26 C
Jakarta
11 Apr, 2021.

Kolaborasi Cummins dan & Isuzu Diperluas

Isuzu Motors akan mengalihkan pembuatan engine untuk truk-truk diesel miliknya kepada produsen engine terkemuka dunia asal Amerika Serikat, Cummins. Strategi outsourcing ini memungkinkan pabrikan kendaraan komersial asal Jepang tersebut untuk fokus pada teknologi-teknologi yang berkembang.

Rencana itu akan dimulai pada akhir tahun ini dan diharapkan dapat membantu menghemat biaya penelitian dan pengembangan hingga puluhan juta dolar, mengutip laporan Nikkei Asia (27/1).  

Hal itu terjadi ketika produsen-produsen mobil di seluruh dunia berjuang untuk mengembangkan kendaraan-kendaraan yang memenuhi standar emisi yang semakin ketat.

Kesepakatan itu menandai pertama kalinya Isuzu menggunakan engine-engine dari pihak ketiga pada model-model truk utamanya.

Engine merupakan komponen penting, yang menentukan kinerja truk. Kalangan pabrikan biasanya mengembangkannya sendiri.

Engine-engine buatan Cummins itu akan digunakan pada truk-truk ukuran sedang yang membutuhkan tenaga kuda yang tinggi. Model-model truk Izusu yang dipasang dengan mesin Cummins akan mencapai Amerika Utara pada tahun 2021, sebelum dirilis di Jepang dan pasar-pasar lain.

Engine-engine itu akan disesuaikan untuk setiap pasar berdasarkan regulasi dan kebutuhan-kebutuhan lokal. Isuzu akan bertanggung jawab atas penyesuaian tersebut.

Kemitraan ini juga mempertimbangkan Isuzu memasok engine-engine untuk truk-truk kecil ke Cummins, yang fokus pada pengembangan engine-engine besar untuk truk-truk dan kendaraan-kendaraan konstruksi.

Sasis Isuzu yang didukung oleh engine platform diesel Cummins B6.7 akan diperkenalkan di Amerika Utara pada tahun 2021, dan di Jepang, Asia Tenggara, dan wilayah-wilayah lain di kemudian hari.

“Cummins dan Isuzu telah bekerja dalam kemitraan ini berdasarkan kepercayaan yang kuat satu sama lain,” kata Masanori Katayama, presiden dan direktur perwakilan Isuzu Motors Limited, dilansir dari khl.com (5/2). “Kami akan mempercepat kolaborasi yang intensif dalam penelitian bersama untuk kemampuan-kemampuan teknik canggih dan pengembangan lebih lanjut dalam teknologi diesel canggih untuk menghasilkan produk-produk truk dan powertrain yang optimal bagi para pelanggan di seluruh dunia.”

Sejak tahun 2019, perusahaan-perusahaan ini telah berkolaborasi dalam pengembangan engine-engine generasi masa depan yang rendah emisi. Inisiatif terbaru merupakan perluasan kemitraan untuk mencakup engine-engine diesel yang ada.

Engine-engine Cummins awalnya akan digunakan dalam beberapa persen kendaraan-kendaraan Isuzu. Ini dapat berkembang lebih jauh jika pengaturan tersebut terbukti hemat biaya.

Pengembangan truk bertenga listrik berjalan lambat dibandingkan dengan kendaraan-kendaraan penumpang dan dianggap sebagai suatu pekerjaan yang mendesak.

Isuzu memiliki mitra-mitra teknologi generasi masa depan lainnya. Produsen kendaraan-kendaraan niaga ini telah menjalin kerja sama dengan Volvo untuk mengembangkan kendaraan-kendaraan sel bahan bakar dan dengan Honda dalam teknologi mengemudi otonom.

Kedua perusahaan ini menyebut kolaborasi tersebut akan memungkinkan setiap perusahaan untuk melayani kebutuhan-kebutuhan para pengguna akhir dengan sebaik-baiknya di seluruh dunia sambil mengoptimalkan investasi masing-masing baik dalam teknologi diesel maupun teknologi yang sedang berkembang. Engine-engine untuk truk-truk yang dibuat di Jepang akan dirakit pada pabrik Isuzu yang terletak di Tochigi, Jepang.

Related posts

329750
Users Today : 955
This Year : 42210
Total Users : 329050
Views Today : 14380
Total views : 8373450
Who's Online : 20
Your IP Address : 34.204.185.54
Server Time : 2021-04-10