Alat Berat
Business Construction EQ Forestry Press Release Top News

Mengapa Kubota Mini Excavator U50-5S cocok untuk industri sawit?

PT Traktor Nusantara mendukung  pengerjaan berbagai aktivitas di perkebunan kelapa sawit dengan Kubota Mini Excavator U50-5S.

Kubota Mini Excavator U50-5S sangat cocok untuk perkebunan kelapa sawit. Foto: Traknus

Semakin tingginya kebutuhan mini excavator di perkebunan kelapa sawit telah diamati oleh PT Traktor Nusantara. Perusahaan yang merupakan subsidiaries dari Astra International dan Sumitomo Corporation ini menawarkan Kubota Mini Excavator U50-5S.

Product Management Head PT Traktor Nusantara, Rendy Pratama, menjelaskan perusahaan ini sudah sejak 11 tahun lalu memasarkan produk (alat berat) Kubota Mini Excavator U50-5S ke perkebunan kelapa sawit. “Lebih tepatnya, PT Traktor Nusantara sudah mulai mendistribusikan Kubota Mini Excavator secara resmi sejak tahun 2011,” ujarnya.

Kubota membekali Mini Excavator U50-5S dengan berbagai spesifikasi andal. Alat berat berpostur ramping itu ditenaga oleh Kubota Engine V2203-M-E3-BH-BR2, bertenaga 43.6 HP. Jangkauan penggalian maksimal lengannya 5,99 meter, mampu menggali hingga kedalaman maksimal 3,56 meter, tenaga gali bucket 36,5 kN dan daya rengkuh lengan direkomendasikan beban maksimal 750 kg.

Menjelaskan keistimewaan dan keunggulan produk ini dibandingkan produk-produk lain di kelasnya, Rendy mengungkapkan Kubota Mini Excavator U50-5S dengan bobot 4,5 ton menjadi Market Leader di kelasnya. Alat ini memiliki beberapa fitur kunci yang menjawab kebutuhan-kebutuhan para pelanggan akan produk yang handal, fleksibel dan memiliki durability tinggi.

“Misalnya, Zero Tail Swing, sebuah fitur yang memungkinkan unit ini melakukan gerakan Swiveling (berputar di tempat) seluruh bagiannya tidak melebihi lebar track dari mesin. Kemudian, kombinasi Zero Tail Swing dan Swing Boom memungkinkan unit ini untuk bekerja di tempat yang sempit dengan manuver yang terbatas,” jelas Rendy.

Ia menambahkan, Kubota Mini Excavator U50-5S merupakan Mini Exavator yang Attachment Friendly. Sistem hidroliknya menyediakan ekstra portal dan pipa hidrolik yang dilengkapi dengan oil return system yang memudahkan pelanggan untuk memasang attachment seperti Breaker dan Auger dengan sangat mudah.

“Mini Excavator U50-5S ditenagai dengan Kubota Engine V2203 berkapasitas 2197 cc yang memasok tenaga yang kuat sebesar 44 HP pada putaran 2300 rpm. Dengan digging force sebesar 3720 kgf pada bucket bervolume 0,16 m3, Kubota Small Engine sudah terbukti merajai Small Engine di dunia dengan kualitas dan fitur-fitur terbaik untuk mesin kecil,” lanjutnya.

Memiliki fitur keamanan dan kenyamanan

Kubota Mini Excavator U50-5S sangat cocok untuk perkebunan kelapa sawit. Foto: Traknus

Rifyan Faliq selaku Application Engineering Head menjelaskan bahwa Kubota Mini Excavator U50-5S memiliki fitur keamanan dan kenyamanan yang dimanifestasikan dengan FOPS & ROPS pada kabin. Juga terdapat penambahan Safety Guard pada kanopi dan tersedia pilihan opsional model cabin ber-AC.

Fitur lain Kubota Mini Excavator U50-5S adalah sistem Auto Idle yang sudah banyak diterapkan pada kendaraan bermotor. Dengan kehadiran fitur tersebut, saat tuas kontrol berhenti selama lebih dari 4 detik, mesin akan masuk ke mode idle.

“Fitur ini menghemat penggunaan bahan bakar hingga lebih 10%, mengurangi kebisingan, dan polusi udara. Kubota Mini Excavator U50-5S menggunakan mesin Kubota V2203-M-E3-BH-BR2 yang sangat handal dengan power delivery optimal, hemat bahan bakar dan adaptif terhadap kualitas bahan bakar. Dan, unit ini juga menyediakan Auxilliary Port yang memungkinkan customer menambahkan implement dengan mudah dan cepat,” ungkapnya.

Rifyan menjelaskan, para pelaku usaha perkebunan kelapa sawit akan mendapat nilai tambah dengan mengoperasikan Kubota Mini Excavator U50-5S. Pertama, Mini Excavator U50-5S adalah produk premium Kubota yang merupakan market leader di dunia dengan fitur-fitur dan performa terbaik.

Kedua, jaringan Cabang Traktor Nusantara sebagai distributor resmi yang tersebar di berbagai daerah memudahkan para customer untuk memperoleh layanan product support baik service maupun spare parts.

Ketiga, Traktor Nusantara menyediakan layanan Application Engineering yang bertujuan menyediakan customer solusi penggunaan alat terbaik untuk memperoleh hasil optimal.

Keempat, Traktor Nusantara juga bekerjasama dengan berbagai Financing Company untuk memberikan opsi pembiayaan bagi customer.

Untuk menjaga durabilitas unit, para pengguna dan/atau operator disarankan untuk melakukan servis rutin secara teratur melalui penggunaan Genuine Spare Parts. “Selain itu, penggunaan unit yang tepat guna juga berperan dalam menjaga durabilitas. Traktor Nusantara menyediakan jaringan cabang di seluruh kota besar Indonesia dan Contact Center 24 Jam untuk membantu para customer menjaga kondisi dan performa mesin,” saran Rifyan.

Andrey Buana Rusli, Agro & Construction Division Head Traktor Nusantara, mengatakan, permintaan industri hulu kelapa sawit (perkebunan kelapa sawit) terhadap produk Kubota Mini Excavator U50-5S semakin tinggi. Seiring dengan semakin pentingnya peran Crude Palm Oil (CPO) dalam rantai energi dunia, maka intensitas mekanisasi Industri Kelapa Sawit sebagai upaya untuk mendapatkan produktivitas optimal semakin penting.

“Peran mini excavator semakin disadari oleh industri sawit sebagai salah satu alat yang penting dalam membangun dan memelihara infrastruktur kebun. Kebutuhan CPO yang terus meningkat membuat kebutuhan mini excavator juga akan terus meningkat,” ungkapnya.

Ia melanjutkan, “Untuk penjualan mini excavator di Indonesia, Traktor Nusantara merupakan salah satu market leader dengan pangsa pasar sekitar 20%.”

Mengingat populasi Kubota Mini Excavator U50-5S yang terus meningkat dan Traktor Nusantara menjadi market leader dengan pangsa pasar sekitar 20%, maka layanan purna jual yang diberikan kepada para konsumen juga terus ditingkatkan. Adapun jenis-jenis layanan purna jual standar yang diberikan Traktor Nusantara meliputi Free Periodic Service 3 kali selama 1000 jam awal dan Warranty selama 1 tahun atau 2000 jam. Selain itu, customer juga dapat memilih Layanan Purna Jual Premium berupa Maintenance Contract yang meliputi Preventive Maintenance & Repair, Periodic Service dan Mekanik yang didedikasikan untuk unit.

Layanan purna jual tersebut tersedia di 15 kantor cabang Traktor Nusantara yang tersebar di seluruh Indonesia mulai dari Medan, Pekanbaru, Padang, Jambi, Palembang, Lampung, Bandung, Semarang, Surabaya, Samarinda, Banjarmasin, Sampit, Pontianak, Makassar dan Jayapura.

“Selain kantor-kantor cabang, kami juga memiliki service point sebagai bentuk dedikasi kami untuk mempersingkat pelayanan dan coverage terhadap para pelanggan yang terdapat di Batam, Pangkal Pinang, Rantau Prapat, Ketapang, dan Sorong,” jelas Andrey.

 

 

Berita Terkait