Alat Berat
Mining Construction EQ Press Release Top News

HC119 – Soil Compactor Terbaik di Kelasnya

PT Gaya Makmur Tractors memperkenalkan alat pemadat tanah (soil compactor) merek HAMM yang merupakan best seller di kelasnya.

Ki-Ka: Rachmansyah Cong – Direktur Utama PT Gaya Makmur Tractors, Julius Siku – Director GMTractors dan Ganeriwala Atul – Managing Director Wirtgen South East Asia saat peluncuran Soil Compactor HAMM HC119 pada pameran Mining Indonesia 2022 di JI-Expo Kemayoran, Jakarta, 14-17 Oktober 2022. Foto: EI

PT Gaya Makmur Tractors (GMTractors) meluncurkan alat pemadat tanah (soil compactor) seri baru merek HAMM, HC119, pada pameran Mining Indonesia 2022 di Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta, 14 – 17 September 2022. Meski baru diperkenalkan secara resmi, soil compactor ini sudah beroperasi di banyak lokasi proyek, baik infrastruktur maupun pertambangan, sebagaimana disampaikan Director GMTractors, Julius Siku, saat peluncuran produk ini, Rabu (14/9).

Compactor HC119 memiliki kapasitas pemadatan seberat 11 ton. Julius mengatakan hasil pemadatannya sangat baik karena berbagai fitur yang dibenamkan pada mesin ini. Ditenagai dengan engine terbaik di kelasnya, alat ini juga sudah dilengkapi dengan powerfull ECO mode, sehingga memungkinkan alat ini tetap memiliki power yang besar dengan konsumsi bahan bakar yang cukup efisien. Itu sebabnya compactor ini diklaim sebagai yang terbaik di kelasnya. “Untuk pemadatan tanah, vibro compactor ini merupakan best seller di kelasnya,” ujarnya.

Alat pemadat buatan pabrikan asal Jerman ini memiliki desain yang ergonomis dengan teknologi 3-point articulation – sebuah fitur yang hanya dimiliki oleh HAMM.  Selain memberikan ergonomi untuk operator sehingga sangat nyaman dioperasikan,  teknologi ini juga memungkinkan distribusi beban yang rata dan dapat memberikan kestabilan untuk compactor itu sendiri.

Menurut Julius, HAMM merancang HC119 agar mudah dalam pemeliharaan dan dan pengoperasiannya. “Seri ini memang generasi terbaru. Tetap mengadopsi teknologi dari tipe sebelumnya, yakni dengan sistem articulated yang memang sudah menjadi paten HAMM,” ungkapnya. Yang tidak  kalah pentingnya, ia melanjutkan, HAMM HC119 dibuat khusus sesuai dengan kondisi medan di Indonesia.

Sebagai informasi, HAMM merupakan bagian dari Wirtgen Group. Brand-brand lain di bawah grup yang sama adalah Vogele, Kleeman dan Benninghoven. Semua produk tersebut diageni oleh GMTractors. Perusahaan ini sudah mengageni produk-produk Wirtgen Group sejak 17 tahun silam. Ganeriwala Atul, Managing Director Wirtgen South East Asia, mengatakan produk-produk Wirtgen Group diterima dengan sangat baik oleh pasar karena teknologi dan kualitasnya yang bagus, serta dukungan layanan purna jual yang sangat baik dari GMTractors. “Produk-produk Wirtgen Group didesain berdasarkan teknologi Jerman, tetapi diproduksi di India dan dipasarkan ke seluruh dunia, termasuk Indonesia,” ujarnya saat peluncuran Vibro Compactor HC119.

GMTractors menyasar produk-produk Wirtgen Group pada proyek-proyek prestisius pemerintah seperti jalan tol, airport, dan proyek-proyek nasional yang berskala besar. Namun, seiring dengan kembali meningkat tajamnya sektor pertambangan dalam beberapa tahun terakhir di tanah air, perusahaan ini ingin lebih berkontribusi di sektor pertambangan dengan memperkenalkan produk-produk pertambangan seperti Wirtgen Surface Miner, Mobile Crusher Kleemann plus HAMM Roller. Alat-alat tersebut sudah bekerja pada beberapa jobsite tambang Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan. GMTractors menargetkan untuk memberikan support pada sektor tambang mulai dari urusan akses jalan hingga produksi.

Untuk mendukung operasi dari mesin-mesin tambang tersebut, perusahaan ini mendirikan site support untuk stok suku cadang dan servis. Bahkan GMTractors sedang membangun workshop baru di daerah Kalimantan Timur agar berada semakin dekat dengan pelanggan-pelanggan tambang. *

Berita Terkait