26 C
Jakarta
11 Apr, 2021.

Liebherr Tingkatkan Keselamatan Wheel Loader

Liebherr menambah dua fungsi tambahan untuk deteksi personel aktif (active personnel detection) untuk mesin-mesin wheel loader L526 hingga L586 XPower®, yaitu bantuan rem dan peta insiden. Bagaimana cara kerjanya?

Wheel loader Liebherr L526 (Foto: Liebherr)

Liebherr merilis dua fitur tambahan untuk deteksi personel aktif (active personnel detection (deteksi bantuan personel) yang dipasang pada produk-produk wheel loader Liebherr L526 hingga L586 XPower®, yakni bantuan rem dan peta insiden. Penerapan kedua fungsi tambahan itu dimaksudkan untuk mengurangi resiko kecelakaan dalam operasi alat berat, khususnya wheel excavator, dikutip dari rilis Liebherr (19/1/2021).

Secara statistik, kecelakaan-kecelakaan yang melibatkan mesin-mesin wheel loader paling sering terjadi saat operator memundurkan mesin setelah proses pemuatan. Perjalanan mundur ini sangat berisiko jika ada orang-orang yang berada di area operasi wheel loader. Dalam situasi ini, ada tanggung jawab yang sangat besar pada operator alat berat.

Kecelakaan alat konstruksi kerap dapat mengakibatkan cedera parah dan kerusakan signifikan. Untuk memastikan keamanan maksimal, Liebherr terus mengembangkan sistem bantuannya. Deteksi personel aktif tersebut dipasang pada bagian belakang alat yang kini memiliki fungsi bantuan pengereman terintegrasi dan peta insiden.

Bantuan rem yang dikembangkan Liebherr ini secara otomatis memperlambat kecepatan wheel loader saat deteksi personel aktif mengidentifikasi sumber bahaya di area belakang.

Bantuan rem: pengurangan kecepatan otomatis mengurangi jarak berhenti

Bantuan rem Liebherr secara otomatis mengurangi kecepatan wheel loader saat deteksi personel aktif mengidentifikasi sumber bahaya di area belakang mesin (Foto: Liebherr)

Deteksi personel aktif secara visual memberi tahu operator alat melalui layar monitor dan membunyikan sinyal-sinyal jika ada bahaya di area belakang wheel loader. Untuk memberikan peringatan khusus tentang kemungkinan terjadinya kecelakaan pada orang-orang, sistem bantuan ini, menggunakan sensor-sensor pintar, memberikan peringatan khusus kepada mereka yang berada di area belakang mesin agar tetap berada pada jarak aman. Ini berarti sistem bantuan ini menghindari sinyal-sinyal yang tidak perlu, sehingga mengurangi beban operator dan menyebabkan lebih sedikit gangguan.

Saat sistem deteksi personel aktif mengidentifikasi sumber bahaya, bantuan rem memperlambat kecepatan wheel loader hingga berhenti. Oleh karena itu, proses pengereman dimulai pada tahap yang lebih awal dan lebih cepat daripada pengereman tradisional karena, dengan bantuan pengereman, tidak ada penundaan yang disebabkan oleh waktu reaksi manusia. Ini berarti ada pengurangan signifikan dalam jarak henti yang, pada gilirannya, mengurangi frekuensi dan tingkat keparahan kecelakaan.

Dalam kasus bantuan rem, komponen-komponen hidrostatis dari penggerak secara otomatis mengurangi kecepatan. Ini berarti operator alat dapat terus mengoperasikan rem servis wheel loader dengan cara normal dan dapat melakukannya selain bantuan rem.

Menggunakan peta insiden, operator wheel loader Liebherr dapat mengidentifikasi zona-zona risiko di lokasi dan menerapkan langkah-langkah untuk menghindari kecelakaan.

Peta insiden: manajemen resiko berkat tampilan zona-zona bahaya

Deteksi personel aktif dengan bantuan rem dan peta insiden juga tersedia pada mesin-mesin wheel loader Liebherr ukuran sedang.

Selain bantuan rem, fungsi baru kedua untuk pendeteksian personel aktif di bagian belakang mesin adalah peta insiden. Setiap kali sistem bantuan mendeteksi bahaya dan sinyal peringatan dikeluarkan, sistem mengirimkan sebuah sinyal GPS ke LiDAT, sistem transfer dan lokasi internal Liebherr. Berdasarkan sinyal ini, dan untuk setiap operator wheel loader dengan deteksi personel aktif, Liebherr menyediakan peta Google di LiDAT yang menunjukkan titik-titik GPS ini.

Hasilnya adalah peta insiden yang menampilkan zona-zona risiko dan potensi sumber-sumber bahaya di lokasi. Operator dapat menggunakan ini untuk mengambil langkah-langkah guna mencegah kecelakaan dan karenanya meningkatkan keselamatan. Misalnya, operator mungkin mengubah rute jalan-jalan kecil, menutup area-area, dan mengubah urutan kerja yang berbahaya. Pengawas di lapangan dapat menggunakan peta insiden untuk melatih para karyawan dan membuat mereka sadar akan situasi-situasi berisiko.

Deteksi personel aktif dengan asisten rem dan peta insiden juga tersedia untuk seri baru wheel loader Liebherr ukuran sedang.

Sistem bantuan pintar tambahan untuk tingkatkan keselamatan

Liebherr menawarkan beberapa sistem bantuan cerdas untuk seri wheel loader ukuran sedang dan besar. Selain deteksi personel aktif, mesin-mesin tersebut juga memasang lampu kerja adaptif, pemantauan ruang depan, sistem kamera 360° skyview, sistem pemantauan tekanan ban dengan dukungan sensor dan perangkat penimbangan baru.

Tujuan Liebherr dengan kehadiran sistem-sistem bantuan ini adalah untuk meningkatkan keselamatan dan kenyamanan serta untuk mendukung para operator alat. Semua sistem telah dikembangkan oleh Liebherr dan oleh karena itu terintegrasi penuh dalam kontrol mesin. (Sumber: Liebherr)

Related posts

329738
Users Today : 943
This Year : 42198
Total Users : 329038
Views Today : 13325
Total views : 8372395
Who's Online : 18
Your IP Address : 34.204.185.54
Server Time : 2021-04-10