsing with us. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy