31.1 C
Jakarta
29 Nov, 2021.

Excavator Kobelco SK75-11 Dengan Konsep “Performance X Design“

Kobelco menghadirkan hydraulic excavator SK75-11, excavator generasi terbaru yang selalu menyesuaikan dengan kebutuhan customer dengan konsep terbaru “Performance X Design“

Teknologi masa kini berkembang dengan pesat, beragam inovasi pun terus dihadirkan guna memberikan kemudahan dan memenuhi kebutuhan perkembangan zaman. Perkembangan tersebut turut mendorong kemajuan di berbagai bidang, termasuk di industri alat berat.

Sebagai bentuk komitmen berkelanjutan dalam memberikan solusi terbaik bagi para pelanggan, Kobelco meluncurkan hydraulic excavator generasi terbaru, yaitu Kobelco SK75-11 yang dilengkapi beragam teknologi masa depan dengan konsep terbaru “Performance X Design“.

Excavator generasi teranyar ini dimulai dengan SK75-11 yang berhasil merealisasikan standar baru dengan menyatukan performa berupa efisiensi dan produktifitas yang lebih baik berkat adanya peningkatan tenaga dan kecepatan, serta disain yang menyesuaikan pengoperasian oleh operator serta kenyamanan yang diberikan.

Produk ini optimal untuk digunakan pada pekerjaan seperti konstruksi, irigasi, proyek jalan tol, proyek perumahan (developer). Selain itu, hydraulic excavator ini dapat digunakan di sektor perkebunan.

Sebagai contoh baru-baru ini, salah satu customer untuk pekerjaan di perkebunan  PT. Golden Blossom Sumatera telah membeli 6 unit SK75-11. PT. Golden Blossom Sumatera adalah salah satu perusahaan Bomba Group yang mempunyai perkebunan kelapa sawit dengan luas 14,800 Ha dan pabrik kelapa sawit (PKS) kapasitas 45 ton/jam yang berlokasi di Desa Prambatan, Penukal Abad Lematang Ilir (PALI) Sumatera Selatan. Pembelian ini bertujuan untuk mendapatkan produktifitas yang lebih baik, dan menurunkan cost produksi per-Kilogram.

Apa pun jenis pekerjaan yang pelanggan lakukan, hydraulic excavator Kobelco menjadi pilihan yang sangat cocok karena memberikan kinerja yang paling unggul, fleksibilitas yang tiada banding, efisiensi dalam penggunaan bahan bakar, pengoperasian yang sederhana, ketahanan yang luar biasa, dan fitur teknologi serta keselamatan terbaru akan membantu bisnis pelanggan meraih kesuksesan.

Performa mengesankan

Excavator Kobelco dilengkapi dengan berbagai teknologi yang bisa memberikan performa terbaik di kelasnya, lebih bertenaga, makin lincah, dan hemat bahan bakar.

Tenaga sangat penting ketika melakukan aktifitas penggalian, pengerukan hingga penarikan pada saat mengoperasikan excavator. Untuk itu, unit SK75-11 sudah dites dan hasilnya adalah Bucket Digging Force maksimal dapat mencapai 52.7 kN. Nilai Arm Crowding Force maksimal hingga 39 kN serta Drawbar Pulling Force maksimal di angka 71,5 kN.

Dengan semua improvement tersebut, SK75-11 memiliki performa yang tinggi dan mampu bekerja tanpa kendala.

Generasi terbaru dari kelas 7ton ini dilengkapi dengan teknologi masa depan yang bisa memberikan manfaat terbaik di kelasnya, lebih produktif, semakin akurat, namun hemat biaya operasional.

Excavator SK75-11 dilengkapi dengan bucket volume besar 0.4m3 sebagai standar dengan tenaga penggalian hingga 52.7 kN, sehingga produktifitas kerjanya semakin meningkat. Standar bucket ini merupakan standar bucket terbesar dikelasnya.

SK75-11 juga telah dilengkapi dengan dozer untuk meratakan permukaan tanah. Dozer dapat digunakan untuk mendorong, maupun menarik material seperti pasir, tanah, bebatuan dan lainnya. Dozer ini dapat diatur naik hingga 475 mm dan turun hingga 305 mm, sehingga fleksibel untuk menyesuaikan tinggi permukaan tanah yang diinginkan.

Mudah diservis

Excavator SK75-11 telah dirancang untuk memudahkan perawatan. Terdapat tiga akses yang dapat dijangkau untuk melakukan maintenance, yaitu akses dari bagian kanan, kiri dan belakang. Jendela sebelah kanan memberikan akses ke oil filter, pre-fuel filter dengan water separator dan fuel filter, sehingga dapat melakukan pengurasan air pada water separator dan penggantian masing-masing filter dengan mudah langsung dari ground level.

Radiator dan cooling system yang dilindungi dengan insect screen dapat dijangkau dari jendela sebelah kiri. Pelindung khusus ini membantu menjaga kebersihan. Kalau kotoran berupa serangga sudah menumpuk, misalnya, maka screen dapat dengan mudah dibersihkan. Pada bagian belakang terdapat bonet untuk mengakses engine, sehingga memudahkan untuk mengganti air cleaner dan pengecekan level coolant.

Mengutamakan kenyamanan operator 

Kenyamanan operator menjadi salah satu fokus perhatian Kobelco dalam mendisain excavator SK75-11 ini. Kabin operator yang nyaman menjamin semua pekerjaan dapat terselesaikan dengan baik dan aman. Untuk merealisasikan hal tersebut, kabin excavator ini telah mengalami beberapa pembaharuan. Untuk kenyamanaan saat operator duduk, tersedia kursi bersuspensi yang siap meredam getaran dan hentakan yang terjadi selama unit travel dan bekerja. Untuk menciptakan suasana yang nyaman saat bekerja, kabin telah dilengkapi dua output AC besar.

Kenyamanan tangan saat mengoperasikan unit juga diperhatikan oleh Kobelco dengan membuat setiap gerakan hand-lever lebih ergonomis dan tidak membuat lelah. Bila unit bekerja hingga malam hari, kabin telah dilengkapi dengan lampu LED otomatis pada pintu sehingga memudahkan untuk keluar dan masuk.

Pada SK75-11 terdapat model switch dan tombol didalam kabin yang telah dilengkapi dengan lampu latar LED. Ada pula aksen merah yang ditampilkan pada “lock lever” yang akan menambahkan nilai estetika tetapi tetap memiliki fungsi penting untuk operasional unit.

KOMEXS

Unit-unit SK75-11 juga telah dilengkapi dengan sistem pemantauan terintegrasi dari Kobelco yang disebut KOMEXS (Kobelco Monitoring Excavator System). Dengan penambahan sistem ini, maka kondisi operasional unit dapat dimonitor secara berkala seperti jam pengoperasian, lokasi, konsumsi bahan bakar hingga status perawatan (maintenance).

Data-data yang diperoleh dari sistem ini nantinya dapat dijadikan bahan evaluasi kinerja unit di lapangan dan dapat pula diunduh menjadi laporan harian hingga bulanan untuk setiap unit yang dimiliki. Bila semua unit excavator milik customer telah memiliki sistem ini, maka operasional semua unit dapat dipantau dan dioptimalkan untuk hasil kerja yang lebih baik.

Dengan semua pembaharuan yang terjadi, diharapkan excavator SK75-11 generasi terbaru ini dapat menjawab berbagai tantangan kerja yang dihadapi customer. Sesuai dengan konsep yang diusung, yaitu “Performance X Design”, performa maksimal akan tetap menjadi standar dan disandingkan dengan tampilan serta kenyamanan sehingga diharapkan akan semakin meningkatkan produktifitas kerja unit dan operator. EI

 

Related posts